Sajian Tradisional Yang Memikat Di Kawisari Cafe & Eatery


  • Sajian Tradisional Yang Memikat Di Kawisari Cafe & Eatery
    Selain cita rasanya yang khas, Kawisari menyimpan sejarah manis yang menarik untuk dikenang. (Foto: Dok. Kawisari Cafe & Eatery)

    Terinspirasi dari pemandangan hijau nan segar di perkebunan Kawisari dan Sengon di Jawa Timur, Tugu Hotels & Restaurants ingin menghidupkan kembali suasana lahan subur melalui Kawisari Cafe & Eatery. Resmi dibuka pada 22 Januari 2020, outlet kelima yang ada di Jakarta ini turut menyajikan kopi Kawisari yang berasal dari salah satu perkebunan tertua di Jawa.





    (Suasana hijau yang menjadi inspirasi. Foto: Dok. Kawisari Cafe & Eatery)


    (Warga desa sekitar. Foto: Dok. Kawisari Cafe & Eatery)

    Perkebunan yang didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 1870 ini menghasilkan ragam jenis kopi berkualitas. Mulai dari Arabica, Robusta, dan Luwak, semuanya dipilih menggunakan cara tradisional oleh warga desa sekitar. Bahkan, Kopi Kawisari berhasil meraih penghargaan International AVPA France Gourmet Award 2019 bertema “Coffees Locally Roasted in their Country of Origin” untuk kopi Robusta Jawa terbaik dengan kategori strong, powerful and bitter.


    Menyajikan menu khas pedesaan

    Menggunakan resep tradisional yang digerakkan oleh budaya Jawa, Kawisari Cafe & Eatery menampilkan menu pedesaan yang sederhana namun tetap lezat. Bahkan berbagai menu di sini rasanya sudah sulit ditemukan di kebanyakan restoran. Sebut saja seperti Nasi Tompoh Jagung dengan sayur lodeh campur, urap sayur, ayam goreng, ikan asin, dan sambal tempe. 



    (Nasi Tompoh Jagung Kawisari. Foto: Dok. Kawisari Cafe & Eatery)

    Ada juga aneka ragam pilihan nasi besek yaitu nasi yang disajikan di wadah anyaman kerajinan bambu, lengkap dengan lauk pauknya. Selain makanan utama, tentunya tak lupa pilihan camilan tradisional Jawa dari manis sampai asin seperti pisang goreng, lempang lempung, serabi mak-mak, lapis jongkong, dan pohong merekah.



    (Colenak. Foto: Dok. Kawisari Cafe & Eatery)


    Uniknya, camilan ini justru terinspirasi dari para pekerja pabrik perkebunan di era kolonial Belanda yang kerap menikmati secangkir kopi panas ditemani sajian-sajian tersebut.


    Ragam pilihan minuman kopi dan non-kopi

    Meski memiliki sejarah yang kental, Kawisari Cafe & Eatery tak lupa menyajikan menu kopi kekinian yang menarik untuk dicoba, seperti alcohol infused coffee, charcoal latte, iced coffee plantation madu, kopi doger, kopi klepon, hingga masih banyak lagi. Tapi kalau kamu ingin mencicipi rasa kopi klasik, bisa mencoba kopi klasik Jawa.



    (Iced Coffee Plantation Madu. Foto: Dok. Kawisari Cafe & Eatery)

    Bagi kamu yang tidak terbiasa minum kopi juga tak perlu khawatir karena masih ada pilihan lain seperti moktail, koktail, bir, hingga wine. Lengkap sekali, bukan? Semua menu di sini tersedia dari harga Rp30.000 - 110.000++. Kalau kamu penasaran dan ingin mencoba langsung, kamu bisa berkunjung ke Jl. Kebon Sirih No. 77, Jakarta Pusat selama pkl 08.00-23.00 WIB.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below