Upaya Industri Mode Membantu Melawan Pandemi Covid-19


  • Upaya Industri Mode Membantu Melawan Pandemi Covid-19
    Rumah mode Gucci ikut membantu melawan pandemi Covid-19. (Foto: @gucci/Instagram)


    Pandemi Covid-19 yang terus melanda banyak negara di penjuru dunia. Sudah ada lebih dari 700.000 orang yang terinfeksi virusnya. Berbagai upaya pun dilakukan, baik dari pemerintahan maupun lembaga atau perusahaan swasta.

    Tak terkecuali sejumlah desainer dan rumah mode lokal maupun internasional. Mereka turut membantu memproduksi masker maupun alat pelindung diri (APD). 



    Masker menjadi susah didapatkan sejak pandemi melanda. Jikalau ada, harganya pun melambung tinggi jauh di atas harga normal. Oleh karenanya, perusahaan tekstil Sritex kini menjual masker non-medis yang terbuat dari dua lapisan kain anti microbial dan anti air. Mereka juga menjual APD yang bisa dipesan di https://bit.ly/APDSril.



    Begitu pula dengan perusahaan tekstil PT Dan Liris. Mereka juga menghadirkan masker kain non-medis melalui label pakaian miliknya sendiri, Duae. Masker ini juga bisa dicuci dan dipakai berulang kali.



    Desainer Karla Jasmina pun membantu dengan membuat masker kain dengan penyaring udara, dan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.



    Ia juga mengadakan proyek kemanusiaan yang mengajak seluruh tenaga kerja dari industri mode baik perancang busana, UMKM, maupun para penjahit untuk turut membantu membuat APD berupa hazmat suit dan surgical gown yang nantinya akan disalurkan ke sejumlah rumah sakit terpilih dengan surat resmi melalui komunitas Womenpreneur Indonesia dan Ikatan Alumni FK UNAIR 2013.




    Sedangkan, desainer Anne Avantie melalui program Peduli APD Yayasan Anne Avantie juga membuat banyak APD untuk disumbangkan ke rumah sakit yang telah memberikan permohonan resmi.



    Perusahaan Kering yang menaungi sederet rumah mode ternama seperti Gucci, Balenciaga, Saint Laurent, dan masih banyak lagi, juga turut membantu melawan pandemi Covid-19. 

    Setelah memberikan donasi kepada Hubei Red Cross Foundation untuk membantu melawan penyebaran virus di Cina dan donasi kepada sejumlah rumah sakit di Italia, kini mereka siap membantu dengan menyumbangkan 1.100.000 masker medis dan 55.000 pakaian medis yang akan diberikan pada beberapa minggu ke depan. 



    Workshop dari Balenciaga dan Saint Laurent kini sedang mempersiapkan proses produksi masker dan standar materialnya disetujui oleh pihak yang berwenang, sembari menerapkan perlindungan kesehatan yang ketat bagi para pekerjanya. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below