Oppo Usung Renoscape, Edisi Kolaborasi Dengan 3 Seniman


  • Oppo Usung Renoscape, Edisi Kolaborasi Dengan 3 Seniman
    Oppo merilis koleksi khusus dengan kolaborasi bersama tiga seniman dalam seri Renoscape. (Foto: Dok/OppoIndonesia)


    Berkolaborasi dengan tiga seniman, Darbotz, Arkiv Vilmansa dan Ronald Apriyan, Oppo merilis edisi khusus Oppo Reno 10x Zoom Signature Edition dan Limited Edition. 

    OPPO Reno 10x Zoom Signature Edition merupakan edisi spesial karena hanya tersedia satu unit untuk masing-masing Seri Darbotz, Arkiv Vilmansa, dan Ronald Apriyan. Pada bagian penampang belakang produk ini, terukir karya para seniman yang menonjolkan creative innovation, sesuai dengan semangat yang dibawa oleh Oppo Reno Series.



    Sementara itu, OPPO Reno 10x Zoom Limited Edition tersedia sebanyak 30 unit untuk masing-masing seri. Selain tiga unit yang telah dilelang untuk penggalangan dana, publik juga dapat membeli Limited Edition tersebut di pameran Renoscape, pameran seni yang berlangsung di Lobi Selatan Plaza Indonesia, yang digelar sejak 31 Juli hingga 31 Agustus 2019. Setiap Rp1.000.000,- yang dihasilkan dari pembelian Limited Edition ini akan disumbangkan OPPO untuk tambahan penggalangan dana sosial.

    Dalam pameran ini, pengunjung dapat menikmati karya-karya kreatif perpaduan seni dan teknologi berupa lukisan, karpet, agenda, serta kaos dari ketiga seniman. 

    (Baca juga: Fitur Unggulan Oppo Seri Reno yang Dorong Kreativitas) 

    Edisi khusus kolaborasi 

    Proses pembuatan penampang belakang OPPO Reno 10x Zoom Signature Edition dan Limited Edition sendiri disebutkan terbilang kompleks. Untuk memastikan karya seniman terpampang sempurna, masing-masing karya diukir dari dalam bagian penampang belakang dengan suhu yang diatur sedemikian rupa, sehingga detail karya seniman terlihat dengan jelas. Pemilihan untuk mengukir melalui bagian dalam penampang juga ditujukan agar permukaan produk tetap halus dan nyaman digenggam.


    (Arkiv Vilmansa. Foto: Dok/OppoIndonesia) 


    Proses produksi kolaboratif ini dilakukan dalam waktu satu bulan penuh dan menjadi tantangan tersendiri bagi Oppo maupun ketiga seniman. Arkiv mengungkapkan kolaborasi ini merupakan hal baru baginya, karena ia tidak pernah bekerjasama dengan smartphone brand sebelumnya. Lewat karya 'Crown of Creation', Arkiv terinspirasi dari kompleksitas dan modernitas kehidupan sehari-hari. Ia melahirkan karya visual yang lekat dengan kartun kegemarannya seperti Mickey Mouse. 

    "Dalam kolaborasi bersama OPPO ini, saya tidak hanya membuat karya dalam medium kanvas, tapi juga berkesempatan melihat karya saya dalam wujud penampang belakang OPPO Reno 10x Zoom Limited Edition dan Signature Edition," ujar pelukis asal Bandung yang terkenal dengan karyanya yang imajinatif dan bernuansa kartun.

    Sementara, Ronald menuturkan karyanya yang diberi judul 'Makan Nasi Padang di Luar Angkasa' didorong oleh kecintaannya terhadap masakan khas Minangkabau dan kebebasannya dalam bermimpi dan berimajinasi. Pelukis yang tinggal di Yogyakarta ini percaya teknologi mampu membawa manusia mencapai hal-hal luar biasa di waktu mendatang, termasuk menikmati nasi padang di luar angkasa. 

    Darbotz menuangkan tema 'Berbeda Tapi Tetap Satu' lewat warna hitam putih, garis dan karakter monster yang menjadi ciri khasnya. Ia mencoba menggambarkan keadaan masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai suku, agama, dan budaya berbeda, tapi tetap satu kesatuan. 


    (Ronald Apriyan. Foto: Dok/OppoIndonesia) 


    Penggalangan dana

    Pada Senin (13/8) lalu, tiga unit OPPO Reno 10x Zoom Signature Edition dan tiga unit Limited Edition, hasil kolaborasi ini dilelang untuk penggalangan dana sosial di Altitude Grill, The Plaza. Total penggalangan dana berhasil mengumpulkan Rp1 miliar yang kemudian disumbangkan untuk membantu pengembangan pendidikan dan pengelolaan museum di Jakarta.

    Menggaet langsung Amir Sidharta dari Sidharta Auctioneer, serta Phillips Auction yang merupakan lembaga lelang bereputasi tinggi di kancah internasional untuk pelelangan karya seni kontemporer, masing-masing Signature Edition dan Limited Edition berhasil dilelang bersama dengan karya para seniman.

    “Oppo berkomitmen untuk mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat, baik itu melalui produk yang kami ciptakan, kolaborasi dengan berbagai pihak, maupun kontribusi terhadap masyarakat. Acara penggalangan dana ini menjadi salah satu wujud nyata komitmen kami untuk Indonesia,” ujar Ivan Lau, CEO OPPO Indonesia.

    Untuk memastikan hasil penggalangan dana dapat dikelola secara tepat, Oppo bekerja sama dengan Maria Lukito Foundation dan Yayasan Mitra Museum Jakarta. Maria Lukito Foundation merupakan organisasi nirlaba yang memiliki misi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan donasi kepada anak-anak putus sekolah dan beasiswa untuk berkuliah.

    Sementara Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ) bertujuan untuk memperbaiki pengelolaan museum-museum di Indonesia. YMMJ memiliki harapan bahwa museum-museum di Indonesia dapat menjadi sarana edukatif dan tempat rekreasi yang memberikan pengalaman positif bagi para pengunjungnya. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below