10 Lagu Kolaborasi Terbaik BTS Dari Halsey Hingga Steve Aoki


  • 10 Lagu Kolaborasi Terbaik BTS Dari Halsey Hingga Steve Aoki
    Popularitas grup asal Korea Selatan, BTS juga ditandai dengan banyaknya lagu kolaborasi dengan musisi lain yang menjadi hit dan sukses. (Foto: Dok/Instagram/@iamhalsey)

    Sukses BTS membuat grup asal Korea Selatan ini diinginkan banyak orang, tak hanya para Army, sebutan untuk penggemarnya. Beberapa di antara mereka juga termasuk musisi ternama yang inginkan kolaborasi bareng. Boy with Luv? Mic Drop? Itu hanya dua di antaranya.

    Baru-baru ini band pop yang beranggotakan RM, V, Jungkook, J-Hope, Jin, Jimin dan Suga tersebut berkolaborasi dengan Lil Nas X di panggung Grammy. Hit Old Town Road menjadi Seoul Town Road remix.



    Yang menarik dari BTS adalah rentang genre lagu kolaborasi yang membuat lagu-lagunya merangsek masuk ke daftar teratas berbagai tangga lagu dan streaming. Album terbaru mereka Map of the Soul:7 yang rilis akhir Februari lalu juga menunjukkan hasil yang sama, yakni berhasil masuk dengan raihan rekor tersendiri lewat jumlah streaming fantastis di Spotify.

    Dari beberapa lagu kolaborasi yang sukses tersebut, berikut kami urut 10 di antaranya.

    (Baca juga: Mengulik 15 Lagu Terbaru BTS di Album 'Map of Soul:7')


    10. Seoul Town Road - feat Lil Nas X


    ‘Seoul Town Road’ merupakan remix resmi keempat dari hit ‘Old Town Road’ milik Lil Nas X. Secara teknis dirilisnya Old Town Road (Seoul town Road Remix), tak hanya menggabungkan genre pop-country-Kpop, tapi juga tampil perdana di panggung penghargaan Grammy pada Januari lalu. Aksi panggung BTS feat Lil Nas X membuat heboh dan jadi perbincangan.


    9. Waste it on me - feat Steve Aoki


    Steve Aoki bisa jadi salah satu musisi yang kerap berkolaborasi dengan BTS. Lagu ‘Waste It On Me’ merupakan salah satu kolaborasi yang masuk dalam album Steve Aoki bertajuk Neon Future III (2018). Meski mereka tak tampil di video musiknya, lagu elektropop dance ini menampilkan aktor dan aktris Asia-Amerika yang lip-synch vocal BTS. Lagu ini menjadi perpaduan budaya pop yang merepresentasikan Asia di panggung dunia.  

    8. A Brand New Day - feat Zara Larsson



    Kolaborasi dari lagu untuk video game BTS World yang rilis 2019 ini menggabungkan bunyi instrumen daegeum khas Korea dengan melodi hiphop/elektronik. Salah satu kolaborasi BTS yang menarik untuk disimak.  

    7. Dream Glow – feat Charli XCX


    Tiga tahun lalu, Charli XCX dikabarkan ke Seoul untuk menjajaki kerjasama dengan BTS. Baru pada 2019, fans mendengar dan mengetahui bahwa lagu kolaborasi tersebut terdapat di soundtrack BTS World. Harmonisasi yang asik antara BTS dan Charli XCX. 

    6. Best Of Me- feat Chainsmokers

    Lagu EDM bertempo cepat dan membuat tubuh bergoyang ini menandai kolaborasi pertama BTS dengan musisi Amerika. Dirilis pada 2017, lagu ini masuk dalam ‘Love Yourself: Her’.

    5. The Truth Untold - feat Steve Aoki

    Kolaborasi kesekian bersama Steve Aoki, yang mengejutkan bernuansa balada. Lagu yang terdapat di album ‘Love Yourself: Tear’ ini kemudian juga dibuat remix, tapi versi aslinya juga tak kalah enak didengar.

    4. Boy with Luv - feat Halsey



    Single andalan dari album ‘Map of the Soul: Persona’ ini berhasil mencapai platinum hit yang juga masuk dalam daftar lagu terbaik 2019. Berirama cerita, penuh warna dan tempo cepat, video music dari lagu ini bernuansa romantis dan teatrikal. Kuat dengan konsep dan menebar pesona khas BTS.  

    3. Make it Right - feat Lauv


    Lagu yang juga turut diciptakan Ed Sheeran ini dibawakan BTS bersama Lauv. Sekilas akan mengingatkan akan sentuhan khas Ed Sheeran lewat lagu-lagu ciptaannya. BTS membawakan lagu easy listening ini dengan asik dan dengan mudah menempel di ingatan. 

    2. Idol - feat Nicki Minaj


    Single BTS di 2018 ini menjadi hit kala dirilis perdana. Ketika Nicki Minaj turut hadir berkolaborasi membuatnya makin meledak di pasaran. Perilisan lagu ini kemudian diikuti video music yang fantastis dengan penggabungan lanskap, warna, dan busana serta koreografi yang enerjik. Lagu ini juga kemudian menginspirasi para fans untuk menularkan challenge yang viral di media social.  

    1. Mic Drop - feat Steve Aoki


    Dirilis pada akhir 2017, lagu ini meraih banyak raihan penghargaan. Tak heran karena lagu kolaborasi satu ini enak didengar, punya melodi yang pas dan tak bosan meski diulang terus menerus. Berkat lagu ini juga, kabarnya BTS menjadi musisi asal Korea yang menduduki peringkat atas iTunes, dan meraih sertifikat emas dari Recording Industry Association of America. And the rest is history!

    Dari urutan di atas, mana lagu kolaborasi BTS favoritmu?