Tema Solidaritas Menangkan UOB Painting of the Year 2020


  • Tema Solidaritas Menangkan UOB Painting of the Year 2020
    Lukisan milik Prabu Perdana yang memenangkan UOB Painting of the Year 2020. (Foto: Dok. UOB Indonesia)

    Prabu Perdana, seniman asal Bandung menerima penghargaan UOB Painting of the Year 2020 dengan tema lukisan solidaritas. Dengan judul Isolated Garden, karya seni tersebut merefleksikan kesadaran untuk menjaga jarak di tengah pandemi.


    (Baca Juga: UOB Indonesia Menginspirasi Masyarakat Lewat Pameran Daring)




    Ia menuturkan bahwa lukisannya melambangkan harapan untuk tetap tangguh dalam solidaritas dalam menghadapi situasi yang tidak pasti.


    “Karya seni saya menekankan pentingnya kebersamaan dan persatuan, bahkan saat kita memperoleh kekuatan dari kesendirian di tengah jarak sosial untuk mengatasi pandemi ini,” tuturnya kepada UOB Indonesia.


    Lukisan yang terinspirasi dari kesendiriannya saat berada di taman dan mengubahnya menjadi ruang kerja tersebut memberi kesan bagi para juri, yakni kurator seni independen dan dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung, Dr Agung Hujatnikajennong, kurator Salihara dan anggota Dewan Kurator Galeri Nasional Indonesia, Asikin Hasan, dan perupa wanita kontemporer terkemuka di Indonesia Ay Tjoe Christine.


    (Baca Juga: Memaknai Lukisan Kontemporer Adi Kaniko)


    Tahun ini merupakan tahun keempatnya berpartisipasi dalam UOB Painting of the Year Indonesia dan kali ini ia berkesempatan untuk bersaing dalam UOB Southeast Asian Painting of the Year bersama para pemenang dari Malaysia, Singapura, dan Thailand yang akan diumumkan pada 3 Desember 2020. Selain itu, Prabu juga berkesempatan untuk memenangkan program residensi di Fukuoka Asian Art Museum.


    Selain Prabu, terdapat beberapa pemenang kompetisi UOB Painting of the Year Indonesia 2020 dalam kategori profesional, yakni Danni Febriana, Farhan Siki, Etza Meisyara, dan Enka Komariah. Sementara kategori pendatang baru dimenangkan oleh Michelle Felicia Darmawan, Salsabila Yasmin, Agapitus Ronaldo, dan Desta Aji Saputra.

    (Lukisan karya Michelle Felicia berjudul This Too Shall Pass yang memenangkan penghargaan Most Promising Artist of the Year 2020. Foto: Dok. UOB Indonesia)



    (Scheming Visions, lukisan karya Salsabila Yasmin yang memenangkan penghargaan Gold Award. Foto: Dok. UOB Indonesia)


    (Penulis: Aurelia Gracia)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below