Inilah Film Bertema Kesehatan Mental Dari Tahun 2000-an


  • Inilah Film Bertema Kesehatan Mental Dari Tahun 2000-an
    Inilah Film Bertema Kesehatan Mental Dari Tahun 2000-an (Foto:Dok/IMDb)


    Tak hanya fisik, kesehatan mental juga jadi salah satu yang penting untuk dijaga. Bahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pada tanggal 10 Oktober pun turut diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

    Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan peningkatan orang yang mengidap gangguan mental. Bahkan American Psychological Association mengungkapkan bahwa di akhir tahun 2010-an, angka pengidap depresi dan memiliki pikiran untuk melakukan bunuh diri meningkat. Angka ini didominasi oleh remaja dan orang dewasa di Amerika Serikat.



    Selain itu, di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020 ini juga, WHO merilis bahwa setiap 40 detik, terdapat satu orang yang meninggal dunia akibat bunuh diri. Sehingga di tahun ini lewat tema investasi kesehatan jiwa, diharapkan masyarakat bisa lebih menjaga kesehatan mental dan memahami berbagai gejalanya.

    Selain membaca literasi, hal yang bisa dilakukan untuk mengenal berbagai macam gangguan kesehatan mental adalah dengan menonton film bertema kesehatan mental. Tentunya tema ini sudah banyak muncul dan jadi fokus sineas di dunia terutama di tahun 2000-an. 

    Berikut film bertema kesehatan mental tahun 2000-an yang bisa kamu saksikan di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020.


    1. A Beautiful Mind (2001)

    A Beautiful Mind merupakan salah satu film yang mengangkat isu kesehatan mental di tahun 2000an. Disutradarai oleh Ron Howard, film ini juga ternyata diangkat dari kisah nyata. 

    Menggandeng Russel Crowe, Jennifer Connelly, dan lainnya, A Beautiful Mind mengangkat kisah seorang pakar matematika bernama John Nash yang mengidap Skizofrenia. Perjuangannya melawan penyakit ini kerap buat film ini wajib disaksikan.

    Tak hanya itu, film yang muncul di tahun 2001 ini juga sempat menjadi topik hangat dikalangan akademisi karena berhasil menceritakan penderita Skizofrenia dengan akurat. 


    2. Matchstick Men (2003)

    Obsessive Compulsive Disorder atau dikenal dengan OCD sekaligus panic attack yang diidap oleh Roy Waller kerap menjadikan film ini penuh tantangan. Ditambah dengan karakter yang diperankan oleh Nicolas Cage ini adalah seorang penipu untuk mencuri uang buat film ini sayang untuk dilewatkan.

    Ridley Scott sebagai sutradara juga menunjukkan bagaimana rekannya Frank Mercer yang diperankan oleh Sam Rockwell menyarankannya untuk mengunjungi psikolog. Ia pun akhirnya menjalani terapi dan menemukan hal-hal lain yang mengubah hidupnya.


    3. Little Miss Sunshine (2006)

    Little Miss Sunshine jadi salah satu film yang wajib ditonton di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020. Bukan tanpa alasan, melainkan film ini menceritakan bagaimana kehidupan Frank yang dibintangi oleh Steve Carrell setelah mencoba untuk bunuh diri karena depresi yang dia alami. Sejak perpindahannya itulah, semua cerita di mulai.

    Selain itu pula film ini juga jadi salah satu yang mengangkat tentang makna kecantikan seorang wanita. Lewat kontes kecantikan, kamu akan benar-benar mengetahui apa makna kecantikan yang sesungguhnya.


    4. Its Kind of A Funny Story (2010)

    Meski bergenre komedi, film It's Kind of A Funny Story merupakan film yang kuat akan isu kesehatan mental. Hal ini pula terlihat bagaimana Anna Boden dan Ryan Fleck sebagai penulis skenario sekaligus sutradara mengambil rumah sakit jiwa sebagai latar belakang film ini. 

    Meskipun begitu, film ini berfokus pada Craig yang diperankan oleh Keir Gilchrist yang mengunjungi psikiatri karena depresi yang dia rasakan dan percobaannya untuk melakukan bunuh diri. Dikemas dengan menyenangkan sehingga film ini terasa menghibur walaupun tema yang diangkat cukup serius.


    5. Black Swan (2010)

    Berbeda dari sebelumnya film Black Swan justu bergenre thriller psikologis yang cukup menegangkan. Dibintangi oleh Natalie Portman, VIncent Cassel, Mila Kunis dan lainnya film ini mengisahkan Nina Sayers seorang balerina profesional yang takut akan ketidaksempurnaan dirinya. 

    Pikiran yang menghantuinya buat dirinya berani untuk menyakiti dirinya sendiri. Mulai dari tidak makan, melukai perutnya demi tampil sempurna. 

    Film ini menjadi penting untuk disaksikan terutama di Hari Kesehatan Jiwa, agar kita mengetahui bagaimana pikiran yang disimpan bisa membahayakan diri sendiri.


    6. Melancholia (2011)

    Terbagi menjadi dua bagian, film Melancholia mengangkat tema kesehatan mental. Menggandeng Kirsten Dunst dan Charlotte Gainsbourg, keduanya menjadi kakak beradik yang memerankan karakter Justine dan Claire di dalam film ini dengan kesehatan mental yang berbeda.

    Kondisi mental dari keduanya pun tampak ditunjukkan saat planet Melancholia mendekati bumi dan dikabarkan akan menghantam planet manusia ini. Seiring berjalannya waktu, film ini berhasil menunjukkan berbagai macam penyakit mental.

     Film bertema Kesehatan Mental Tahun 2000-an ini bisa disaksikan saat hari perayaan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below