Lebih Hemat, Ini Cara Maksimalkan Air Miles Pesawat


  • Lebih Hemat, Ini Cara Maksimalkan Air Miles Pesawat
    Momen liburan bisa lebih hemat dengan memaksimalkan penggunaan air miles. Simak caranya di sini. (Foto: Dok. Pexels.com/Anugrah Lohiya)

    Kalau kamu sering bepergian menggunakan pesawat, kamu pasti familier dengan istilah air miles. Semakin sering kamu bepergian, semakin banyak poin air miles yang bisa kamu dapat. Mengumpulkan poin ini juga bisa menguntungkanmu lho! Karena kamu bisa bepergian lebih hemat, bahkan tak jarang bisa gratis! 

    Tak perlu khawatir kalau kamu baru berencana mengumpulkannya. Lewat cara berikut ini kamu bisa mendapatkan lebih banyak poin air miles dengan cepat.





    (Cara maksimalkan air miles pesawat. Foto: Dok. Pexels.com/Torsten Dettlaff)

    Belanja di situs maskapai

    Singapore Airlines, Qantas, dan Cathay Pacific punya program loyalitas pelanggan yang memberikan poin extra miles saat kamu belanja via situs mereka. Misalnya, kamu bisa mendapatkan 57 Krisflyer miles unuk belanja sekitar USD 10 (sekitar Rp 139.000) ketika berbelanja di salah satu toko rekanan Krisflyer, seperti Lazada, iHerb, Melissa, dan Under Armour.

    Beberapa maskapai lain juga bekerja sama dengan Sephora, Asos, dan Apple. Harga yang tersediapun  tak jauh berbeda dengan harga di tempat lain. 



    (Cara maksimalkan air miles pesawat. Foto: Dok. Pexels.com/Negative Space)

    Ajak pasangan atau keluarga untuk membuat kartu tambahan

    Poin yang ia dapat dalam kartu tambahan bisa diakumulasikan ke dalam akunmu. Serunya, kamu juga bisa patungan untuk membayar biaya kartu tahunan. Lebih hemat, bukan?


    Terbang dengan maskapai besar

    Bergabunglah ke dalam program frequent flyer yang dibuat oleh maskapai besar. Lebih bagus lagi kalau ternyata maskapai tersebut tergabung dalam aliansi besar. Misalnya seperti Garuda Indonesia yang masuk dalam SkyTeam, sehingga kamu juga akan mendapat poin saat terbang dengan maskapai lain seperti KLM atau Korean Air.



    (Cara maksimalkan air miles pesawat. Foto: Dok. Pexels.com/Johannes Rapprich)

    Setelah kamu menabung poin air miles yang cukup banyak, waktunya untuk menghabiskannya. Nah, ini dia cara maksimalkan penggunaan air miles-mu agar liburan terasa lebih hemat.

    Jangan menghabiskannya untuk upgrade

    Kebanyakan orang menggunakan air miles untuk meng-upgrade dari kelas ekonomi ke bisnis. Padahal kalau dihitung secara halus, poin kamu justru akan terbuang lebih banyak. Contoh, kamu redeem poin Singapore Airlines kelas ekonomi sebanyak 90.000 miles, lalu menambah 100.000 miles untuk upgrade ke bisnis. Artinya, kamu sudah menghabiskan 190.000 miles. Sebaiknya, kamu langsung redeem kursi di kelas bisnis, ini hanya membutuhkan 140.000 miles.


    Pesan lebih awal

    Kebanyakan maskapai punya kursi yang dikhususkan bagi pengguna kartu anggotanya. Biasanya, harganya pun lebih murah dibanding tiket normal. Namun, jumlahnya tentu sangat terbatas dan biasanya sangat cepat habis. Sebaiknya, kamu pesan lima bulan lebih awal untuk bisa mendapatkannya.



    (Cara maksimalkan air miles pesawat. Foto: Dok. Pexels.com/Shane Kell)

    Hanya pesan penerbangan jarak jauh

    Pilih destinasi di Eropa atau Amerika dan jangan habiskan miles kamu untuk perjalanan ke Australia atau Korea. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan poin lebih banyak.


    Berlangganan mailing list pesawat

    Lewat maling list, kamu bisa mendapatkan informasi lebih cepat tentang promo tiket bulanan dan nilai redemption untuk air miles. Artinya, kamu akan bisa mengoptimalkan poin-poin tersebut.

    Menarik sekali, bukan? Jangan lupa terapkan ini saat berlibur ya!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below