Ketahui Perbedaan Waxing Dan Laser Hair Removal


  • Ketahui Perbedaan Waxing Dan Laser Hair Removal
    Biar tidak salah, ketahui perbedaan waxing dan laser hair removal. (Foto: Dok. Tashahorse1984/Freepik)

    Timbulnya rambut atau bulu halus di bagian tubuh tertentu tentu dapat mengganggu penampilan. Namun saat ini, kamu dapat melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan rambut halus pada tubuh, seperti waxing atau laser hair removal. Kedua cara ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Simak perbedaan dari kedua metode bercukur tersebut. 


    Waxing




    (Ilustrasi waxing. Foto: Dok. Rawpixel/Freepik)


    Salah satu metode menghilangkan rambut atau bulu halus yang paling umum adalah dengan waxing. Waxing adalah metode menghilangkan rambut dengan mengoleskan lilin cair (wax) pada area tubuh yang ingin dihilangkan rambut-rambut halusnya. Lalu tempelkan strip waxing dan cabut strip ke arah berlawanan dengan tumbuhnya rambut. Pijat area tubuh sesegera mungkin setelah kamu mencabut strip waxing, ini akan membantu meredakan rasa sakit. Terakhir, oleskan gel lidah buaya untuk meredakan iritasi. 


    Namun sayangnya, cara waxing tidak membuat rambut tercabut hingga ke akar, alhasil setelah beberapa minggu rambut-rambut halus akan muncul kembali dan kamu harus mengulang kembali cara ini. 


    Laser Hair Removal


    (Ilustrasi laser hair removal. Foto: Dok. Freepik)


    Laser hair removal adalah cara menghilangkan rambut halus pada tubuh dengan mengoleskan gel anestesi pada bagian tubuh yang ingin dihilangkan rambut halusnya. Sebelum mengoleskan gel anestesi, pastikan bagian tubuh tersebut bersih, kemudian sinari laser selama beberapa saat. Sinar laser ini akan mengangkat pigmen yang berada pada folikel dan menyebabkan akar rambut rusak. Kondisi semacam ini akan merontokkan rambut halus sekaligus menghentikan pertumbuhannya. Apakah sinar laser berbahaya untuk kulit? Kamu tidak perlu khawatir, karena sinar laser tidak akan merusak jaringan kulit pada bagian tubuh yang disinarinya. 


    Sama halnya dengan waxing, laser hair removal juga tidak akan menghilangkan rambut halus pada tubuh secara permanen. Cara ini hanya akan menghentikan pertumbuhan rambut halus dalam jangka waktu tertentu, bisa dalam hitungan bulan atau tahun. Tetapi, ketika rambut halus mulai tumbuh kembali, jumlahnya akan cenderung berkurang. 


    Jika kamu ingin menghilangkan rambut halus dengan laser hair removal, kamu perlu melakukan tindakan setidaknya 6-9 kali, tergantung sebanyak apa bagian tubuh yang ingin dihilangkan rambut halusnya. Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk sekali tindakan. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below