Tips Memilih Earphone Terbaik Agar Olahraga Lebih Semangat


  • Tips Memilih Earphone Terbaik Agar Olahraga Lebih Semangat
    Mendengarkan musik saat berolahraga membutuhkan alat bantu earphone, berikut rekomendasi dan tips memilih yang terbaik(Foto:Dok/Pexels)


    Mendengarkan musik sambil berolahraga tampaknya sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang. Ditambah lagi kini berbagai perangkatnya hadir dan bisa digunakan dengan fleksibel. Salah satunya adalah earphone dengan berbagai unggulan yang ditawarkannya.

    Earphone adalah salah satu teknologi dengan ukuran kecil yang muat di lubang telinga dan mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dengan desainnya yang minimalis buat inovasi ini bisa digunakan kapan pun, termasuk saat berolahraga. 



    Meskipun terbilang canggih, namun melihat keunggulan harus dilakukan agar tidak salah pilih untuk teman kala berolahraga. Jika bingung apa saja yang mesti diperhatikan, berikut ulasannya.

    (Baca Juga: Tips Agar Lari Semakin Terasa Ringan & Menyenangkan)


    1. Wireless

    Jika kamu menyukai olahraga lari, zumba dan lainnya menggunakan earphone rasanya sudah jadi keharusan. Sehingga memilih earphone yang simple pun patut dilakukan.

    Cobalah untuk memilih earphone dengan jenis wireless atau bluetooth. Tipe ini akan memudahkanmu untuk berlari dibandingkan jenis lainnya dengan kabel. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan handphone-mu ke dalam saku atau air pouch tanpa takut sambungan lagu yang terputus.


    2. Memiliki kualitas suara baik

    Tak bisa dipungkiri beat dan irama dalam musik seakan memicu diri untuk bergerak dengan semangat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health menemukan bahwa ketika musik memiliki kualitas yang tinggi, otak terdorong untuk jadi lebih bersemangat untuk melakukan gerakan.

    Oleh sebabnya, pilihlah earphone dengan kualitas speaker dan suara yang baik untuk menjadi temanmu saat berolahraga.

    (Baca Juga: 10 Lagu Baru Wajib Dengar Minggu Ini)


    3. Nyaman dipakai

    Berbagai jenis earphone hadir dengan desain dan keunggulan variatif. Terutama pada bagian depan speaker. Diantaranya adalah Earbud dan In-ear Monitoring (IEM). 

    Jika kamu ingin suara yang tidak mudah bocor, jenis IEM merupakan pilihan yang tepat. Namun, beberapa orang juga merasakan tidak nyaman kala menggunakannya. Dan jika kamu salah satunya, tipe earbud bisa jadi cocok untukmu.


    4. Tahan air

    Mengingat olahraga akan buatmu memproduksi keringat lebih banyak, oleh sebabnya memilih earphone yang memiliki ketahanan air atau water-proof menjadi penting untuk diperhatikan. Biasanya juga earphone yang high water-proof lebih awet dari biasanya.


    5. Hemat baterai

    Olahraga biasanya tak terkendalikan oleh waktu. Di saat bersemangat, mungkin kamu bisa berlari dan bersepeda hingga 1-2 jam. Maka agar tidak menurunkannya pilihlah earphone yang hemat baterai, sehingga selama apapun kamu berolahraga fokusmu tak teralihkan oleh baterai yang habis.

    (Baca Juga: 20 Lagu Pengantar Yoga yang Harus Dicoba)


    Rekomendasi earphone terbaik untuk berolahraga

    Jika kamu bingung untuk menentukan earphone terbaik untuk berolahraga dengan keunggulan di atas, berikut 5 rekomendasinya!


    1. AirPods Pro Apple


    (Earphone luncuran Apple.Foto:Dok/Apple)

    Airpods Pro luncuran Apple ini bisa memiliki kekuatan baterai hingga 4,5 jam dengan audio yang berkualitas tinggi tanpa melupakan anti noise di dalamnya.

    Earphone ini juga memiliki Chip H1 yang bisa mempercepat dan lebih stabil saat koneksi nirkabel. Sehingga tak heran jika harga Aipods Pro Apple mencapai Rp4.199.000


    2. JBL Reflect Fit


    (Earphone JBL untuk olahraga.Foto:Dok/JBL)

    Memiliki artikulasi suara yang natural jernih JBL Reflect Fit bisa jadi earphone pilihan untuk berolahraga. Selain bisa mendengarkan musik hingga 10 jam, earphone ini juga dilengkapi oleh heart rate yang bisa membantumu untuk mengetahui kecepatan jantung tanpa harus menyentuh handphone.

    Desain neckband yang dimiliki buat penggunaan jadi lebih fleksibel saat bergerak. Begitu juga water-proof yang dimilikinya bisa menahannya dari kerusakan akibat air ketika berkeringat. Harga JBL Reflect Fit ini dibandrol sebesar Rp2.999.000


    3. Samsung Galaxy Buds+ Earbuds


    (Earphone dari Samsung yang minimalis.Foto:Dok/Samsung)

    Earphone luncuran samsung ini memiliki speaker dinamis dengan memperkuat suara terutama saat irama bass dan beat tinggi. Memiliki dua mic di luar, dan satu di dalam membuat earphone yang satu ini bisa memblokir noise saat kamu berkomunikasi dengan telfon. 

    Ketahanan baterai dari earphone ini juga tak lagi diragukan. Dengan 3 menit charger, kamu bisa menggunakannya hingga satu jam. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa charger selama 22 jam untuk 11 jam pemakaian. Samsung Galaxy Buds+ Earbuds ini seharga 2.299.000.


    4. Soundsport Wireless headphones


    (Kecanggihan earbuds pada earphone wireless.Foto:Dok/Bose)

    Mengambil desain earbuds, earphone yang satu ini tak melupakan audio yang ditawarkan untuk menemani olahraga dengan musik. Ditambah dengan lekukan di bagian telinganya membantu earphone ini tetap stay saat tubuh bergerak cepat, seperti berlari, loncat dan lainnya.

    Dilengkapi dengan sweet resistant dan weather resistant buat earphone ini bisa dipakai meskipun saat hujan dan berkeringat. Soundsport Wireless headphones ini berkisar Rp2.850.000 dengan tiga pilihan warna untuk tampil stylish yakni putih, hitam dan biru untuk neckband-nya


    5. MX 686G SPORTS


    (Earphone MX 686G untuk temani olahraga.Foto:Dok/sennheiser.com)

    Kualitas suara stereo yang dimiliki oleh MX 686G SPORTS Earphone bisa membuat olahragamu menjadi lebih menyenangkan. Dengan desain slide-to-fit juga membuatnya nyaman untuk digunakan saat bergerak cepat. MX 686G SPORTS memiliki harga Rp1.149.000



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below