Irsan Untuk Lakon Indonesia


  • Irsan Untuk Lakon Indonesia
    (Foto: DOK. LAKON INDONESIA)

    Irsan kali sebagai Direktur Kreatif koleksi PakaianKoe menjadi penanda Lakon Indonesia bergerak kearah tekstil tradisional. Lakon Indonesia sendiri lewat koleksi yang diberi nama A Journey to Java ingin menceritakan sebuah perjalanan dalam usaha pelestarian budaya. Koleksi dari PakaianKoe ini mereprentasikan hasil kerjasama Lakon Indonesia dengan pengrajin khususnya daerah Jawa.

    (Foto: DOK. LAKON INDONESIA)




    Selama lebih dari satu tahun Lakon Indonesia tidak hanya membina tetapi juga mengajak para pengrajin untuk bekerja sama secara profesional. Hal ini dilakukan untuk menggerakan roda perekonomian mereka. Lakon Indonesia juga memberikan visi dan ilmu baru sehingga apa yang diberikan kepada para pengrajin Jawa ini akan berguna bagi masa depan mereka.


    (Foto: DOK. LAKON INDONESIA)


    Lakon Indonesia selalu mengingatkan prinsip dasar budaya dan tradisi yang sudah mereka wariskan secara turun temurun yang merupakan kekuatan dari setiap karya para pengrajin. Selain itu mereka juga diajarkan untuk lebih eksplor lagi dengan berbagai material seperti katun, denim, kanvas, voile, taffeta, tile dan sifon sebagai material dasar batik dan jumputan yang keseluruhannya digunakan dalam koleksi PakaianKoe. Lakon Indonesia juga membantu membuat perubahan secara teknikal dengan mengajarkan cara kerja dan pembuatan yang lebih benar sehingga kematangan karya mereka dapat berkembang mengikuti zaman.


    (Foto: DOK. LAKON INDONESIA)


    Seluruh tim bekerja sepenuh hati dalam merancang peragaan busana PakaianKoe untuk mencapai hasil yang maksimal dari segala eksplorasi yang dilakukan bersama. Koleksi ini tidak hanya menjadi satu koleksi pakaian hasil produk lokal tetapi dapat mengangkat hasil karya tangan pengrajin menjadi sesuatu yang mempunyai rasa dan standar yang dapat diterima dunia Internasional sehingga mengangkat nama Indonesia dan Jakarta sebagai jendela seni dan budaya Indonesia.


    (Foto: DOK. LAKON INDONESIA)

    Dalam peragaan busana PakaianKoe yang diselenggarakan di Ashta District 8, Jakarta, Lakon Indonesia juga mengajak beberapa profesional di bidang lain untuk berkolaborasi bersama mewujudkan sebuah presentasi yang menggambarkan dan mewakili Indonesia. Selain Irsan sebagai Direktur Kreatif ada juga Adi Purnomo sebagai arsitek yang merancang area peragaan busana, lalu ada Davy Linggar untuk videografi dan Addie MS serta Twilite Orchestra yang mengiringi secara live selama peragaan busana berlangsung.



    (Foto: DOK. LAKON INDONESIA)