Hadiah Untuk Indonesia ala Rinaldy Yunardi di JFFF 2019


  • Hadiah Untuk Indonesia ala Rinaldy Yunardi di JFFF 2019
    Desainer aksesori Rinaldy Yunardi memberi persembahan khusus untuk Indonesia lewat karya 'Aku Untukmu Indonesia' di JFFF 2019. (Foto: Dok/JFFF)


    Terinspirasi dari kekayaan budaya tiap daerah di Indonesia, desainer aksesori Rinaldy Yunardi menghadirkan koleksi aksesori unik yang dirangkum dalam peragaan bertajuk 'Aku Untukmu Indonesia'.

    Tampil di gelaran Jakarta Fashion & Food Festival 2019 di Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, akhir pekan lalu, pagelaran ini tampil mencolok berkat detail dan komposisi yang unik. Ragam hiasan kepala, gelang, dan kalung yang menempel di leher mengambil bentuk dari simbol atau penanda daerah tertentu. 



    Rinaldy sendiri mengatakan inspirasi koleksinya kali ini memang diambil dari 34 provinsi di Indonesia. Bakal ditemukan pinto Aceh, atau rumah gadang Sumatera Barat misalnya. Selain kekayaan budaya di berbagai provinsi di Indonesia, ia menyiapkan satu aksesori khusus yang ia beri nama 'Ibu Pertiwi'. Aksesori ini menjadi gong pelengkap yang membuat takjub di akhir peragaan. 

    (Baca juga: JFFF 2019: Jadikan LRT Panggung Peragaan Busana) 


    (Aku Untukmu Indonesia show by Rinaldy Yunardi. Foto: Dok/JFFF) 


    "Ini menjadi show pertama saya dengan keseluruhan koleksinya terinspirasi dari kebudayaan Indonesia yang saya aplikasikan ke dalam bentuk aksesoris yang kaya detail dan menjadi ciri khas dari rancangan saya,” ujar Rinaldy menjelang peragaannya.  

    Dalam proses pengerjaannya, ia mengungkapkan dilalui dengan survey yang mendalam serta mempelajari berbagai literatur. Rancangan aksesoris yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, diwujudkan dalam bentuk aksesoris bergaya tribal yang lebih modern dan edgy, serta dengan sentuhan khas ala Rinaldy. Menggunakan teknik filigri dan tatah/dodokan, aksesori yang ditampilkan mengusung keunikan daerah masing- masing.

    Yang menonjol dalam peragaannya kali ini adalah ketelitian dalam pengerjaan karya dan komposisi yang pas. Kaya dan sangat Indonesia.

    Dengan menggunakan bahan logam, ke-35 koleksi aksesoris yang ditampilkan di JFFF Awards didominasi warna emas, silver dan tembaga. Sejumlah pihak juga turut berpartisipasi mendukung pagelaran Aksesoris kali ini, diantaranya: Suit and Trousers by Agus Lim, Shoes by Thang Shoes, PAC Beauty Consultant for Rinaldy Yunardi by Donny Liem.

    Fashion Icon Awards


    (Adrian Gan. Foto: Dok/JFFF) 


    Malam peragaan Rinaldy juga sekaligus menjadi malam pemberiaan penghargaan khusus Fashion Icon Awards JFFF 2019. Soegianto Nagaria, Chairman JFFF mengatakan apresiasi yang tinggi diberikan oleh JFFF setiap tahunnya kepada para tokoh yang memiliki banyak kontribusi dalam memajukan industri mode tanah air.

    "Melalui penghargaan Fashion Icon Award kami berharap para tokoh ini dapat menjadi panutan sekaligus inspirasi bagi generasi muda untuk berkarya lebih kreatif," ujarnya.

    Terdiri dari tiga kategori, Fashion Icon Awards tersebut yakni Lifetime Achievement, Fashion Industry & Support, serta Fashion Designer. Para peraih penghargaan di antaranya, ada Rahardian Yamin di kategori Lifetime Achievement Awards sebagai Tokoh Pelopor Dunia Permodelan Pria di Indonesia. Lalu, Panca Makmun di Kategori Fashion Industry & Support sebagai Tokoh Profesi Koreografer yang Diakui dalam Industri Mode. Sementara, di Kategori Fashion Designer, Adrian Gan didapuk sebagai Tokoh Desainer yang Diakui dalam Pengembangan Adi Busana Indonesia. 

    Ketiga tokoh tersebut terpilih setelah melalui serangkaian diskusi, pertimbangan dan penilaian yang dilakukan oleh sejumlah pakar yang berkecimpung di industri mode Indonesia, yang terdiri dari para pemerhati, pelaku, hingga jurnalis mode yang ahli dan kredibel di bidangnya masing-masing.