Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia


  • Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia
    Mantan Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu ditunjuk Bank Dunia sebagai Direktur Pelaksana pada Kamis (9/1). (Foto: Dok/Instagram/@maripangestu)


    Mari Elka Pangestu ditunjuk Bank Dunia sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan. Presiden Bank Dunia mengumumkan penunjukan tersebut lewat situs resmi Bank Dunia, pada Kamis (9/1). 

    Dikutip dari keterangan di laman resminya, Bank Dunia menilai Mari memiliki keahlian di bidang manajemen dan kebijakan yang luar biasa dengan pengalamannya selama menjadi Menteri Perdagangan (2004-2011). Mari juga merupakan Menteri Pariwisata pada 2011 hingga Oktober 2014 atau pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 



    "Kami sangat senang untuk menyambut Mari dengan peran barunya yang sangat penting bagi institusi ini," ujar Presiden Bank Dunia David Malpass, Jumat (10/1).

    (Baca juga: Serunya Berbagi Kebahagiaan Di Happiness Festival) 


    Lebih jauh David menambahkan, pengalaman Mari sebagai menteri dan kemampuannya yang diakui secara globa, baik sebagai ekonomo maupun peneliti seiring dengan kemampuan dan kepemimpinannya di forum-forum internasional penting untuk pembangunan akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak kami di Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan dan pengurangan kemiskinan dalam skala luas. 

    Mari dijadwalkan akan mulai aktif berkantor di Washington pada 3 Maret 2020. 

    Rekam jejak karier 

    Lahir di Jakarta 23 Oktober 1956, Mari Elka Pangestu pernah menjadi Menteri Perdagangan Indonesia periode 2004 hingga 2011 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Saat itu, ia adalah wanita Tionghoa-Indonesia pertama yang memegang jabatan sebagai menteri di Indonesia.

    Dalam catatan biografinya, Mari adalah anak dari ekonom terkenal Indonesia, J. Panglaykim. Ia memperoleh gelar Bachelor dan Master of Economics dari the Australian National University, serta gelar Ph.D. dalam bidang Perdagangan Internasional, Keuangan, dan Ekonomi Moneter dari Universitas California, Davis pada tahun 1986. 

    Sebelum menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Mari Pangestu telah lama aktif dalam berbagai forum perdagangan seperti PECC dan adalah salah seorang peneliti ekonomi terpandang di Indonesia. 

    Mari Pangestu juga aktif mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Selain itu ia juga adalah seorang ekonom dari CSIS. Pada tanggal 18 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Mari Elka Pangestu dipindahtugaskan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Jero Wacik.

    Mari Pangestu menikah dengan Adi Harsono dan memiliki dua orang anak, Raymond dan Arya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below