Life & health

Hardiknas 2020: Sejumlah Seleb Temani Anak Belajar Di Rumah

By : Hafizah Rana Dalilah - 2020-05-02 18:53:00 Hardiknas 2020: Sejumlah Seleb Temani Anak Belajar Di Rumah


Jatuh pada tanggal 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional dirayakan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya jadi momen yang diperingati setiap tahunnya, hari ini juga penuh dengan sejarah panjang dunia pendidikan.

Ditetapkan sejak 28 November 1959, hari ini sekaligus hari lahir Ki Hajar Dewantara, seorang bapak pendidikan di Indonesia. Ia dikenal sebagai pejuang keadilan pendidikan lewat tulisannya yang mengkritik mengenai sistem pembelajaran di zaman dulu. 

Oleh sebabnya, 2 Mei juga jadi momen mengenang jasa Ki Hajar Dewantara yang telah berjuang untuk Indonesia. Dan sekaligus untuk meningkatkan semangat belajar di Indonesia, terutama di masa pandemi COVID-19.

Wabah virus corona kerap mengubah gaya hidup masyarakat saat ini. Seluruh kegiatan pun diimbau untuk tetap berjalan, meskipun hanya dari rumah. Tak terkecuali juga sistem pendidikan saat ini yang mengusung E-learning atau belajar online.

Agar sistem ini berjalan efektif, sejumlah aktris dan selebriti ikut menemani buah hati saat belajar. Bahkan beberapa di antaranya juga mengajarkan sambil membagikan momen keseruan mereka di rumah. Siapa saja?

Adalah Nagita Slavina bersama Rafathar hingga Nycta Ginna yang mengajak dua anaknya mencoba suatu eksperimen. Selain mereka, berikut sejumlah selebriti yang menemani buah hati mereka saat menjalani pendidikan dari rumah.

(Baca Juga: Hardiknas: Pesta Pendidikan 2019 Semua Murid Semua Guru)


1. Ayu Dewi


Menjalani aksi #dirumahaja, Ayu Dewi tak hanya mengajarkan anaknya untuk membersihkan rumah, tapi juga menemaninya berkreasi. Salah satunya seperti kegiatan yang satu ini, di waktu luang Aqilah belajar online, ibu tiga anak ini mengajarinya membuat gantungan kunci.


2. Shireen Sungkar


Tak terkecuali juga Shireen Sungkar yang menemani anak keduanya Cut Hawa Medina Alfatih belajar dari rumah. Istri dari Teuku Wisnu ini pun memberikan kegiatan yang menyenangkan agar anak tidak stres dan jenuh. Salah satunya menggambar dan mewarnai.

(Baca Juga: Aksi Peduli Pendidikan Anak & Guru 'Giving is Caring')


3. Dewi Lestari


Dewi Lestari jadi salah satu ibu yang memperhatikan pendidikan anak di masa pandemi COVID-19 ini. Selain menjalani kesibukannya menjadi seorang penulis, ia pun menemani buah hatinya belajar dari rumah.

Ia pun menggugah momen hangat kala menemani Atisha Prajna Tiara belajar online. Ia pun menuliskan pesan yang bisa diterapkan untuk menghadapi masa-masa saat ini.

"Pada situasi seperti ini, panik dan khawatir bukanlah solusi. Kita bisa mengeksplorasi pilihan alternatif agar anak-anak tetap bisa produktif belajar di rumah," tulisnya.


4. Mona Ratuliu

Sedang mengandung anak ke-4, Mona Ratuliu tetap aktif menemani anak untuk belajar dari rumah saat ini. Menurutnya, di tengah wabah corona yang mengubah pola hidup sebagian besar masyarakat, termasuk dunia pendidikan saat ini pasti selalu ada solusi untuk mengatasinya.


5. Sonya Fatmala


Periode belajar dari rumah yang diperpanjang tak membuat Sonya Fatmala kehilangan cara untuk membuat belajar jadi menyenangkan. Ia pun menemani Shakila Azzahra Kurniawan anak keduanya bersama Hengky Kurniawan belajar menggambar dan berkreasi dari rumah.

"Yak! School from home diperpanjang buibu.. ayooo semangaaattt! Hubungan kasih anak dan orang tua jangan sampaai retak yaaa.." tulisnya.

(Baca Juga: Program Pendidikan Tata Rambut L'Oreal untuk Perempuan Indonesia)


6. Gisella Anastasia


Selain mereka, Gisella Anastasia juga jadi salah satu selebriti yang menemani buah hatinya untuk belajar dari rumah. Ia pun membagikan momen keseruannya bersama Gempita Noura Marten saat belajar yoga online di rumah.


7. Marcella Zalianty


Peduli pada pendidikan anak, Marcella Zalianty membagikan momen saat menemani buah hatinya belajar dari rumah. Ia pun tampak membantu mengajari Kana Mahatma Soeprapto kala menjalani E-Learning system

Bersamaan dengan unggahan fotonya di Instagram, ia pun menuliskan pesan untuk tetap produktif dan menjaga imunitas tubuh saat aksi #dirumahaja.

"Stay productive and keep your kids busy guys. Protect our Immunity, stay clean and healthy. send my prayers from home for all you My Fellow Humans.. May Allah protect us wherever we are," tulisnya.


8. Nycta Ginna

Aktris sekaligus dokter gigi Nycta Ginna punya cara berbeda untuk tetap memberikan pendidikan anak saat di rumah. Lewat ungguhan fotonya di Instagram, ia pun memperlihatkan keseruannya bersama dua buah hatinya yang belajar science experiment.

"Nah sekarang karena sekolah libur, banyak tugas-tugas yang harus dikerjain di rumah.. salah satunya bikin macam science experiment.. seruuuuu... emaknya aja hepi ngerjainnya..." tulisnya.

(Baca Juga: 6 Cara Seru Belajar Bahasa Asing Di Usia 20-an)


9. Zaskia Adya Mecca


Belajar online dari rumah banyak melahirkan momen lucu dan menyenangkan dari buah hati. Salah satunya anak dari pasangan Zaskia Adya Mecca bersama Hanung Bramantyo ini.

Tak hanya menemaninya saat belajar online, Zaskia pun membagikan momen lucu anak Kala Madali Bramantyo yang berpenampilan berbeda dengan kakaknya saat kelas online.

"Dari kemarin setiap Zoom meeting, kelas online atau apapun itu dia akan berdandan sesuai kebutuhan kalau keliatan atas yaudah atasnya doang yang dia pikirin macem ini," jelasnya.


10. Nagita Slavina


Nagita Slavina juga tak mau ketinggalan membagikan keseruannya saat menemani Rafathar Malik Ahmad belajar online. Lewat unggahan foto di Instagram ia memperlihatkan Rafathar yang sedang belajar sambil sarapan. Lucu ya?

Itu dia sederet selebriti sekaligus ibu yang memperhatikan pendidikan anak meskipun di tengah pandemi COVID-19. Momen mana yang paling menyenangkan menurutmu?

Life & health