Life & health

Yang Harus Kamu Ketahui Saat Mendekorasi Rumah

By : Kiki Riama Priskila - 2020-02-21 12:55:00 Yang Harus Kamu Ketahui Saat Mendekorasi Rumah

Salah satu hal yang paling dinantikan setelah pindah ke rumah baru adalah dekorasi. Mendekorasi rumah bisa dibilang susah-susah gampang. Salah satu tantangannya adalah bagaimana rumah terlihat cantik dan nyaman tanpa harus menjebol dompet. Nah, berikut ini adalah beberapa perencanaan yang kamu harus pikirkan lebih matang sebelum mulai mendekor.


Buat anggaran

Tentukan jumlah pengeluaran yang bisa dialokasikan untuk menyelesaikan proses dekorasi. Kira-kira seberapa banyak dana yang kamu butuhkan? Tentu ini adalah hal krusial yang harus dilakukan sejak awal, daripada nanti kamu menyesal karena terlanjur menghabiskan uang yang tak semestinya.


Memanfaatkan ruang

Tidak semua sudut ruang harus dilengkapi dekorasi yang berlebihan. Maksimalkan area dengan trik tertentu, misalnya menambah kaca atau cukup hias dengan lampu-lampu serta lukisan cantik. Terlalu banyak perabotan atau dekorasi kurang penting hanya akan mempersempit ruang gerakmu dan tentunya bikin kamu lebih boros.


Gunakan denah

Kalau kamu tak punya denah rumah seperti blueprint, tak masalah. Kamu bisa mengira-ngiranya sendiri. Cukup ukur panjang dan lebar dari setiap ruangan, lalu gambar di selembar kertas. Gunakan penggaris demi hasil yang lebih presisi. Denah ini bisa jadi acuanmu saat mendesain sebuah ruangan. Tentu kamu tak ingin sofa yang sudah dibeli ternyata lebih besar dari dugaan dan malah tidak muat di ruang keluarga.


Sesuaikan dengan kepribadian

Dekorasi yang baik tentunya yang mampu merefleksikan gaya pribadimu. Cari tahu dulu pribadi seperti apa yang ingin dituangkan pada dekorasi rumah, sehingga kegiatanmu nanti akan terasa lebih nyaman. Ingat, pilih gaya yang memang kamu suka, bukan hanya karena sekadar tren.


Itu tadi beberapa perencanaan yang harus kamu pikirkan secara matang saat hendak mendekorasi rumah. Selamat mencoba!

Life & health