Ketahui Usia Pemakaian Skincare Dan Makeup


  • Ketahui Usia Pemakaian Skincare Dan Makeup
    Ketahui Usia Pemakaian Skincare Dan Makeup, agar tidak mengalami iritasi dan jerawat. (Foto:Dok. Emma Bauso / Pexels)

    Saat ini, terdapat banyak sekali jenis produk kecantikan dengan berbagai merek. Hal ini tentu saja membuat sebagian besar perempuan lebih mudah tergoda untuk mencobanya, hingga akhirnya menumpuk dan terlanjur kedaluwarsa. Sebagaimana diketahui, jika menggunakan produk kecantikan yang kedaluarsa tentu akan menyebabkan jerawat dan iritasi pada kulit. Nah, agar terhindar dari masalah kulit tersebut, berikut ini panduan lengkap usia pemakaian skincare dan makeup yang perlu kamu tahu. 


    Foundation Dan Concealer - 1 Tahun




    Produk makeup yang memiliki tekstur cair seperti foundation dan concealer hanya memiliki umur simpan selama satu tahun saja. Ini karena produk-produk makeup tersebut umumnya mengandung lebih banyak air dan minyak, yang dapat dengan mudah terkontaminasi dengan bakteri jika terlalu lama disimpan. 


    Eyeshadow - 2 tahun


    Hindari penggunaan eyeshadow jika sudah memasuki masa kedaluwarsa, karena eyeshadow yang sudah kedaluwarsa mengandung banyak bakteri yang sangat berbahaya jika diaplikasikan pada area sekitar mata. Pada umumnya, eyeshadow hanya dapat bertahan selama dua tahun.


    Maskara - 3 bulan


    Berhenti untuk memompa maskara! Karena hal ini akan memaksa udara masuk ke dalam tabung dan membuat maskara lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri. Sebagai alternatif, gerakkan spoolie maskara di dalam tabung dengan gerakan memutar. Jika maskara yang kamu gunakan sudah mengering, aroma tidak sedap dan tekstur berubah sebelum tiga bulan, jangan pernah mencoba untuk menambahkan air dan menggunakannya kembali. Selalu ganti maskara dengan yang baru setiap tiga bulan sekali. 


    Eyeliner - 6 bulan sampai 2 tahun


    Liquid eyeliner memiliki usia simpan selama empat sampai enam bulan saja. Ini karena liquid eyeliner sangat rentan terhadap kontaminasi bakteri. Lain halnya dengan eyeliner pencil yang dapat bertahan hingga dua tahun. Ganti eyeliner kamu jika terdapat perubahan tekstur, warna, bau atau mengering. 


    Lipstik - 2 tahun


    Tidak cukup rasanya jika hanya memiliki satu buah lipstik, setuju kan? Meskipun memiliki banyak lipstik, namun pada kenyataanya, hanya satu sampai dua lipstik saja yang sering kita gunakan dan sisanya hanya tersimpan rapi di dalam meja rias atau makeup pouch. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena walaupun memiliki tekstur cair dan mengandung air, kandungan pelembap di dalam lipstik mampu membuat lipstik bertahan hingga dua tahun. Perlu diingat, jangan pernah membiarkan lipstik dalam keadaan terbuka dan gunakan lip brush untuk mencegah kontak langsung antara bibir dan lipstik, agar bakteri tidak mudah berkembang biak dan memperpendek masa simpan lipstik. 


    Bedak, Blush, dan Bronzer - 2 tahun


    Produk kecantikan yang berbentuk powder, seperti bedak, bronzer dan blush dapat bertahan hingga dua tahun. Jangan membuka produk terlalu lama untuk menghindari paparan udara yang dapat memudahkan produk terkontaminasi oleh bakteri. 


    Pensil Alis - 2 tahun


    Pensil alis memiliki usia simpan hingga 2 tahun jika dirawat dan disimpan dengan benar - tajamkan pensil alis secara rutin dan selalu menutup dengan benar. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri menempel pada ujung pensil alis.


    Micellar Water - 6 bulan


    Jika diperhatikan, kamu akan menemukan kandungan utama dalam micellar water yaitu air. Air dapat dengan mudah terkontaminasi oleh bakteri, jika tidak segera digunakan. Apalagi, jika produk micellar water sudah terpapar udara. Oleh karena itu, micellar water hanya memiliki umur simpan maksimal 6 bulan. 


    Cleanser - 6 bulan hingga 1 tahun


    Produk cleanser hanya mampu bertahan selama enam bulan hingga satu tahun saja. Jika warna dan tekstur sudah berubah, segeralah ganti produk cleanser kamu dengan yang baru untuk menghindari timbulnya masalah pada kulit. 


    Pelembap - 1 tahun


    Pelembap yang tergolong bebas pengawet (preservative-free) dan menggunakan bahan natural sebagai pengganti, biasanya hanya dapat bertahan selama satu tahun setelah dibuka. Ini karena penggunaan bahan natural tidak melindungi pelembap dari bakteri seperti halnnya menggunakan bahan pengawet. 


    Toner - 6 bulan hingga 1 tahun


    Bahan utama yang terkandung di dalam toner adalah air dan beberapa bahan lainnya yang dapat memperpanjang usia simpan toner. Inilah yang membuat toner dapat bertahan selama enam bulan hingga satu tahun. Namun, jika warna, aroma, dan tekstur sudah berubah segera hentikan pemakaian dan ganti toner dengan yang baru. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below