5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Hambat Metabolisme Tubuh


  • 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Hambat Metabolisme Tubuh
    5 Kebiasaan ini ternyata bisa hambat metabolisme tubuh. (Foto. Dok. jcomp/Freepik)

    Proses metabolisme merupakan proses kimiawi dalam tubuh yang akan berfungsi untuk menjaga keseimbangan energi. Meski berjalan terus-menerus, proses ini tidak berjalan konstan melainkan bisa terjadi secara cepat maupun lambat.

    Tentunya kondisi cepat atau lambatnya proses metabolisme dalam tubuh ini dipengaruhi oleh berbagai faktor dan ini bisa terjadi kepada siapa saja. Jika metabolisme dalam tubuh terjadi lambat, akibatnya akan terjadi penurunan cadangan makanan dan ini akan memicu kegemukan.



    Metabolisme tubuh akan berhubungan dengan berat badan seseorang. Kenapa demikian? Ini dikarenakan cepat atau lambat proses metabolisme dalam tubuh akan berpengaruh pada bertambahnya berat badan seseorang secara signifikan.

    Orang-orang yang memiliki metabolisme cepat akan mampu membakar lemak lebih banyak tanpa harus aktif berolahraga ataupun menjalani program diet ketat. Sedangkan bagi mereka yang memiliki metabolisme yang lambat akan sulit untuk menurunkan berat badan.

    Ternyata cepat atau lambatnya proses metabolisme tubuh dipengaruhi oleh beberapa kebiasaan yang jarang diketahui. Terlepas dari faktor kebugaran dan tipe tubuh, beberapa orang ingin proses metabolisme tubuh yang cepat.

    Namun sayangnya, seperti dikutip dari newbeauty.com ternyata ada beberapa kebiasaan yang akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Penasaran apa saja kebiasaan tersebut?


    1. Porsi sarapan berlebihan


    Sarapan yang berlebihan

    (Sarapan yang berlebihan. Foto: Dok. tomsdg/Unsplash)


    Sarapan merupakan hal penting dan menentukan yang harus dilakukan setiap hari, namun sayangnya ada beberapa orang yang justru mengabaikannya. Mulai tidak melakukannya, bahkan ada yang sarapan namun dengan menu yang berlebihan.

    Situs newbeauty.com menyarankan untuk menerapkan rasio menu untuk menciptakan keseimbangan, seperti 30/30/40 untuk protein, lemak, dan juga karbohidrat yang dikonsumsi ketika sarapan pagi.


    2. Waktu tidur yang kurang


    Bukan hanya memperlambat dan mengganggu proses metabolisme pada tubuh, kurang tidurjuga akan menyebabkan naik/turunnya gula darah, dan juga hormon dalam tubuh. Cobalah untuk tidur yang berkualitas atau minimal delapan jam untuk membantu membuat tubuh benar-benar istirahat dan mengoptimalkan metabolisme.


    3. Dehidrasi


    Minuman Manis Berkafein

    (Minuman manis berkafeion. Foto: Dok. joshcouchdesign/Unsplash)


    Banyak orang tidak menyadari jika mereka mengalami dehidrasi sampai dengan mereka merasa sangat haus. Kesalahan terbesar adalah pola pikir mereka yang menganggap bahwa dengan minuman manis hingga kopi bisa membantu masalah dehidrasi ini.

    Padahal dengan konsumsi minuman tersebut justru akan membuat kamu semakin sering buang air kecil, di mana ini akan menyebabkan dehidrasi itu sendiri.


    4. Tidak peduli dengan stres


    Ilustrasi stres di kantor

    (Ilustrasi stres di kantor. Foto: Dok. pressfoto/Freepik)


    Perlu diketahui, bahwa dalam dua menit setelah kamu mengalami hal atau masalah yang membuat stres, maka tubuh secara otomatis mengeluarkan hormon stres. Jika diamkan, maka stres akan membuat tubuhmu mengeluarkan terlalu banyak hormon sehingga metabolisme tubuh menurun.

    Jadi, ketika terjadi stres segera lakukan aktivitas yang membantumu meringankan tingkat stres tersebut. Namun banyak orang yang justru melupakan stres tersebut dengan makan, namun pastikan lagi rasio menunya sehingga justru tidak mengakibatkan berat badan bertambah.


    5. Diet mendadak


    Terkadang ada beberapa orang yang melakukan program diet sebelum mengikuti atau menghadiri acara-acara penting tertentu untuk tampil maksimal. Namun perlu diketahui, bahwa melakukan program diet ini justru sangat berisiko dan berbahaya untuk tubuh.

    Intinya untuk melakukan program diet, kamu harus lebih dulu melakukan konsultasi dengan dokter atau bahkan ali gizi sehingga hasilnya maksimal dan tidak mengganggu proses metabolisme tubuh.


    Itulah 5 kebiasaan yang tidak pernah kamu sadari yang akan menyebabkan terhambatnya metabolisme dalam tubuh.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below