Community Store Pertama Starbucks Buka di Tanah Abang


  • Community Store Pertama Starbucks Buka di Tanah Abang
    Sebagai Community Store pertama Starbucks di Indonesia, daerah 'bronx' Tanah Abang dirasa cocok untuk jadi pembukanya (Foto: Dok. her world)

    Sebagai salah satu gerai kopi paling laris di dunia, Starbucks yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2002 ini tampak makin giat dalam menelurkan konsep-konsep unik dan bermakna bagi masyarakat. Tak lagi hanya dijalankan untuk keperluan bisnis semata di area perkantoran dan pusat-pusat perbelanjaan mewah, kini mereka justru muncul di tengah riuhnya Pasar Tanah Abang yang tak terkalahkan. Ya, Di dalam komplek rumah toko (ruko), Kampung Bali, yang penuh dengan sederet penjual stiker motor, kios pedagang kemasan plastik, toko onderdil kendaraan, dan lain sebagainya.


    Puluhan mobil pengangkut dagangan juga turut keluar masuk area disertai dengan banyaknya kuli panggul yang berlalu-lalang. Sampah berserakan di mana-mana pun nampaknya cukup jadi penanda bahwa, yes, inilah Tanah Abang dengan segala karakternya yang begitu bold. Pertanyaannya, kenapa Starbucks bisa ada di sini? Kenapa mereka membuka community store pertama di Indonesia justru di tempat yang super padat? 




    Pemberdayaan masyarakat

    Well, sama halnya seperti di Amerika Serikat, Starbucks Community Store ternyata memang selalu hadir di lingkungan yang unik. Butuh waktu sepuluh tahun untuk mendapatkan tempat ini. Lahan yang dekat dengan masyarakat dan punya nilai engagement tinggi terhadap pusat komunitas bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan dan dirasa pas. Oleh sebab itu, begitu tempat ini disetujui, Starbucks Indonesia langsung menggandeng 2 LSM setempat yaitu Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan Indonesian Street Children Organization (ISCO) untuk membantu anak-anak di Tanah Abang memperoleh edukasi dan ragam kesempatan supaya bisa punya masa depan yang lebih baik.



    (Pembukaan Starbucks Community Store Tanah Abang. Foto: Dok. her world)


    Tak hanya itu, misi Starbucks Community Store di US sendiri juga adalah untuk mendedikasikan usahanya dalam memberi peluang peningkatan ekonomi di masyarakat termasuk di area-area tengah kota yang seringkali dinomorduakan dan kurang terlayani. Inilah kemudian yang menjadikan gerai ini dijalani oleh seluruh barista yang merupakan penduduk asli Tanah Abang. "Kami sangat bangga jika nantinya kami bisa benar-benar berhasil membantu mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi para pemuda sekitar, khususnya anak-anak di daerah ini", ujar Dian Novita Elfrida, Ketua Yayasan Komunitas Sahabat Anak. 


    Gerai yang Menarik

    Bukan cuma konsep dan tujuan mulia Starbucks Indonesia yang patut diapresiasi, tapi bangunan Community Store Tanah Abang ini juga layak dinikmati. Bentuknya yang mungil yaitu hanya seluas kurang lebih 250 meter persegi, memiliki empat lantai di mana lantai paling atas bisa digunakan untuk membuat workshop hingga pengembangan diri anak-anak yang nantinya akan berguna. 



    (Lantai tiga yang nyaman dan bikin lupa kalau kamu lagi ada di Tanah Abang. Foto: Dok. her world)


    Interiornya pun manis. Mengusung konsep desain modern minimalis yang khas, bangunan ini jadi tampak berbeda dari gerai-gerai Starbucks kebanyakan karena bentuknya yang lebih mirip apartemen kecil nan cozy di mana tiap lantainya punya aura yang berbeda.


    Lantai pertama dengan nuansa lobi di mana tak ada tempat duduk yang tersedia, lantai kedua dengan coffee shop atmosphere yang kental di mana para barista sibuk bekerja saat kita memesan makanan dan minuman, lantai tiga dengan area duduk nan luas di mana terbagi menjadi dua spasial yaitu outdoor dan indoor, serta lantai empat yang tampak seperti teater kecil  nan apik. Semua punya feel-nya sendiri yang akan membuatmu lupa kalau sedang berada di tengah hectic-nya Pasar Tanah Abang. 



    (Pemandangan ke lantai dua. Foto: Dok. her world)


    Hmmm, dengar-dengar tadi sepertinya mereka malah tertarik untuk mengarahkan gerai kedua ke wilayah Tanjung Priuk. Jika benar adanya, hal ini pasti akan sangat luar biasa!


    Makanan khas Betawi

    Interior ciamik, konsepnya membuat hanti terjentik, makanan dan minumannya pun tak kalah eksentrik! Apa yang membuat Community Store Tanah Abang ini menarik lagi sebenarnya adalah pilihan menu mereka yang khusus dibuat untuk gerai ini. Terinspirasi dari kuliner Betawi, kamu bisa memesan Sarang Semut Cheese Cake, Selendang Mayang Pudding, Gambang Cake, dan Betawi Latte spesial yang tak bakal kamu temukan di Starbucks lain.



    (Sarang Semut Cheese Cake yang manis dan punya cita rasa autentik! Foto: Dok. her world)


    Mengejutkannya lagi, semua punya rasa yang persis sama dengan makanan aslinya yang sering kita temukan di pasar. Sarang semut dengan lapisan krim keju bakar, puding Selendang Mayang yang manis, dan Gambang Cake nan lembut dan menyenangkan untuk disantap, masing-masing diciptakan berdasarkan cita rasa lokal namun dengan twist yang tak berlebihan.



    (Yang bikin ketagihan apalagi kalau dimakan siang-siang saat matahari sedang terik. Foto: Dok. her world)


    Tapi, buat Her World yang paling menarik dari semuanya adalah Betawi Latte atau Bir Pletok! Minuman dingin yang terbuat dari kombinasi kopi, jahe, pala, cengkeh, dan susu ini betul-betul akan membuatmu KAGET saat pertama kali meneguknya. Rasa rempah yang intens dan sangat kuat bak langsung merebak ke sela-sela hidung dan tenggorokan sehingga bisa menghangatkan tubuh. Dijual dengan harga Rp 29.000, minuman ini hanya tersedia dalam ukuran Tall. Sepak terjang ini amat brilian. Memasukkan cita rasa tradisional ke dalam komuntias besar yang begitu vibran dan kental dengan kulturnya yang mengakar adalah sebuah keberanian yang patut diacungi jempol. 



    (Rasa yang bikin syok. Cobain deh kalau berani. Foto: Dok. her world)


    Sampai di sini, kamu pasti jadi makin penasaran, kan? Makanya, yuk, main ke sini. Siapa tahu bisa ketemu adik-adik yang sedang workshop, lho. Terus makan Gambang Cake sambil minum Betawi Latte di dalam kedai kopi kelas dunia, kapan lagi dan di mana lagi kalau bukan di sini?


    Untuk lebih jelasnya, berikut alamat Starbucks Community Store Tanah Abang: Jl. Fachrudin No No.Blok B/1, Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below