Gagal WFH, Ini Cara Melindungi Diri Di Transportasi Umum


  • Gagal WFH, Ini Cara Melindungi Diri Di Transportasi Umum
    Tak semua orang mendapatkan kelonggaran untuk bekerja dari rumah. Jika kamu salah satunya, lindungi diri di transportasi umum dengan ini. (Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Sebagian besar pekerja kantoran sudah mulai bekerja dari rumah. Tentu ini akan memberikan dampak signifikan dalam penyebaran virus corona atau Covid-19. 


    Tapi, bagaimana kalau ternyata kamu masih harus ke kantor? Apalagi kamu masih harus menggunakan transportasi umum. Tak usah khawatir tapi tetap waspada, mengingat virus corona dan beberapa virus lainnya bisa dengan mudah menular lewat dahak atau bersin (droplet) berjarak dua meter.




    Untungnya, PT KAI juga sudah membersihkan gerbong-gerbong commuter line agar para karyawan yang belum bisa bekerja dari rumah, seperti kamu, bisa tetap melaksanakan kewajiban dengan aman. Berikut ini cara melindungi diri agar tidak tertular penyakit ketika naik transportasi umum.




    (Cara melindungi diri di transportasi umum. Foto: Dok. Giphy)

    1. Hindari memainkan handphone

    Sebaiknya kamu tidak menggunakan handphone saat naik transportasi umum. Bukan hanya ini jadi bikin kamu susah melindungi diri dari virus dan bakteri, kamu juga akan menarik perhatian orang jahat seperti pencopet. Biasakan untuk menyimpan handphone di tempat yang sulit kamu jangkau, misalnya di dalam tas. Nah, sesampainya di rumah, jangan lupa bersihkan handphone menggunakan lap dan sanitizer atau alkohol.



    2. Berusaha untuk tidak memegang wajah

    Mulut, mata, dan hidung adalah pintu masuk berbagai jenis penyakit menular. Saat tangan kotor memegang bagian wajah, virus yang menempel bisa tanpa sengaja masuk ke tubuh. Sebaiknya, hindari memegang wajah ketika tangan belum benar-benar bersih, apalagi kalau harus memegang di transportasi umum.




    (Cara melindungi diri di transportasi umum. Foto: Dok. Giphy)

    3. Berlindung dari batuk dan bersin

    Jaga jarak dengan penumpang lain, khususnya mereka yang memang terlihat jelas batuk dan bersin tanpa menggunakan masker. Tak perlu sungkan untuk bergeser atau bahkan menegur mereka. Kalau kamu masih tak berani, kamu bisa buang muka ke arah berlawanan ketika orang tersebut menunjukkan tanda ingin batuk atau bersin.



    4. Kurangi menyentuh tiang, pegangan, pintu, dan kursi

    Memang sih, setiap hari pemerintah memberikan kewajiban untuk membersihkan seluruh transportasi publik, tapi jangan ambil risiko. Segera kurangi kebiasaan menyentuh tiang, pegangan, pintu, dan kursi. Jika kamu memang tak sengaja memegangnya, segera bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Lebih baik, cuci tangan menggunakan air dan sabun di toilet.



    5. Tidak makan dan minum

    Beberapa transportasi umum memang sudah melarang untuk makan dan minum. Namun kadang masih ada orang yang 'bandel' dan tidak memedulikan peraturan ini. Padahal, saat kamu makan dan minum, ada kemungkinan besar kamu menyentuh mulut menggunakan tangan yang kotor.




    (Cara melindungi diri di transportasi umum. Foto: Dok. Giphy)

    6. Langsung cuci tangan

    Cara terbaik untuk menghilangkan virus dan bakteri adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%. Cegah kulit kering akibat keseringan cuci tangan dengan pelembap.



    7. Membersihkan barang bawaan

    Mungkin kamu terlihat berlebihan tapi untuk saat ini, berlebihan adalah hal baik. Kalau kamu membawa tas atau barang bawaan saat naik transportasi umum, hindari meletakkannya di lantai atau permukaan yang terlihat kotor. Usai turun, segera bersihkan menggunakan alcohol swab atau mencucinya.


    Itulah 7 cara melindungi diri agar tidak tertular penyakit ketika naik transportasi umum jika kamu tidak bisa bekerja dari rumah. Selain itu, pastikan untuk melindungi tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below