Hair & beauty

6 Tips Anti Gagal Beli Foundation Online

By : Rahmi Davita - 2020-04-06 21:11:00 6 Tips Anti Gagal Beli Foundation Online

Tak hanya berpengaruh untuk isi kulkas, larangan bepergian saat ini juga mempengaruhi kelengkapan meja rias kita. Setuju? Tentu banyak yang sudah mulai kehabisan produk-produk kecantikan andalannya. Namun tak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak sekali pilihan e-commerce dan online shop agar kamu bisa memenuhi kebutuhan kecantikan dengan mudah. 


Saat membeli produk riasan secara online seperti lipstik, eyeshadow, blush, bronzer, atau maskara, rasanya jarang ada kesulitan karena biasanya kita sudah tahu betul varian apa yang diinginkan. Tapi bagaimana dengan alas bedak atau foundation? Terlebih jika ingin membeli foundation yang belum pernah dicoba sebelumnya. Produk satu ini cukup tricky dan begitu personal karena merupakan dasar dari riasan. Rona dan teksturnya pun harus sesuai dengan warna juga jenis kulit kita. Untuk menghindari kesalahan, ikuti tips anti gagal membeli foundation secara online berikut. Inilah hal-hal penting yang patut diperhatikan sebelum kamu klik "checkout".


1. Jenis Formula dan Tingkat Samaran yang Diinginkan

Kerucutkan terlebih dahulu pilihan produk yang akan disasar dengan menanyakan diri sendiri, "foundation seperti apa yang dibutuhkan?" Kalau jawaban kamu:

      

Untuk pemakaian sehari-hari yang praktis dan ringan, maka kamu bisa memfokuskan pencarian untuk tinted moisturizer, bb cream, cc cream, cushion, atau serum foundation. Selain memberikan samaran warna, produk-produk ini juga memiliki kandungan skincare yang bermanfaat untuk melindungi kulit. Ritual perawatan kulit juga bisa jadi lebih simpel.


Untuk tingkat samaran yang lebih tinggi, bisa pilih foundation yang memberikan medium to full coverage. Banyak full coverage foundation yang tetap terasa ringan di kulit karena teknologi inovatifnya.


2. Hasil Akhir yang Diinginkan

Dewy atau matte? Foundation dengan hasil akhir dewy biasanya disertai dengan kata-kata luminous, radiant, dan sinonim lainnya. Sedangkan foundation dengan hasil akhir matte juga biasanya disertai dengan klaim matte dan long-wearing. Setiap orang memiliki preferensi berbeda-beda untuk kompleksi wajahnya. Yang perlu diingat, pada jenis kulit berminyak, foundation matte pun dapat memberikan efek berkilau, dan foundation yang dewy dapat memberikan kesan lebih berminyak apabila tidak disertai primer dan bedak yang tepat.


3. Undertone Kulitmu

Kebanyakan brand kosmetik melabelkan foundation berdasarkan undertone kulit, yakni cool, warm, dan neutral.

    • Ciri- ciri kulit cool tone: kulit putih cerah dengan rona pinkish, urat atau pembuluh darah di balik kulit pergelangan tangan tampak kebiruan.

    • Ciri-ciri kulit warm tone: rona kulit secara keseluruhan tampak cokelat kekuningan, urat tampak kehijauan.

    • Ciri-ciri kulit neutral tone: kombinasi antara dua rona kulit di atas.

Jika sudah mengidentifikasi undertone kulit kamu, pemilihan warna pun akan lebih mudah.


4. Meninjau Review dari Sumber Terpercaya

Selain melihat review dari media, beauty influencer, atau makeup artist terkemuka, untuk mencari shade foundation yang tepat, kamu juga bisa melihat review pemakaian dari orang yang rona kulitnya mirip dengan skin tone kamu. 


5. Mengikuti Fitur Penelusuran Warna

Banyak label kosmetik saat ini yang memiliki kolom pencarian warna foundation dalam situs resminya. Sephora Indonesia juga menyediakan pilihan “Find Your Shade” lho untuk semua produk kompleksinya.


6. Jika Bimbang, Pilih yang Lebih terang

Tak jarang di proses akhir seleksi kamu ragu memilih antara dua warna yang nyaris serupa. Untuk kasus ini, sebaiknya jatuhkan pilihan ke warna yang lebih terang. Jika dibaurkan atau sampai benar-benar merata ke seluruh wajah dan leher, yang lebih terang dapat membuat kita terlihat lebih cerah. Cukup siasati dengan bronzer dan blush yang seimbang. Namun jika foundation lebih gelap dari warna kulit asli, tampilan wajah akan terkesan lebih kusam atau malah terkesan "orange" sehingga lebih sulit disiasati.


Nah, dengan mengikuti tips anti gagal beli foundation secara online di atas, kamu tidak perlu lagi khawatir setiap ingin membeli produk kecantikan.

Hair & beauty