3 Cara Ampuh Mengecilkan Pori-Pori Yang Tampak Besar!


  • 3 Cara Ampuh Mengecilkan Pori-Pori Yang Tampak Besar!
    Ikuti 3 cara ampuh mengecilkan pori-pori ini. Selamat mencoba! (Foto: Dok. Kitthanes/Freepik)

    Sebagaimana diketahui, kalau kotoran, minyak, debu, dan sisa riasan wajah yang mengendap secara terus menerus di dalam pori-pori wajah dapat membuat pori-pori tampak lebih besar. Selain itu, kelebihan produksi minyak pada wajah menjadi penyebab lain pori-pori terlihat lebih besar. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu penampilan. Namun kamu tidak perlu khawatir, dirangkum dari berbagai sumber berikut ini tiga cara ampuh untuk mengecilkan pori-pori yang bisa kamu lakukan agar wajah tampak lebih halus. 


    1. Eksfoliasi




    Saat kamu melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati dan kotoran yang mengendap di dalam pori-pori akan terangkat. Kotoran-kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori akan membuat ukuran pori-pori terlihat lebih besar. Oleh karena itu, lakukan eksfoliasi dua kali seminggu untuk mendapatkan kulit halus dan bersih.


    Bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya gunakan chemical peeling yang mengandung Beta Hydroxy Acid (BHA), karena mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih. Sementara untuk pemilik kulit kering, dianjurkan untuk menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA). 


    2. Gunakan produk yang tepat


    Selain rutin melakukan eksfoliasi, kunci untuk merawat pori-pori agar tampak mengecil adalah dengan menggunakan produk perawatan yang tepat. Pilihlah produk perawatan wajah seperti toner atau serum yang dapat membantu mengurangi ukuran pori-pori dan meminimalisir tampilannya. 

     

    3. Bilas wajah dengan air dingin


    Perlu kamu ketahui, air panas dapat membuka pori-pori wajah sehingga bakteri, kotoran dan debu dapat masuk ke kulit kamu. Inilah yang membuat pori-pori tampak lebih besar. Oleh karena itu, selalu bilas wajah kamu dengan air dingin atau air suam-suam kuku untuk membuat pori-pori tampak lebih kecil. 


    4. Mengontrol produksi minyak


    Minyak adalah salah satu komponen yang dapat ikut mengendap bersama kotoran dan debu, yang menjadi penyebab pori-pori terlihat lebih besar. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan produk yang memiliki kandungan clay atau charcoal, karena dapat menarik minyak, kotoran, debu, dan bakteri. Kamu dapat menemukan dua bahan ini dalam produk masker wajah dan pastikan kamu menyesuaikan penggunaannya dengan jenis kulit kamu. 


    Semoga bermanfaat!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below