Inilah 6 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan


  • Inilah 6 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan
    Ketahui beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan. (Foto: Dok. Chinh Le Duc on Unsplash)

    Kunyit atau kunir merupakan tanaman rempah yang mengandung senyawa kimia berwarna kuning atau curcumin, yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kamu mungkin mengenal kunyit sebagai salah satu bumbu dapur untuk memperkaya rasa masakan, tetapi ternyata kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari laman Healthline, inilah lima manfaat kunyit untuk kesehatan. 


    1. Mengobati peradangan




    Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk mengobati peradangan. Peradangan yang terjadi dalam waktu yang lama dan kronis akan berdampak buruk untuk kesehatan. Meskipun demikian, terkadang tubuh membutuhkan sedikit peradangan saat melawan bakteri-bakteri jahat. Tanpa peradangan, patogen seperti bakteri dapat dengan mudah mengambil alih tubuh. Dalam hal ini, kurkumin berguna untuk menekan banyak molekul yang berkontribusi besar dalam peradangan.


    2. Mengurangi risiko penyakit jantung


    Menurut penelitian, penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Kunyit bermanfaat untuk meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah. Diketahui bahwa disfungsi endotel adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmampuan endotelium untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya. 


    3. Membantu penderita Alzheimer


    Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia dan merupakan faktor utama demensia. Sayangnya, belum ada pengobatan yang mampu menyembuhkan penderita alzheimer. Perlu diketahui, mengonsumsi kunyit tidak dapat menyembuhkan penyakit secara keseluruhan, tetapi setidaknya dapat menghambat pertumbuhan beta-amyloid yaitu protein abnormal yang berkembang di otak sang penderita.


    4. Meminimalisir gejala penyakit kanker


    Curcumin dipercaya sebagai ramuan yang bermanfaat untuk meminimalisir gejala penyakit kanker. Karena menurut penelitian, curcumin dapat memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran kanker bahkan dapat berkontribusi pada kematian sel kanker. 


    5. Mencegah atau mengobati diabetes


    Curcumin dapat membantu melawan peradangan dan menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga dapat mencegah atau mengobati diabetes tipe 2.


    6. Meringankan sakit haid


    Berdasarkan sebuah penelitian, suplemen yang mengandung curcumin bisa membantu meringankan sakit haid atau premenstrual syndrome (PMS). Kandungan curcumin pada kunyit memiliki efek pereda sakit alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.


    Itulah enam manfaat kunyit untuk kesehatan. Apakah kamu mulai tertarik mengonsumsi kunyit untuk menjaga kesehatan?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below