Perlengkapan Ibu Menyusui Saat Bekerja


  • Perlengkapan Ibu Menyusui Saat Bekerja
    Ketahui perlengkapan yang harus dimiliki ibu menyusui saat bekerja. (Foto: Dok. Pigeon)

    Pekerjaan tak seharusnya menghalangi upaya seorang ibu dalam memberikan yang terbaik bagi sang anak, khususnya untuk menyusui. Demi menyukseskan pemberian ASI (air susu ibu) oleh ibu bekerja, berikut daftar perlengkapan yang harus dimiliki ibu menyusui saat bekerja.


    1. Pompa ASI

    Sebagai ibu menyusui, khususnya yang bekerja, pompa asi menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki. Umumnya, pompa asi elektrik dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan menjadi favorit bagi ibu bekerja karena mudah dibawa ke mana saja. Menjawab kebutuhan ini, Pigeon pun meluncurkan produk baru bernama GoMini Electric Breast Pump yang memiliki desain ringkas serta ringan sehingga mudah digenggam dan bisa masuk ke dalam tas kerjamu. 





    (Pigeon GoMini. Foto: Dok. Pigeon)


    GoMini Electric Breast Pump juga memiliki 2 model penghisapan yaitu Massage (1 level) dan Pemerahan (5 level) sehingga kamu bisa mengatur tingkat hisapan. Hisapan pompanya juga terasa lebih lembut sehingga kamu akan merasa lebih nyaman saat menggunakannya. 


    2. Wadah Penyimpanan ASIP

    Ada banyak jenis wadah penyimpanan ASIP. Mulai dari botol, kantung hingga, jar. Namun, jika kamu tak ingin membawa banyak barang berat, kamu bisa menggunakan kantung ASIP yang lebih efisien dan ringan. Tak perlu khawatir, karena setiap kantung pasti sudah disteril lebih dulu, jadi kamu bisa langsung menggunakannya.


    3. Cooler Bag

    Tas pendingin atau cooler bag biasanya digunakan untuk menyimpan ASIP selama kamu bekerja hingga membawanya pulang ke rumah, sehingga kualitasnya tetap baik dan aman untuk dikonsumsi si kecil. Tidak semua kantor menyediakan kulkas, jadi cooler bag adalah salah satu benda wajib yang harus dimiliki. Pigeon juga memiliki cooler bag yang tahan menjaga kesegaran ASI hingga 6 jam.


    4. Ice Gel

    Demi menjaga ketahanan suhu ASIP, kamu tentu memerlukan ice gel dalam cooler bag. Ada berbagai jenis ice gel yang bisa kamu pilih namun umumnya mereka memiliki fungsi dan ketahanan yang sama. Sebaiknya, kamu membawa 2 buah ice gel untuk menjaga kualitas ASIP selama bekerja.


    5. Apron Menyusui

    Tak semua kantor memiliki ruangan khusus untuk menyusui sehingga tak jarang para ibu menyusui harus memerah di meja kerjanya. Tentu hal ini bisa jadi kegiatan yang tak nyaman, apalagi kalau kamu berada dalam satu ruangan dengan lawan jenis. Maka, apron menyusui jadi perlengkapan wajib berikutnya karena bisa "menutupi" kegiatan memerah.


    6. Bra Menyusui

    Bagi ibu menyusui, memiliki bra khusus seperti ini tentu akan sangat membantu proses memerah atau pun menyusui langsung. Bra dengan klip bukaan di sekitar areola memudahkanmu untuk membuka area tersebut saat pumping tanpa harus membuka seluruh bra. 


    7. Breast Pad

    Sebagai ibu bekerja dengan mobilisasi tinggi, penggunaan breast pad pun menjadi sangat penting. Breast pad merupakan bantalan yang bisa menyerap air sehingga mampu mencegah ASI agar tidak merembes ke pakaian. Umumnya breast pad digunakan pada sisi bagian dalam bra sehingga kamu tetap dapat melakukan aktivitas tanpa perlu khawatir dengan penampilan akibat ASI yang merembes pada pakaian.


    Itulah deretan perlengkapan wajib yang harus dimiliki ibu menyusui saat bekerja. Selain barang-barang di atas, ingatlah bahwa kamu juga wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah pumping sehingga higienitas ASIP tetap terjaga.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below