Maskara Kamu Kering? Lakukan 5 Tips Ini


  • Maskara Kamu Kering? Lakukan 5 Tips Ini
    Jika kamu mempunyai maskara yang kering, jangan langsung dibuang, lakukan 5 tips berikut ini. (Foto: Dok. Javi_Indy/Freepik)

    Maskara merupakan salah satu produk kecantikan yang berfungsi untuk melentikkan bulu mata dan membuat mata tampak lebih besar. Apakah kamu termasuk orang yang sering memakai maskara? Jika iya, pasti kamu pernah mengalami maskara menjadi kering dan menggumpal.


    Penyebab maskara kering adalah karena adanya udara yang masuk ke dalam tabung maskara, seperti tidak menutup rapat maskara setelah digunakan atau kebiasaan mengocok dan mengeluar masukkan spoolie saat akan dipakai. Jika kamu sedang mengalami hal ini, jangan terburu-buru untuk membuang maskara kering kamu ya. Berikut ini beberapa tips mencairkan maskara kering yang bisa kamu lakukan. 




    1. Air Hangat dan Minyak Zaitun


    Tip yang pertama untuk mencairkan maskara kering yaitu dengan merendam tabung mascara ke dalam mangkuk atau gelas yang berisikan air hangat setidaknya selama 5-10 menit. Lalu teteskan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam tube maskara. Lalu kocok selama beberapa saat. Namun, jika kamu ingin menerapkan tip yang satu ini, usahakan untuk tidak menggunakan air terlalu panas karena akan memungkinkan tabung maskara menjadi bocor. Jika maskara masih terasa kering dan menggumpal, ulangi perendaman hingga dua atau tiga kali. 


    2. Baby Oil


    Tip yang berikutnya, kamu bisa menggunakan baby oil untuk mencairkan kembali maskara yang kering. Caranya, teteskan dua hingga tiga tetes baby oil ke dalam tabung maskara, lalu tutup kembali. Baby oil akan mencairkan gumpalan yang terdapat di dalam tabung maskara, sehingga maskara kering kamu dapat dipakai kembali. 


    3. Cairan Lensa Kontak / Obat Tetes Mata


    Cairan lensa kontak dan obat tetes mata dapat kamu jadikan pengencer maskara keringmu. Sama seperti pemakaian baby oil sebelumnya, cukup teteskan dua hingga tiga tetes cairan lensa kontak atau obat tetes mata pada tabung maskara, kemudian kocok selama beberapa saat. Cara ini dapat menghilangkan gumpalan-gumpalan yang terdapat di dalam tabung maskara dan membuat maskara yang kering menjadi cair kembali. 


    4. Lidah Buaya


    Tip mencairkan maskara kering berikutnya yakni dengan meneteskan satu tetes gel lidah buaya ke dalam tabung maskara. Kemudian kocok selama beberapa saat. Voila, maskara kering kamu siap digunakan kembali!


    5. Castor Oil


    Castor oil atau minyak jarak adalah salah satu minyak yang dapat kamu manfaatkan untuk mencairkan maskara yang kering. Ditambah, minyak ini juga memiliki banyak manfaat untuk melentikan bulu mata. Caranya, teteskan dua hingga tiga tetes castor oil ke dalam tube maskara yang kering. 


    Itu tadi lima tips mencairkan maskara kering yang bisa kamu lakukan. Perlu diingat, maskara memiliki masa simpan yang relatif pendek dan harus diganti setiap dua sampai tiga bulan sekali.


    Jadi, jika maskara kering akibat sudah melewati batas masa simpan atau sudah memasuki masa kedaluarsa, itu artinya sudah saatnya kamu menggantinya dengan yang baru.


    Namun, jika kamu yakin maskara yang kering masih dalam kondisi baik untuk digunakan, kamu dapat mencoba cara mencairkan maskara kering seperti di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below