Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Di Punggung


  • Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Di Punggung
    Cara mengatasi jerawat di punggung agar kulit kembali lembut dan halus. (Foto: Freepik.com)

    Sama seperti jerawat yang menyerang kulit wajah, bakteri juga dapat berkumpul dan mengganggu area punggung sehingga menimbulkan back acne atau disingkat bacne. Kondisi ini tentu sangat menyebalkan, bahkan bisa membuat kita kehilangan rasa percaya diri. 

    Tetapi tenang saja, jerawat di punggung termasuk kategori yang bisa disembuhkan dan dicegah secara mudah. Tentu saja proses penyembuhan bacne bisa berjalan mulus kalau kamu konsisten merawatnya. 

    Sebelum keadaan semakin genting, temukan panduan informatif untuk memaksimalkan kesuksesan program “punggung mulus dan indah” kamu layaknya lagu Sexy Back yang dinyanyikan si tampan Justin Timberlake.




    1. Mulailah dari perawatan tubuh yang berkualitas


    Kandungan magis pembasmi “bacne”

    Para ahli dermatologi mempercayai bahwa benzoyl peroxide (5-10%) mampu membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya peradangan atau jerawat pada kulit. Beberapa formula acne-fighting lain yang bisa dicoba adalah tea tree oil, sulfur, dan salicylic acid. Mulailah mengganti sabun mandi yang mengandung salah satu kandungan tersebut.


    (Kiri-Kanan: The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Body Wash, Dr. Song Benzoyl Peroxide Wash 10% Acne Treatment, JF The Skin Specialist Dermamed Liquid Cleanser, Cerave SA Body Wash for Rough & Bumpy Skin. Foto: Dok. The Body Shop Indonesia, Dr. Song, JF The Skin Specialist, Cerave)


    Esensial ekstra

    Sulit untuk menggapai area punggung? Dukung momen perawatan tubuhmu dengan sikat atau spons yang didesain dengan tangkai panjang. Hindari menggosok secara berlebihan agar tidak terjadi iritasi yang hanya akan memperburuk kondisi kulit.


    (Kiri-Kanan: Ecotools Ecopouf Bath Brush, Bath & Body Works Bath Brush. Foto: Dok. Ecotools, Bath & Body Works Bath Brush)


    Selipkan trik back mask sederhana

    Setelah selesai menggosok, biarkan sabun pilihanmu bertahan selama lima hingga sepuluh menit di area punggung sebelum dibilas. Berbeda dengan wajah, tubuh memiliki lapisan kulit yang cukup tebal sehingga tidak menimbulkan reaksi yang ekstrem. 


    Perawatan tambahan

    Dapatkan tampilan punggung yang indah dengan kulit yang sehat lewat perawatan tambahan menggunakan chemical peel dan body spray antiseptik untuk mempercepat penyembuhan jerawat dan menghilangkan noda.


    (Kiri-Kanan: Proactiv Clear Zone Body Pads, Paula's Choice Acne Body Spray. Foto: Dok. Proactiv, Paula's Choice)


    2. Mengatur pola makan dengan asupan yang bernutrisi

    Tidak hanya perawatan dari luar, kamu juga harus melakukannya dari dalam lewat menu yang bergizi. Perbanyak konsumsi ikan yang mengandung omega-3, sayuran hijau, alpukat, kacang kenari, dan tomat yang melawan inflamasi serta batasi asupan karbohidrat.


    3. Beri perhatian ekstra pada kebersihan tubuh


    Cuci handuk secara rutin

    Saatnya mengganti handuk dengan bahan antibakteria yang tidak membuat kuman “kembali” menempel pada kulit. Pastikan untuk rajin mencucinya untuk mendukung proses penyembuhan bacne.


    Jangan biarkan tubuh diselimuti keringat

    Segeralah mengganti baju jika merasa keringat sudah mulai membanjiri area punggung. Biasakan untuk membawa pakaian salin jika kamu memiliki kadar keringat yang berlebih.


    Penyelamat dalam keadaan darurat

    Jika sehabis olahraga kamu  tidak memiliki cukup waktu untuk mandi, basuhlah area punggung dengan chemical pads atau tisu basah antimikroba sehingga pori-pori tetap terjaga kebersihannya untuk sementara waktu.


    (Asepxia Acne Maximum Strength Medicated Cleansing Wipes with Salicylic Acid. Foto: Dok. Asepxia)


    4. Cermat memilih pakaian olahraga

    Pilihlah pakaian dengan bahan dri-fit yang mampu memberikan sensasi sejuk pada tubuh dan tidak mudah menyerap keringat. Hindari menggunakan busana yang ketat karena dapat menimbulkan infeksi pada folikel rambut yang memperburuk keadaannya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below