Benda Yang Mendukung Gaya Hidup Zero Waste


  • Benda Yang Mendukung Gaya Hidup Zero Waste
    Kira-kira benda apa saja yang bisa diganti untuk mendukung gaya hidup zero waste?. (Foto:Dok. Freepik)

    Apakah kamu tahu apa itu gaya hidup zero waste? Dilihat dari namanya, zero artinya nol, sementara waste artinya sampah, jadi gaya hidup nol sampah? Sebagian dari kamu mungkin merasa, tidak mungkin! Pada dasarnya, gaya hidup zero waste bertujuan untuk membantu mengurangi sampah, terutama sampah yang sulit untuk terurai seperti plastik, styrofoam, dan kaleng. Dengan kata lain, penganut gaya hidup zero waste sebisa mungkin mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan seperti sedotan, plastik, styrofoam, kaleng, dan lain sebagainya.


    Namun, bukan berarti kamu harus mengharamkan barang-barang tersebut, tetapi ini lebih bagaimana meminimalkan penggunaan bahan atau material tersebut. Nah, salah satu cara untuk meminimalkan penggunaan bahan atau material yang mencemarkan lingkungan adalah dengan mengganti benda-benda tertentu dengan benda yang lebih ramah lingkungan. Kira-kira benda apa saja yang bisa diganti untuk mendukung gaya hidup zero waste?




    1. Kotak Makan


    Jika sebelumnya kamu sering menggunakan bungkus plastik, kertas nasi, dan styrofoam saat membeli makan di luar, mulai sekarang ganti dengan menggunakan kotak makan. Dengan begitu, kamu bisa membantu mengurangi penggunaan sampah dengan menggunakan kotak makan milikmu sendiri.


    2. Botol Minum dan Gelas Kopi


    Selain kotak makan, benda ramah lingkungan berikutnya yang bisa mendukung gaya hidup zero waste adalah botol minum dan gelas kopi reusable. Jadi, saat membeli minuman atau kopi yang mengharuskan menggunakan wadah plastik, kamu bisa menggunakan botol minum atau gelas kopi reusable milikmu. Dengan melakukan hal kecil seperti membawa botol minum dan gelas kopi reusable, itu artinya kamu berperan untuk melestarikan lingkungan.


    3. Membawa Tas Kain Saat Berbelanja


    Untuk mendukung gaya hidup zero waste yang kamu jalani, akan jauh lebih baik jika kamu membawa tas kain sendiri saat berbelanja. Apalagi, saat ini sudah tersedia tas kain dengan berbagai macam model dan motif. Jadi, tidak hanya membantu mengurangi sampah, membawa tas kain juga akan membuat penampilanmu semakin menarik. Agar tidak lupa, selalu simpan tas kain ini di dalam tas, di laci meja kantor atau di tempat-tempat lainnya yang mudah dijangkau. 


    4. Peralatan Makan 


    Selain benda-benda yang sudah disebutkan sebelumnya, peralatan makan seperti sendok, garpu atau sumpit ramah lingkungan juga tidak kalah penting untuk mendukung gaya hidup zero waste. Selain terjaga kebersihannya, membawa sendiri peralatan makan ramah lingkungan juga dapat membantu mengurangi sampah. 


    Itulah empat benda yang dapat mendukung gaya hidup zero waste yang kamu jalani. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below