Corona Berstatus Pandemi, Apa Artinya?


  • Corona Berstatus Pandemi, Apa Artinya?
    Inilah yang perlu kamu ketahui tentang pandemi Coronavirus. (Foto: Dok. Freepik)

    Beberapa bulan terakhir, masyarakat di seluruh dunia tengah dikhawatirkan oleh Coronavirus atau Covid-19. Dalam beberapa pekan terakhir, negara-negara di luar China telah mengonfirmasi adanya peningkatan jumlah orang yang dinyatakan positif Corona. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus Corona ini, yakni dengan melakukan social distancing hingga lockdown.


    Direktur Jendral Organisasi kesehatan Dunia atau WHO menyatakan secara resmi bahwa Covid-19 sebagai pandemi. Lantas apa itu pandemi? WHO mendefinisikan bahwa pandemi sebagai penyebaran penyakit baru di seluruh dunia yang memengaruhi banyak orang dengan sangat cepat. Pandemi biasanya akan memakan korban dalam jumlah yang besar dan tersebar di seluruh dunia. Dengan kata lain, suatu penyakit dapat dinyatakan sebagai pandemi jika penyakit tersebut baru di kalangan masyarakat, menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit berbahaya serta mudah menular kepada orang lain. Akan tetapi, WHO menjelaskan lebih lanjut bahwa pandemi Corona masih bisa dikendalikan. Sebelum Corona dinyatakan sebagai pandemi, pendahulunya yakni kasus flu babi atau H1N1 juga dinyatakan sebagai pandemi pada tahun 2009. 




    Penyakit yang dinyatakan sebagai pandemi, biasanya membutuhkan penanganan lebih untuk menekan penyebarannya. Salah satu penanganan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebarannya yakni dengan melakukan isolasi kepada pasien yang dinyatakan positif Corona, melakukan karantina, melacak rekam interaksi pasien positif dengan orang lain dan melakukan mitigasi. 


    Direktur Jendral WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan bahwa virus Corona dapat dikurangi dan dicegah asalkan adanya kerjasama antar negara-negara di seluruh dunia. Tedros mendesak negara-negara yang terinfeksi Corona untuk segera mengambil tindakan serius sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19.


    Berdasarkan data WHO, telah ada lebih dari 80 ribu kasus yang dikonfirmasi dari Coronavirus di seluruh dunia. Saat ini virus Corona sudah menyebar ke banyak negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika. 


    Dalam menghadapi situasi seperti, setiap orang diharapkan untuk tidak panik dan tetap tenang. Selain itu, selalu jaga kesehatan dan kebersihan dengan rutin mencuci tangan dengan benar, minum vitamin, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, gunakan masker, dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below