Tanda Pria Berbohong Dari Bahasa Tubuhnya


  • Tanda Pria Berbohong Dari Bahasa Tubuhnya
    Menyentuh bagian tubuh merupakan salah satu tanda pria berbohong dari bahasa tubuhnya. (Foto: Dok. Freepik)

    Berbohong merupakan suatu perilaku yang tidak disenangi saat berinteraksi maupun dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tanda pria berbohong dari bahasa tubuhnya untuk menghindari hal tersebut terjadi. Berikut Her World rangkum dalam artikel di bawah ini.


    (Baca Juga: 5 Alasan Pria Berbohong)


    Mengubah posisi kepala dengan cepat

    Pria cenderung berbohong akan sesuatu jika ia mengubah posisi kepalanya dengan cepat saat kamu melontarkan sebuah pertanyaan padanya.

    Dalam sebuah wawancara dengan Business Insider, dr. Lillian Glass, seorang analisis perilaku dan ahli bahasa tubuh, menuturkan bahwa seseorang yang berbohong akan menyentak kepalanya ke belakang, menunduk, atau memiringkannya ke samping. Gerakan tersebut akan terjadi sebelum orang tersebut diharapkan untuk menjawab pertanyaan.


    Cenderung diam dalam posisi berdiri

    Bersikap diam merupakan hal yang wajar dilakukan saat seseorang merasa gugup, tetapi perlu dicurigai apabila sampai tidak bergerak sama sekali karena pada umumnya, seseorang yang terlibat dalam percakapan normal akan menggerakan tubuhnya secara rileks dan sebagian besar bukan tindakan yang dilakukan secara sadar. Oleh karena itu, sikap diam tanpa gerakan dapat menjadi peringatan bahwa ada sesuatu yang salah.


    Menutupi mulut atau menyentuh bagian tubuh lainnya

    Seorang pria akan menutup mulutnya secara otomatis jika tidak ingin berurusan dengan masalah atau menjawab pertanyaan. Jika hal ini terjadi, artinya ia tidak ingin mengungkapkan hal yang sebenarnya dan menutup percakapan yang terjadi. Selain mulut, bagian tubuh lain yang akan disentuh adalah tenggorokan, dada, kepala, atau perut.


    Menatap tanpa berkedip

    Berhenti melakukan kontak mata menjadi tindakan yang dilakukan seseorang saat berbohong. Namun, terdapat juga yang berusaha mempertahankan kontak mata agar bisa mengontrol lawan bicaranya sekaligus memanipulasi.

    Hal ini sebagian besar dilakukan sesekali dan akan memalingkannya dari waktu ke waktu. Selain itu, pria yang berbohong akan menggunakan tatapan dingin yang penuh keyakinan untuk mengintimidasi dan mengontrol.


    (Baca Juga: Cara Mengetahui Saat Pasangan Berbohong)


    Cara bernapasnya berubah

    Saat berbohong, seorang pria cenderung bernapas dengan lebih berat. Hal ini merupakan tindakan yang terjadi secara refleks karena tubuh merasa gugup dan tegang. Ketika cara bernapas berubah, bahu akan terangkat dan suaranya akan menjadi lebih rendah.


    Kesulitan berbicara

    Sulit berbicara dapat menjadi tanda seorang pria sedang berbohong karena sistem saraf akan menurunkan aliran air liur secara otomatis saat mengalami stress sehingga selaput lendir pada mulut menjadi kering.


    Itulah tanda pria berbohong dari bahasa tubuhnya yang dapat kamu kenali dan hindari dalam sebuah percakapan.


    (Penulis: Aurelia Gracia)