Pagelaran Busana Tematik Yang Peduli Lingkungan


  • Pagelaran Busana Tematik Yang Peduli Lingkungan
    Peragaan busana koleksi Ivan Gunawan di 'Fashion Rhapsody'. (Foto: Dok. Fashion Rhapsody)


    Pagelaran busana 'Fashion Rhapsody' kembali diadakan tahun ini. Berbeda dengan pagelaran busana lainnya, 'Fashion Rhapsody' dikhususkan untuk menampilkan kreasi yang peduli terhadap lingkungan. Empat perancang mode yang menjadi penggagas acara ini adalah Ariy Arka, Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanagara, dan Yulia Fandy.

    Keempat desainer tersebut telah dua kali mempresentasikan karya yang mewakili suara peduli mereka terhadap alam, lingkungan, dan manusia, melalui pre-event dan soft launching. Melalui kedua acara tersebut, mereka juga sembari mengajak perancang busana lainnya untuk turut berpartisipasi.



    Bertajuk 'Harmoni Bumi', acara tersebut diadakan pada 26-29 Februari 2020 di The Tribrata, Jakarta. Ada lebih dari seribu set busana hasil karya berbagai desainer yang ditampung di sini. Setiap karya tersebut tentunya juga memiliki visi dan misi yang sejalan dengan keempat pendiri 'Fashion Rhapsody'.

    Uniknya, peragaan busana memiliki tema tersendiri setiap harinya, yaitu 'Savana', 'Silk Lagoon', 'Secret Forest', dan 'Wysteria'. Tiap desainer yang menampilkan koleksinya pun bebas menginterpretasikan tema ke dalam karyanya masing-masing.



    Tema 'Savana' diangkat untuk mengumpamakan wilayah datar terbuka yang didominasi oleh padang rumput. Karya yang ditampilkan merepresentasikan awal-awal ketika tanah masih kosong yang tak ditanami apapun.

    Tema 'Silk Lagoon' diibaratkan sebagai ketika pada rumput mulai ditumbuhi dengan berbagai tanaman. Segalanya bertumbuh dengan cepat. Keragaman karya merepresentasikan padang rumput yang mulai dihuni tumbuhan dan mahluk hidup.

    Tema 'Secret Forest' merupakan penerjamahan yang menggambarkan saat Bumi mulai kelelahan dengan eksploitasi dan campur tangan manusia yang cenderung merusak dan mengakibatkan semakin sedikit lahan hidup yang tersisa. 



    Sedangkan tema 'Wysteria' diambil untuk menceritakan tentang keadaan alam yang mulai bersemi kembali setelah manusia berhasil melewati masa kelam dan sulit. Hidup baru telah dimulai kembali dan tunas tumbuh menjadi harapan baru.

    Para tamu yang hadir akan langsung disambut dengan suasana alami begitu memasuki lokasi acara. Terdapat berbagai gerai pameran, termasuk mereka yang menawarkan produk busana dari bahan daur ulang. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below