Rambut Kering Dan Rusak? Yuk, Coba Hair Detox Di Rumah


  • Rambut Kering Dan Rusak? Yuk, Coba Hair Detox Di Rumah
    Cara detoksifkasi rambut di rumah sebagai solusi untuk perawatan rambut kering, rusak, dan stres. (Camila Morrone's hairdo by Chad Wood. Foto: Dok. @chadwoodhair/Instagram)

    Banyak dari kita yang sudah berupaya melakukan detoksifikasi dengan diet sehat untuk kesehatan tubuh ataupun menjalani rutinitas skincare yang lebih friendly untuk kulit. So why not our hair too?

    Bayangkan berapa banyak produk styling yang menumpuk pada rambut, apalagi jika kamu menggunakannya setiap hari. Belum lagi pengunaan flat dan curling iron yang semakin membuatnya berada di bawah “tekanan”.

    Meski begitu, kita tidak dapat memungkiri betapa pentingnya tampilan rambut yang indah setiap saat dan produk-produk tersebutlah yang mampu mengabulkannya dalam. Jadi yang harus kita lakukan sekarang adalah merawatnya dengan baik dan sungguh-sungguh. 



    Nah, dengan adanya work from home, jadikan kesempatan ini untuk mengembalikan kesehatan rambut agar tampak segar, lembut, dan bebas dari stres lewat perawatan detoks sederhana di rumah. Tip dan trik berikut ini sangatlah mudah, bahkan tidak akan mengganggu waktu kerjamu di rumah.


    #1 BACK TO BASICS

    Mengingat kamu saat ini sedang mengisolasi diri, bersyukurlah untuk tidak perlu menatanya sedemikian rupa. You don’t need anyone’s attention anyway. Jagalah rutinitas perawatan rambut untuk tetap sederhana menggunakan sampo dan kondisioner lembut yang ramah untuk digunakan sehari-hari. Setelahnya, pastikan rambut mengering dengan sendirinya selagi kamu punya waktu banyak untuk itu.

    (Kristin Ess The One Signature Shampoo. Foto: Dok. Kristin Ess)

    #2 NO MORE HEATED STYLING TOOL

    Ingat, kamu sedang menjalani momen bekerja di rumah. Jika mengharuskan untuk tampil rapi dan profesional saat sedang video conference bersama atasan atau klien, akali dengan bandana, bobby pins, atau ciptakan kreasi not-so-messy bun yang praktis. Namun jika menginginkan rambut tergerai indah, aplikasikan hair oil dengan kandungan green tea yang bisa menjinakkan rambut kusut dan flyaways sehabis keramas.

    (Olaplex No.7 Bonding Oil. Foto: Dok. Olaplex)

    #3 DEEP CLEANSE

    Rambut yang sehat dimulai dari kulit kepala yang sehat. Tapi, tahukah kamu jika setiap kali kita mengaplikasikan produk styling pada rambut, residunya akan tetap tertinggal meskin telah dicuci? Solusinya adalah membersihkan kulit kepala secara mendalam dan menyeluruh. Ini akan membantu menghilangkan produk yang menumpuk serta sel kulit mati yang tadinya menyumbat folikel rambut.

    (Hair Rituel by Sisley Pre-Shampoo Purifying Mask with White Clay. Foto: Dok. Sisley)

    #4 INTENSIVE TREATMENT

    Extra care is a must! Pastikan rambut Anda mendapat perawatan mingguan dengan makser yang memberi nutrisi pasti. Untuk mempermudah proses perawatan intensif ini, cukup tukar kondisioner harian dengan masker rambut yang bersifat reparative atau mengandung ingredients bergizi. Tugasnya adalah memperkuat dan mengembalikan kesehatan rambut agar kian berkilau. 

    (Briogeo Don’t Despair, Repair! Deep Conditioning Hair Cap System. Foto: Dok. Briogeo)

    #5 OVERNIGHT NOURISHMENT

    Sama seperti kulit, rambut dapat memperbaiki dirinya sendiri selagi kita tidur pada malam hari. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa memetik manfaat dari masker rambut overnight. Kini sudah banyak inovasi masker dengan tekstur yang kering sehingga bisa digunakan semalaman. Jadi kamu tidak perlu panik saat tidur karena rambut tidak dalam keadaan basah.

    (IGK Antisocial Overnight Bond-Building Dry Hair Mask. Foto: Dok. Sephora)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below