Solusi Agar Saldo E-Wallet Tidak Cepat Boros


  • Solusi Agar Saldo E-Wallet Tidak Cepat Boros
    Dompet digital jadi fitur favorit saat ini karena memudahkan kita bertransaksi. Tapi apakah ini akan membuat kita jadi lebih boros? (Foto: Dok. Tofros.com/Pexels)

    Saat ini, kemudahan bertransaksi bisa langsung dinikmati lewat dompet digital atau e-wallet. Kamu jadi enggak perlu repot ke ATM untuk ambil uang tunai untuk transaksi di supermarket, transportasi, atau jajanan.

    Bahkan, makin banyak penawaran promo yang bisa kamu nikmati. Jadi, dompet digital atau e-wallet ini rasanya wajib dimiliki, khususnya bagi anak-anak muda yang sangat mengutamakan kemudahan dan kecepatan.

    Sayangnya, kemudahan ini tak jarang membuat kamu 'lupa diri'. Rasanya kamu hanya menghabiskan 10-20 ribu setiap kali, padahal kalau dihitung secara keseluruhan, kamu nyatanya sudah mengeluarkan jumlah yang lebih besar dari anggaran.



    Bagaimana hal ini terjadi? Mungkin kamu tidak terasa karena tidak melihat uang yang keluar secara fisik. Bisa-bisa kamu malah lebih boros setelah pakai e-wallet. 

    Tak perlu khawatir. Dengan mengikuti tips berikut, saldo e-wallet kamu tidak cepat boros.



    (Ilustrasi budget harian. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Buat budget harian

    Walaupun kamu menggunakan dompet digital, budget tetap harus diterapkan. Misalnya kamu biasa menggunakan dompet digital untuk transportasi ke tempat kerja dan makan siang. Maka, cukup isi saldo sesuai dengan budget hari itu. Lalu, pastikan untuk tidak menambah saldo di luar keadaan darurat.


    Maksimalkan promo

    Seperti yang sudah dibahas, aplikasi dompet digital sering menawarkan promo menarik. Manfaatkan promo ini sebaik mungkin namun tetap ingat agar tidak kebablasan. Tetap utamakan kebutuhan prioritasmu dan tahan godaan dari promo yang tidak penting.


    Baru isi saldo saat ingin digunakan

    Hanya isi saldo di dompet saat kamu benar-benar ingin menggunakannya. Di luar itu, kamu tak perlu sering-sering mengisinya. Kamu pun akan berpikir dua kali saat ingin bertransaksi. Apakah barang itu benar-benar dibutuhkan? Hal ini akan menahan segala godaan tak penting, seperti camilan di sore hari.



    (Ilustrasi baca history e-wallet. Foto: Dok. freestocks.org/Pexels)

    Rajin baca 'history'

    Evaluasi pengeluaran harianmu dengan melihat di fitur history. Kamu bisa melakukan ini sebelum tidur agar memotivasimu untuk lebih menghemat keesokan harinya. Kamu bisa melihat apakah transaksimu hari itu sudah sesuai dengan budget atau tidak.

    Itulah beberapa tips agar saldo e-wallet kamu tidak cepat boros. Siap untuk berhemat?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below