Food & travel

Mengenal 5 Jenis Cokelat Yang Patut Kamu Ketahui

By : Fariza Rahmadinna - 2020-02-14 15:17:00 Mengenal 5 Jenis Cokelat Yang Patut Kamu Ketahui

Valentine’s day is all about celebrating love and chocolate! Cokelat merupakan salah satu bahan makanan yang berasal dari biji kakao yang telah melalui serangkaian proses yang panjang. Cokelat memiliki berbagai varian rasa dan bentuk, membuatnya menjadi makanan yang paling digemari oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Namun, tidak sedikit orang yang merasa bingung membedakan jenis-jenis cokelat yang tersedia. Oleh karena itu, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini lima jenis cokelat yang perlu kamu ketahui. 


1. Milk Chocolate


Cokelat susu atau milk chocolate adalah jenis cokelat yang hanya mengandung 10-40 persen kakao yang ditambah dengan susu, gula dan perasa. Ini yang membuat milk chocolate memiliki rasa yang lebih manis dan lembut.


2. Semi-sweet Chocolate


Jenis cokelat ini merupakan cokelat yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun digunakan sebagai bahan pembuatan kue. Semi-sweet Chocolate mengandung sekitar 60 persen kakao dan 40 persen gula. 


3. Cokelat Putih


Cokelat putih tidak mengandung kakao dan hanya terbuat dari lemak cokelat, cocoa butter, gula, dan sedikit perasa sebagai penambah rasa. Oleh karena itu, jenis cokelat ini tidak memiliki warna coklat. 


4. Unsweetened Chocolate


Cokelat tanpa pemanis (unsweetened chocolate) terbuat dari 100 persen kakao tanpa tambahan gula di dalamnya, yang dicampur dengan cocoa butter. Unsweetened chocolate memiliki rasa yang pahit sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi secara langsung dan lebih sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue. 


5. Dark Chocolate


Jenis cokelat ini memiliki warna hitam pekat dan mengandung lebih dari 70 persen kakao. Dark chocolate dapat dikonsumsi secara langsung maupun sebagai bahan pembuatan minuman dan makanan. Selain itu, dark chocolate juga dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama psikis. 


Itulah lima jenis cokelat yang perlu kamu ketahui. Happy Valentine's Day!

Food & travel