Inilah Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar!


  • Inilah Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar!
    Begini urutan pemakaian skincare yang benar. Apakah selama ini kamu sudah benar mengaplikasikan skincare? (Foto: Dok. Senivpetro/Freepik

    Menjalankan rutinitas perawatan kulit bisa membuat beberapa orang bingung, lantaran banyaknya produk yang harus digunakan, ada pembersih wajah, toner, serum, ampoule, essence, pelembab, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, satu jenis produk perawatan kulit bisa memiliki beberapa bentuk, ada yang cair, krim atau gel.


    Ketika kamu salah mengaplikasikannya, produk perawatan kulit tidak akan bekerja secara efektif di kulit kamu. Maka dari itu, berikut ini kami akan menjelaskan urutan pemakaian skincare yang benar. 




    Pertama-tama, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu tiga langkah utama dan mendasar dalam rutinitas perawatan kulit, yaitu: mencuci wajah (cleansing), menyeimbangkan kulit (toning), dan melembapkan kulit (moisturizing). Tujuan dari setiap perawatan kulit adalah untuk mempertahankan warna kulit dan mengatasi masalah kulit.


    Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jarak penggunaan antara satu produk ke produk lainnya agar masing-masing produk bisa menyerap secara sempurna ke dalam kulit dan tidak tercampur dengan produk selanjutnya. Tipnya, aplikasikan produk perawatan kulit sesuai dengan konsistensinya - dari yang paling light atau cair hingga yang paling thick atau kental. 


    Langkah #1 Face wash


    Pertama-tama, mulailah dengan pembersih wajah (face wash). Jika kamu memiliki kulit yang kering, gunakan pembersih wajah yang mengandung ceramide atau oil, karena lebih menghidrasi dan lembut. Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak, pilih pembersih wajah yang mengandung glycolic acid dan salicylic acid. Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi secara rutin demi menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, satu sampai dua kali seminggu.


    Langkah #2 Toner


    Setelah wajah benar-benar bersih, lanjutkan mengaplikasikan toner. Biasanya setelah membersihkan wajah dan eksfoliasi, kulit wajahmu akan kehilangan kelembapan karena minyak alami ikut terbilas saat dibersihkan. Toner berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit, sehingga kulit kamu akan kembali lembap.


    Selain itu, toner juga dapat mengangkat sisa kotoran yang mungkin saja masih menempel di permukaan kulit. Kamu dapat menuangkan beberapa tetes toner pada telapak tangan yang sudah dibersihkan sebelumnya atau pada kapas, lalu usapkan pada wajah secara merata. 


    Langkah #3 Essence 


    Pada dasarnya, essence berfungsi untuk mempersiapkan kulit menerima produk perawatan kulit setelahnya agar mampu menyerap kandungan produk secara maksimal. Selain itu, essence juga dapat memberi serta menjaga kelembapan kulit sebelum menggunakan serum dan moisturizer. Umumnya, tekstur essence lebih cair dan ringan. Cara menggunakannya, kamu bisa menuangkan beberapa tetes essence pada telapak tangan, lalu aplikasikan ke wajah sambil ditepuk-tepuk perlahan hingga meresap. 


    Langkah #4 Serum


    Serum terdiri dari molekul-molekul kecil yang bisa masuk hingga ke lapisan kulit paling dalam, sehingga zat aktifnya dapat langsung bekerja mengatasi masalah kulit tertentu. Biasanya, serum berbentuk cairan berwarna transparan dengan tekstur yang agak kental. 


    Langkah #5 Eye Cream


    Area mata cenderung lebih tipis, sehingga perlu lebih banyak kelembapan. Fungsi eye cream di sini yaitu dapat melembapkan dan menghaluskan kulit di sekitar mata. Selain itu, produk ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di sekitar mata, seperti garis-garis halus, keriput dan lingkaran hitam. Umumnya, eye cream bertekstur ringan dan menyerap lebih cepat. Aplikasikan eye cream secukupnya di sekitar area mata dan pijat secara lembut.


    Langkah #6 Moisturizer


    Penggunaan moisturizer atau pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan di kulit. Selain pastinya melembapkan, menggunakan pelembap secara rutin juga dapat mencegah kondisi kulit ekstrim terjadi pada kulit wajah, seperti kekeringan atau terlalu berminyak. 


    Semua orang membutuhkan pelembap, tidak terkecuali bagi pemilik kulit berminyak. Tetapi jangan asal memilih tekstur pelembap, karena kamu harus menyesuaikan dengan jenis kulit kamu. Bagi pemilik kulit berminyak cenderung berjerawat, pilih pelembap yang berbahan dasar air (water based) dan bertekstur gel, karena lebih ringan dan cepat menyerap. Bagi pemilik kulit kering cenderung sensitif, pilih pelembap bertekstur krim. Karena mengandung lebih banyak minyak, sehingga akan memberi kelembapan lebih di kulit kamu. 


    Langkah #7 Sunscreen


    Sunscreen adalah produk yang tidak boleh kamu lewatkan penggunaannya! Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk memasukan sunscreen ke dalam rutinitas perawatan kulit pagi hari kamu, bahkan ketika cuaca sedang tidak terik. Penggunaan sunscreen secara rutin dapat melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UV dan polusi yang menjadi penyebab timbulnya garis-garis halus dan kerutan. Gunakan minimal SPF 30 setiap harinya dan aplikasikan sunscreen 30 menit sebelum beraktifitas di luar ruangan. Lalu aplikasikan kembali setidaknya setiap dua jam sekali. 


    Perlu diingat, kamu perlu menggunakan produk-produk tersebut dalam jangka waktu minimal enam minggu melalui penggunaan yang rutin untuk melihat hasilnya di kulit kamu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below