Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia


  • Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia
    Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4) pukul 18:00 WIB di rumah sakit di Fatmawati, Jakarta Selatan. (Foto: Dok/Wikipedia)


    Dunia musik tanah air kembali kehilangan salah satu musisi terbaiknya. Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4) sore pukul 18:00 WIB di RS Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan.  

    Pelantun hit 'Akhir Cerita Cinta' itu meninggal di usia 44 tahun, karena sakit meningitis atau radang selaput otak. Dikutip dari Antara, kabar meninggalnya Glenn dikonfirmasi Tompi, sahabat dekat sekaligus rekan sesama musisi. Glenn sempat dirawat di rumah sakit sebelum menghembuskan napas terakhirnya.



    Bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, ia sudah menapaki dunia musik sejak 1995, dengan menjadi vokalis 'Funk Section'.  Glenn merintis karier sebagai penyanyi solo tiga tahun kemudian dan meluncurkan album yang ia beri tajuk 'Glenn' yang berisi delapan lagu. Glenn mulai dikenal berkat tiga lagu di dalamnya yang berjudul 'Kau', 'Cukup Sudah' dan 'Mobil Mama'.  

    Namanya makin populer ketika album kedua berjudul 'Kembali' (2000) mengenalkan lagu-lagu seperti 'Salam Bagi Sahabat' dan 'Kasih Putih'. Suksesnya berlanjut lewat hit 'Januari' dari album 'Selamat Pagi Dunia' (2003).

    Hingga 2019, Glenn sudah meluncurkan total 10 album, di samping album rohani, album kompilasi, dan dua single yakni 'Perempuanku' dan Tanda Mata (2016). Diantara albumnya itu, yakni Ost. Cinta Silver (2005), Aku & Wanita (2006), Happy Sunday (200), Private Collection (2008), Lovevolution (2010), Luka Cinta dan Merdeka (2012) dan Romansa ke Masa Depan (2019).  



    Selain menjadi penyanyi, Glenn juga menaungi label musik sendiri yang ia beri nama Musik Bagus. Di sini ia turut memproduseri beberapa musisi baru, diantaranya Yura Yunita, Gilbert Pohan, dan Tiara Degrasia.  


    Aksi peduli

    Di samping karier musiknya yang menjadi sorotan, Glenn termasuk musisi yang menunjukkan kepedulian besar terhadap lingkungan dan juga bumi. Ia beberapa kali turut berpartisipasi dalam konser amal, diantaranya Soul for Indonesian Earth.  Ia juga pernah menciptaan lagu 'Kita untuk Mereka' yang didedikasikan untuk korban tsunami Aceh, serta 'Tanah Perjanjian' yang menunjukkan keprihatinannya terhadap permasalahan di Papua.  Bersama Sandy Sandhoro dan Tompi mereka pun membuat 'Trio Lestari'.  

    Selain di musik, ia turut terjun ke dunia film dengan jadi produser di beberapa film, diantaranya Cahaya dari Timur, Filosofi Kopi, dan Surat dari Praha. Glenn juga sempat jadi aktor untuk film Tanda Tanya (2011) yang disutradarai Hanung Bramantyo.


    Kehidupan pribadi  

    Selain musik, kehidupan pribadi Glenn juga kerap jadi sorotan publik. Ia menikah dengan penyanyi Dewi Sandra pada 2006 hingga 2009. Setelah jeda cukup lama, ia menikah lagi dengan Mutia Ayu pada 2019 lalu, dan dikarunia seorang putri yang diberi nama Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo yang lahir 28 Februari 2020. 

    Kabar kepergian Glenn menyisakan duka buat musik tanah air. Namun nama dan lagu-lagu ciptaannya telah menjadi legenda. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below