10 Wanita Terkaya di Dunia 2020 dan Sumber Pendapatannya


  • 10 Wanita Terkaya di Dunia 2020 dan Sumber Pendapatannya
    Tahun ini, Forbes mengurut 234 wanita yang masuk dalam daftar terkaya di dunia. Beberapa di antaranya wajah baru. (Foto: Alice Walton/Forbes)


    Alice Walton dari AS, Francoise Bettencourt Meyers dari Prancis, dan Susanne Klatten dari Jerman kembali masuk dalam daftar Wanita Terkaya di Dunia tahun ini seperti dirilis oleh Forbes.



    Dengan berbagai persoalan dan masa sulit yang dihadapi di awal tahun 2020, total terdapat 234 wanita yang masuk dalam kategori terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan yang menurun dari tahun sebelumnya. Jumlah tersebut juga turun dari 244 nama tahun lalu.  

    Di antara nama-nama dalam daftar tersebut juga muncul 19 nama baru, seperti Julia Koch dan MackKenzie Bezos, serta mereka yang sukses berkat hasil usaha sendiri. Forbes mengurutkan kekayaan berdasarkan kalkulasi kekayaan per 18 Maret 2020.  

    Siapa saja mereka yang masuk dalam urutan teratas wanita terkaya di dunia tahun ini?  

    (Baca juga: 5 Bangsawan Modern Pekerja Keras) 


    1. Alice Walton, Amerika


    Dengan nilai kekayaan: 54,4 miliar USD (sekitar 836 triliun Rupiah), Alice Walton merupakan putri tunggal pendiri Walmart, Sam Walton. Ia menempati urutan pertama setelah tahun lalu ia di urutan kedua di bawah Francoise Bettencourt Meyers dari L'Oreal. Meski kondisi ekonomi yang terguncang, Walton mendulang keuntungan 23% tahun lalu.


    2. Francoise Bettencourt Meyers dan keluarga, Prancis

    (Foto: Dok/Forbes)


    Dengan nilai kekayaan: 48,9 miliar USD (752 triliun rupiah), cucu pendiri L'Oreal Eugene Schueller ini menjadi pewaris L'Oreal pada 2017 setelah ibunya Liliane Bettencourt tiada di usia 94 tahun. Kekayaan Bettencourt Meyer menurun 400 juta USD sejak tahun lalu akibat pandemi virus corona, dan pendapatan dari perusahaan kosmetik yang juga turun 12% di dua pekan pertama Maret. 


    3. Julia Koch dan keluarga, Amerika


    (Foto: Dok/Forbes) 


    Dengan nilai kekayaan: 38,2 miliar USD (587 triliun rupiah), Julia Koch dapat dikatakan nama baru dalam daftar wanita terkaya di dunia tahun ini. Koch dan ketiga anaknya mendapatkan warisan 42% saham Koch Industries setelah suaminya, David Koch tiada pada Agustus 2019 di usia 79 tahun.


    4. MacKenzie Bezos, Amerika


    (Foto: Dok/BusinessInsider) 


    Dengan nilai kekayaan: 36 miliar USD (553 triliun rupiah), nama MacKenzie Bezos masuk dalam daftar wanita terkaya di dunia setelah bercerai dengan pendiri Amazon, Jeff Bezos di Juli 2019. Penulis peraih penghargaan itu menerima seperempat dari saham yang dimiliki mantan suaminya di perusahaan e-commerce besar dunia tersebut. MacKenzie disebutkan juga menandatangani Giving Pledge, yang menyumbangkan setidaknya separuh dari kekayaannya pada Mei 2019.  


    5. Jacqueline Mars, Amerika


    (Foto: Dok/Forbes)


    Dengan nilai kekayaan: 24,7 miliar USD (379 triliun rupiah), Jacqueline Mars dan saudaranya John menerima warisan sepertiga dari 35 miliar USD (sales) perusahaan permen dan coklat M&Ms dan Milky Way. Kekayaannya juga mencakup perusahaan yang memproduksi makanan untuk binatang piaraan. Mars pernah bekerja untuk perusahaan ini hingga 20 tahun dan masuk dalam jajaran pimpinan hingga 2016 lalu.


    6. Yang Huiyan dan keluarga, China


    (Foto: Dok/Facebook/Yang Huiyan) 


    Dengan nilai kekayaan: 20,3 miliar USD (312 triliun rupiah), wanita berusia 38 tahun ini memiliki 57% saham dan memimpin perusahaan pengembang Country Garden yang dibangun ayahnya. Untuk situasi pandemi virus corona, perusahaan yang ia kelola merilis mesin otomatis penyedia makanan untuk para petugas media di Wuhan.  


    7. Susanne Klatten, Jerman


    (Foto: Dok/Facebook Susanne Klatten). 


    Dengan nilai kekayaan 16,8 miliar USD (258 triliun rupiah), Susanne Klatten kembali masuk dalam daftar wanita terkaya di dunia. Pewaris perusahaan mobil BMW ini mengalami penurunan nilai kekayaan sebesar 20% tahun lalu. Penjualan mobil selama masa pandemi menurun drastis, dan membuat saham BMW jatuh di pekan pertama Maret. Selain dari BMW, Klatten juga merupakan pemilik dan pemimpin dari perusahaan farmasi dan obat-obatan Altana.  


    8. Laurene Powell Jobs dan keluarga, Amerika

    (Foto: Dok/Forbes) 


    Dengan nilai kekayaan: 16,4 miliar USD (252 triliun rupiah), istri dari pendiri Apple, Steve Jobs (meninggal dunia 2011) ini menurun 2,3 miliar USD dari tahun lalu. Powell Jobs juga mengepalai Emerson Collective, perusahaan investasi dan juga filantropi yang ia dirikan pada 2016.  


    9. Zhong Huijuan, China

    (Foto; Dok/Bloomberg) 


    Dengan nilai kekayaan: 14,6 miliar USD (224 triliun rupiah), Zhong mengepalai perusahaan farmasi dan obat-obatan Hansoh Pharmaceutical, yang memproduksi obat onkologi, psikoaktif, anti-diabetes dan lainnya. Sahamnya naik 10 persen dari awal Januari hingga pertengahan Maret lalu, ketika virus corona menjadi wabah yang dihadapi di negaranya.


    10. Gina Rinehart Australia

    (Foto; Dok/Forbes) 


    Dengan nilai kekayaan: 13,1 miliar USD (201 triliun rupiah), Gina Rinehart mendapatkan kekayaannya dari usaha tambang biji besi. Putri dari penambang ternama Lang Hancock ini mengepalai perusahaan Hancock Prospecting Group sejak 1992. Nilai kekayaannya menurun 2 miliar USD tahun lalu karena pandemi virus corona yang mengakibatkan menurunnya pendapatan industri biji besi. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below