Kreasi Kontemporer Purana Dari Motif Khas Indonesia


  • Kreasi Kontemporer Purana Dari Motif Khas Indonesia
    Hijau daun, biru langit dan air, cerahnya sinar matahari, dan kekayaan flora, menjadi inspirasi nyata koleksi spring summer 2020 Purana. (Foto: Dok. Purana)

    Dikenal dengan kreasi busana yang multi-styling, highlight dari koleksi Purana untuk spring summer 2020 ini adalah lounge set. “Sekarang ini para traveler senang memakai lounge set misalnya untuk long-haul flight, dan gaya ini juga ramah bagi mereka yang berhijab,” Direktur Kreatif Purana, Nonita Respati, menjelaskan.


    Lounge set dapat digambarkan sebagai setelan kemeja dan celana panjang longgar bermotif sama. Keistimewaan lounge set Purana musim ini adalah motifnya yang didesain khusus oleh duo seniman asal Yogyakarta, Putud Utama dan Rara Kuastra yang tergabung dalam Tempa. “Jadi dari karya seni dan desain Tempa yang sudah ada, kami membuat modifikasi supaya bisa diaplikasikan di baju. Saya minta mereka untuk mengambil inspirasi dari flora dan fauna yang khas Indonesia,” tutur Nonita.




    (Lounge set motif siang. Foto: Dok. Purana)


    Purana dan Tempa mengangkat keindahan vegetasi Indonesia, dibubuhi keindahan kearifan lokal ‘teko blirik’ yang jenaka. Pada karya ini, Tempa ingin membagi kisah tentang sebuah keseimbangan, antara makhluk hidup dan semesta. Motif siang (berlatar putih) berkisah tentang setiap terbit matahari, suara seduhan air yang dituangkan ke gelas, kicauan dan tarian burung di udara. Motif malam (dengan dasar hitam) menyampaikan sebuah keseimbangan untuk mengistirahatkan pikiran. “Hadirnya bulan dan bintang adalah keheningan untuk merelakan datang dan perginya sesuatu,” papar Rara Kuastra dan Putud Utama, duo seniman Tempa asal Yogyakarta, atas ide di balik motif kolaborasi PURANA X Tempa.


    (Lounge set motif malam. Foto: Dok. Purana)


    Bagi Nonita, PURANA adalah wearable art. PURANA selalu membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan seniman dan pengrajin kain lokal yang membuat tenun, batik, dan jumputan dengan tangan.


    Sequence lounge set dengan kolaborasi bersama Tempa ini dapat disebut sebagai elemen “kejutan” dalam koleksi spring summer 2020 Purana. Selain lounge set, koleksi lainnya meliputi outerwear, dress, dan top yang terinspirasi dari bentuk puzzle, serta key items berupa black and white top dengan aksen kimono. Ada pula black and white dress fungsional bagi penyuka gaya simpel dengan twist yang proporsional.


    (Top motif puzzle dengan bahan yang flowy. Foto: Dok. Purana)


    Beberapa material yang digunakan untuk koleksi terkini ini antara lain fine cotton, breathable denim, hingga Cupro keluaran label Bemberg dari Jepang. Cupro, salah satu andalan PURANA, adalah serat selulosa regenerasi serat-serat pendek yang menempel pada biji kapas, yang ketika ditarik filamennya, menjadi berkilau seperti sutra. Material ini lembut, sejuk, namun juga cukup hangat ketika dikenakan di udara dingin.


    (Kombinasi jumpsuit dan outerwear yang eklektik. Foto: Dok. Purana)


    Peragaan busana Purana spring summer 2020 juga dilengkapi dengan perhiasan dari Amero Jewellery yang memiliki inovasi dalam hal durability dan kenyamanan. AMERO turut memperkenalkan produk andalannya, yakni “Fillo”. Saat ini PURANA dan AMERO Jewellery juga tengah sedang mempersiapkan 10 set koleksi yang akan ditampilkan pada “Fashion Division Paris Fashion Show spring summer 2021”, 27 September 2020 mendatang.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below