Inilah Tips Mencegah Diabetes Menyerang Tubuh


  • Inilah Tips Mencegah Diabetes Menyerang Tubuh
    Inilah tips mencegah diabetes menyerang tubuh yang patut diketahui. (Foto: Dok. Nathan/Pexels)


    Diabetes kerap jadi penyakit yang bisa menyerang siapapun saat ini. Terutama bagi mereka yang gemar mengonsumsi makanan yang serba manis. 

    Tak hanya itu, penyakit ini juga bisa muncul jika diri tak memiliki pola hidup yang sehat. Seperti jarang berolahraga, tidak mengatur pola makan dan lainnya. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?



    Ada beberapa tips untuk mencegah diabetes menyerang tubuh. Diantaranya adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan memilih asupan dengan teliti sebelum masuk ke dalam tubuh. Jika belum tahu, berikut tips mencegah diabetes menyerang tubuh yang patut diketahui. 


    (Baca Juga: Mengenal Diabetes: Gejala, Sebab dan Pencegahannya)


    1. Pilih karbohidrat

    Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi karbohidrat bisa memicu penyakit diabetes. Namun mengutip laman Web MD, untuk mencegahnya diri hanya perlu memilih jenis karbohidrat yang baik untuk tubuh.

    Pilihlah jenis karbohidrat yang bisa terurai di tubuh secara perlahan dan mampu memberikan energi yang stabil. Diantaranya adalah kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan lainnya. Jika diperlukan, kamu bisa mengunjungi dokter gizi untuk mengetahui jenis karbohidrat apa yang baik untuk metabolisme tubuhmu.


    2. Turunkan berat badan

    Tidak semua orang harus menurunkan berat badan demi mencegah diabetes. Hal ini patut dilakukan jika mengalami kelebihan berat dan obesitas. 

    Cobalah memilih diet yang efektif untuk menurunkan berat badan jika tubuh belum ideal. Cara ini efektif untuk memaksimalkan insulin dalam tubuh, menurunkan gula darah dan membakar kalori. Sehingga dengan tubuh yang sehat, diabetes akan terhindar darinya.


    (Baca Juga: Manfaat Pare Untuk Penderita Diabetes)


    3. Tidur yang cukup

    Selain itu, menjaga waktu tidur juga jadi salah satu cara yang bisa mencegah penyakit diabetes. Bukan tanpa alasan, melainkan terlalu banyak atau bahkan kurang tidur bisa meningkatkan nafsu makan. Dampaknya tentu bisa membuat berat badan jadi tidak ideal dan menimbulkan komplikasi. Oleh karenanya, cobalah untuk memerhatikan waktu tidur mulai saat ini. 


    4. Aktif bergerak

    Kunci utama dalam menyehatkan tubuh adalah dengan aktif bergerak atau berolahraga. Dengan cara itu, berbagai penyakit bisa dengan mudah terhambat untuk muncul dan menyerang. Jangan lewatkan minimal 30 menit sehari untuk berolahraga, seperti jalan santai, jogging, bersepeda dan lainnya.


    Itulah sejumlah tips mencegah diabetes menyerang tubuh yang patut diketahui.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below