Ragam Acara Meriahkan 'Indonesia Food & Art Festival'


  • Ragam Acara Meriahkan 'Indonesia Food & Art Festival'
    Dalam rangka sambut kemerdekaan RI ke-74, Plaza Indonesia untuk ketiga kalinya menghadirkan Indonesia Food & Art Festival. (Foto: Dok/PlazaIndonesia)


    Umumnya masyarakat bisa menikmati berbagai karya seni di galeri atau museum. Namun saat ini karya seni menjadi lebih dinamis, dan dinikmati masyarakat. Melihat hal ini, pusat perbelanjaan menjadi pilihan yang tepat untuk menampilkan karya seni. Dimana pengalaman seni ini dapat dinikmati oleh penikmat seni dan juga pengunjung.

    Menyadari hal tersebut dan dalam rangka sambut kemerdekaan RI ke-74, Plaza Indonesia untuk ketiga kalinya menghadirkan Indonesia Food & Art Festival. Program ini diadakan sekaligus untuk memeriahkan program Indonesia Great Sale. Dalam rangkaian program ini Plaza Indonesia mempersembahkan Art Exhibition dengan tema besar I Love Indonesia. Pameran seni ini diadakan selama bulan Agustus dan berkolaborasi dengan seniman-seniman terbaik Indonesia.



    "Indonesia Food & Art Festival merupakan bentuk dukungan kami bagi para tenants dan industri seni dan kreatif Indonesia. Melalui Art Exhibition ini kami ingin pengunjung mendapat experience sekaligus edukasi seni dan budaya, selain tentunya berbelanja dan menikmati beragam kuliner,” ujar Zamri Mamat, General Manager Marketing & Communications PT. Plaza Indonesia Realty Tbk akhir pekan lalu. 

    Dalam Art Exhibition ini terdapat beberapa program seni yang dapat dinikmati oleh pengunjung Plaza Indonesia, di antaranya Colours from Home (Art & Design Installation), Art Day Life by Talenta Organizer, dan Lalita Project Exhibition. 

    (Indonesia Food and Art Festival. Foto: Dok/PlazaIndonesia) 



    Colours From Home – Art & Design Installation 


    Sebuah kolaborasi antara seniman modern Jux Duo, curator Isa Art Advisory, dan tenant Plaza Indonesia Iwan Tirta Private Collection, menghadirkan koleksi kain batik dan kisah inspirasi dibaliknya yang dipamerkan secara modern dan ditunjang multimedia dan fotografi yang indah. Berlokasi di Main Atrium, Level 1, Plaza Indonesia. Sepanjang tanggal 10 – 24 Agustus, setiap hari jam 10.00 – 22.00. Pengunjung juga dapat mengikuti batik demo oleh Iwan Tirta Private Collection pada 10, 11, 16, 17, 18 & 21 Agustus di Main Atrium level 1, Plaza Indonesia, mulai jam 15.00.


    Art Day Life by Talenta Organizer


    Tidak hanya memamerkan karya seni lukisan, instalasi, dan mural, pameran seni Art Day Life menghadirkan banyak program selama periode pameran dimana pengunjung bisa turut berpartisipasi dan berinteraksi dan mendapat art experience unik melalui program-program di pameran ini. Pameran ini akan berlangsung dari tanggal 1 – 31 Agustus di North Area, Level 2, Plaza Indonesia.

    Adapun agenda Kegiatan Art Day Life, di antaranya akan dibuka pada 2 Agustus dengan pertunjukan live painting oleh SP Hidayat dan pameran lukisan karya 8 seniman Indonesia lintas generasi dan aliran seni. Mereka adalah Erica Hestu, Indra Dodi, Ismanto, Jhon Van Der Stereen, Nasirun, Putu Sutawijaya, Samuel Indratma dan Umbu Tanggela.

    Diikuti kemudian keesokan harinya A Day For Art, pertunjukan live painting oleh Ismanto Wahyudi dan juga “Senyum Sehat Anak Indonesia” sebuah aktivitas menggambar bersama dengan anak-anak dari Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI). Lalu, berturut-turut digelar juga Pertunjukan live muralist painting oleh Rato Tanggela dan live painting oleh Dwi Putro Mulyono, serta Outsider Art, sesi bincang seni oleh Asikin Sadikin (6/8), Workshop Home Art Decoration, kelas merangkai bunga kolaborasi dengan Eka Karya Graha Flora dengan mentor Andy Djati Utomo S. Sn AIFD (14/8), Workshop Home Art Decoration, kelas merangkai bunga kolaborasi dengan Eka Karya Graha Flora dengan mentor Grace Yanuar (15/8), Workshop Art Painting on Vase bersama dengan seniman Erica (16 dan 17/8), Pertunjukan Cartoon Live Drawing Blelozz v Paerstud oleh seniman Made Blez, Altharivan dan Ahmad Rizki (17/8), Pertunjukan live painting dan juga pameran seni oleh Bandung Young Artist yang dibuka oleh seniman Dedi Sjahrir Panigoro dan menampilkan Ay Sekar F, Engga Jaya, Erik Rifky P, Fajar Nurhadi, Igi Anjangbiani, Lutfi Yanuar, Mira Rizki, Prabu Perdana dan Rusyan Yasin (18/8). 

    Masih dalam bulan kemerdekaan, gelaran ini juga mengusung Pertunjukan live Chinese paintinig dan juga pameran karya seni seniman Cheng Shui (21/8), Art in Everyone, acara bincang-bincang dan pameran seni bersama dengan Yayasan Autisma Indonesia Community bertajuk “Meningkatkan Potensi Berkesenian untuk Anak Berkebutuhan Khusus” (24/8), Pameran Art Day Life oleh seniman John Van Der Sterren (28/8), dan Art For Charity, kegiatan sosial kolaborasi dari Talenta Organizer dan YKAI (31/8). 

     

    Mini Atrium Level 3

    Plaza Indonesia juga menyuguhkan berbagai kegiatan menyenangkan yang dapat dinikmati oleh anak-anak, dimana tidak hanya bersenang-senang namun anak-anak juga mendapat edukasi mengenai ragam budaya Indonesia: Kids Traditional Dance Performance pada tanggal 3 Agustus, dan Kids Traditional Dance & Costume competition pada tanggal 17 Agustus.

     

    Lalita Project Exhibition


    Peluncuran buku Lalita: 51 Cerita Perempuan Indonesia pada tanggal 7 – 18 Agustus di Atrium, Level 4, Plaza Indonesia. “Jika ingin melihat karya-karya seni tradisional dan modern yang berkualitas, berinteraksi dengan para seniman dan pecinta seni lainnya, sekaligus mencoba berbagai macam kekayaan kuliner Indonesia, datang ke Indonesia Food & Art Festival Plaza Indonesia Agustus ini, semuanya ada disini” tutup Zamri Mamat.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below