Food & travel

Mengulik Dalgona Coffee Mulai Dari Resep Hingga Sejarahnya

By : Hafizah Rana Dalilah - 2020-04-01 16:50:01 Mengulik Dalgona Coffee Mulai Dari Resep Hingga Sejarahnya


Mencoba resep makanan dan minuman jadi rutinitas sebagian orang saat menjalani physical distancing atau social distancing. Kegiatan ini juga merupakan cara mengatasi rasa bosan saat berdiam di rumah.

Berbagai inspirasi pun datang dari media sosial seperti Youtube, Instagram dan bahkan grup WhatsApp keluarga. Sehingga berbagai menu pun hadir dari berbagai negara. Salah satunya adalah Korea Selatan dengan resep Dalgona Coffee-nya yang viral dan digemari.

Dalgona Coffee merupakan minuman susu dengan kopi creamy di atasnya. Pembuatan krimnya yang berasal dari campuran kopi, gula dan air itulah yang membuatnya semakin menggiurkan. Bahkan cara meraciknya yang tak biasa buat minuman ini mulai banyak dijajali oleh masyarakat dunia.

Melansir laman MSN, kabarnya minuman ini sebetulnya berasal dari India, Pakistan dan Macau. Kemudian seorang aktor Korea Jung Il-Woo pergi menemukannya saat menjelajahi Macau yang juga ditayangkan dalam TV Show Pyunstorang. Bentuknya yang mirip dengan permen spons tahun 1970-an asal Korea, buat dirinya menamakan minuman itu menjadi Dalgona Coffee.

Sejumlah pengguna media sosial pun mulai mencobanya dan mengunggahnya dengan hashtag #Dalgonacoffee hingga viral di dunia maya. Sekilas membuatnya terlihat mudah, namun banyak pula yang gagal saat meraciknya seperti tidak mengental, tidak mengembang, bahkan ada pula yang tetap cair. Sebabnya, untuk menciptakannya dibutuhkan konsistensi dalam mengaduk bahan-bahan hingga menyatu secara sempurna. 

Tertarik mencobanya? Atau pernah namun gagal? Cobalah resep dari Cookpad berikut untuk meracik Dalgona Coffee sebagai teman kerja saat di rumah.


Bahan:

3 sendok makan bubuk kopi

4 sendok makan gula

3 sendok makan air panas

1 cangkir susu segar sesuai selera

1/2 cangkir es batu secukupnya.


Cara membuatnya:

1. Campurkan bubuk kopi, gula, dan air panas dalam satu mangkuk.

2. Siapkan mixer, aduklah bahan-bahan tadi dengan konsisten hingga menjadi kental dan berwarna cokelat seperti caramel. Biasanya butuh waktu 3-5 menit.

3. Siapkan secangkir susu segar dengan es batu.

4. Tuangkan coffee creamy tadi ke atas susu. Jika berhasil, biasanya dia tidak tercampur terlebih dahulu.

5. Dalgona Coffee siap disajikan.


Dampak Dalgona Coffee Pada Kesehatan

Dalgona Coffee minuman yang terbuat dari campuran kopi, gula, air panas dan susu. Meski terdengar seperi kopi susu, namun minuman yang satu ini punya ciri khas dalam meracik dan coffee cream yang ada di atasnya. Namun, apakah minuman ini baik untuk kesehatan?

Melansir laman Healthline, kopi salah satu minuman yang kaya akan manfaat. Di antaranya adalah bisa meningkatkan energi, membakar lemak, menurunkan risiko terserang diabetes dan lainnya. Begitu juga susu yang memiliki ragam vitamin dan tinggi akan kalsium untuk menyeimbangi nutrisi dalam tubuh, baik untuk kulit dan lainnya. 

Namun, sampai saat ini memang belum ada penelitian atau kajian khusus yang membahas mengenai dampak dari mengonsumsi Dalgona Coffee bagi kesehatan. Walaupun begitu, mengingat untuk meraciknya saja memerlukan banyak gula, ada baiknya untuk memberi batas untuk menjadikannya hidangan setiap hari, terutama jika kamu memiliki riwayat diabetes. Atau cobalah menggantinya dengan gula yang baik untuk kesehatan dan susu rendah lemak.

Itu dia sekilas tentang asal-usul Dalgona Coffee, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Food & travel