Mare Nostrum: Sajikan Cita Rasa Kelas Dunia [Editor's Pick]


  • Mare Nostrum: Sajikan Cita Rasa Kelas Dunia [Editor's Pick]
    Rasakan hidangan kreasi Michelin Star Chef yang luar biasa lezat di tengah kota Jakarta (Foto: Dok. Mare Nostrum)

    Skena casual dining di ibu kota kian marak. Ragam cita rasa tumpah ruah tiap harinya sehingga banyak makanan baru layak jajal. Mulai dari sajian Barat, Asia Tenggara, sampai Timur Tengah, semua tersedia. Bukan Jakarta namanya jika tak menyediakan segala rupa, termasuk juga masakan Mediterania.


    Beruntunglah her world sebab beberapa waktu lalu kami berkesempatan mendatangi salah satu restoran baru yang ada di tengah kota. Mare Nostrum namanya. Terletak di lantai 18 Grand Sahid Jaya Hotel, restoran yang mengedepankan cita rasa Mediterania ini punya banyak hal menjanjikan yang bisa jadi pertimbangan.




    Mulai dari deretan chef yang ada di balik tiap menu, desain restoran yang menawan, hingga rasa unik yang luar biasa enak, semua tergabung jadi satu kesatuan positif yang membawa Mediteranian foods to another level. Apalagi di Jakarta belum banyak ditemukan rumah makan khas Laut Tengah.



    (Bagian bar yang menyediakan ragam minuman. Foto: Dok. Mare Nostrum Jakarta)


    Lokasi yang strategis

    Bertempat di pusat kota, Mare Nostrum yang punya arti 'Laut Kita' ini sengaja memilih Grand Sahid Jaya sebagai tempat membuka usahanya karena dirasa mudah terjangkau oleh publik. Dekat dari area perkantoran, keramaian, dan jadi satu dengan gedung penginapan legendaris, nampaknya jadi satu keputusan tepat untuk mengenalkan masakan Mediterania kelas dunia ke masyarakat perkotaan.

    Tak hanya itu, tempat yang luas juga jadi keputusan kedua. "Saat memilih lokasi, hal pertama yang saya pikirkan adalah kapasitas ruangan. Area harus sangat lapang karena kami ingin restoran kami bisa menampung semuanya mulai dari dapur yang super besar, freezer room (bersuhu minimal -5 derajat celcius), ruang pendingin, bar, live music, hingga seluruh pengunjung yang datang untuk makan. Semua kami pikirkan sehingga kualitas bahan makanan bisa terjaga dengan keberadaan stock room yang memadai dan sesuai standar," ujar Marc Mallolas, pemilik restoran.



    (Lounge super colorful dan nyaman. Foto: Dok. her world)


    Namun jangan salah sangka, sebab restoran ini bukan bagian dari Grand Sahid Jaya, ya. Melainkan hanya menggunakan lantai teratasnya saja.


    Desain dan interior yang elegan

    Jika kamu merupakan penyuka warna pastel, maka jelas kamu akan jatuh cinta dengan tempat ini. Punya kesatupaduan warna merah muda lembut, keemasan, biru, dan juga putih sendu, Mare Nostrum jadi sangat cantik untuk disambangi. Pilihan warna yang manis dan menenangkan akan membuat siapa saja merasa nyaman berada di dalamnya. Interiornya pun unik. Mengusung tema modern, kontemporer, namun classy, kamu pasti tak hanya mengaguminya selama menyantap hidangan yang nikmat tapi juga tentu ingin mengabadikannya lewat kamera.


    Lalu, karena letaknya yang tinggi, maka pemandangan ke luar jendela juga indah. Jika siang, ramainya kendaraan yang berlalu lalang dan gedung-gedung pencakar langit yang ada di sekitar bisa terlihat dengan jelas. Menyenangkan sekali. Apalagi jika malam. City light yang ada di sekitar Jl. Jend. Sudirman pun menghiasi momen makan malammu.



    (Ruangan super cantik bernuansa pastel. Foto: Dok. her world)


    Diprakarsai chef berbintang Michelin

    Sebelum terjun ke bisnis kuliner, tiga chef luar biasa bernama Mateu Casañas, Eduard Xatruch, dan Oriol Castro dipertemukan di dapur restoran El Bulli kota Spanyol. Saat ketiganya merasa cocok dalam bekerjasama, khususnya dalam urusan masak memasak, akhirnya mereka pun memberanikan diri untuk membuka restoran pertamanya yaitu Compartir Cadaques di Riera de Sant Vicenç, Girona, Spanyol.


    Sembari belajar dalam mengelola bisnis kuliner ke taraf yang lebih serius, jebolan El Bulli peraih 3 michelin star yang diakui dunia ini pun sukses melejitkan keriernya melalui menu-menu yang kerap menuai pujian. Tak puas sampai di situ, mereka pun akhirnya buka restoran keduanya di Barcelona yang diberi nama Disfrutar. Di sinilah karier mereka mulai melonjak.


    Di bawah arahan Mateu, Eduard, dan Oriol, Disfrutar pun sukses meraih 2 bintang Michelin, masuk peringkat ke-9 dari 50 restoran terbaik di dunia versi tahun 2019, best restaurant in Barcelona for the year 2016, 2017, 2018, and 2019, hingga mendapat special recognition pada 2018 National Gastronomy Awards of the Spanish Royal Academy of Gastronomy. Tak hanya itu, mereka juga mendapat Top 5 of the Best Chef in the World pada tahun 2019. Jelas bukan pencapaian yang terhitung biasa-biasa saja apalagi tarafnya sudah kelas dunia. 



    (Michelin Star Chef di balik pembuatan menu-menu lezat Mare Nostrum. Foto: Dok. her world)


    Nah, memahami hal ini, akhirnya mereka bertiga mulai berani melebarkan sayap sampai ke luar Spanyol. Jakarta pun jadi kota yang dirasa tepat untuk mebuka restoran ketiga yaitu Mare Nostrum. Punya deret menu gastronomi khas Spanyol yang dikreasi khusus untuk lidah Indonesia, mereka berharap restoran ini bisa jadi salah satu destinasi kuliner kasual yang dicintai para foodie.


    Menghadirkan menu-menu tak biasa yang jarang kita temui di tempat lain, kita bak diajak berpetualang mengarungi palet-palet rasa yang menyenangkan. Asam, manis, asin, creamy, pahit, dan lain sebagainya, semua tersaji indah dalam piring-piring saji di hadapan. Sangat enak dan mengejutkan dalam waktu bersamaan.


    Punya sederet menu menarik

    Bagi yang baru pertama ke sini, mungkin satu menu terlihat mahal. Yaitu mulai dari harga Rp 90.000 - 420.000/porsi. Tapi, karena konsep restoran ini adalah sharing foods, maka sebenarnya tak terlalu overpriced karena tiap porsi adalah untuk berbagi.


    Di sini, her world sarankan kamu untuk coba Strawberry Salad, Tomato, Parmesan and Basil salad, Braised Beef Cheek with Polenta and Parmesan, Vitello Tonnato, Vegetable Rice with Pesto and Burrata, dan Liquid Chocolate Bonbons with Blackcurrant Sorbet. Kenapa? Karena semua ini teramat sangat enak! 



    (Sang bintang, Vitello Tonnato! Foto: Dok. her world)


    Merupakan kombinasi dari strawberry lokal besar nan manis dengan tomat segar, krim, Parmesan dan juga Basil Pesto, makanan pembuka ini amat menggembirakan saat masuk ke dalam mulut. Seluruh ledakan rasa asam, manis, dan getirnya keju bak menyatu dengan hint basil pesto yang begitu khas. Wangi, creamy, dan lezat. Membuat siapa pun tak bisa berhenti menyendoknya lagi dan lagi.


    Lalu, Vitello Tonnato, Braised Beef Cheek with Polenta and Parmesan, dan Vegetable Rice with Pesto and Burrata pun hadir sebagai juaranya. Sebuah sajian yang tak hanya elegan tapi juga penuh kejutan ini berhasil membuat kami jatuh hati. Cita rasa baru yang belum pernah kami rasakan akhirnya hadir di sini. Dimasak langsung di bawah arahan para michelin-star chef, makanan-makanan ini harus dimakan dengan suka cita sehingga segalanya terasa saling melengkapi. 



    (Braised Beef Cheek with Polenta and Parmesan yang lembut dan sangat memorable. Foto: Dok. her world)



    (Vegetable paella. Foto: Dok. her world)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below