6 Fakta Unik Perayaan Hari Anak Nasional di Indonesia


  • 6 Fakta Unik Perayaan Hari Anak Nasional di Indonesia
    Hari Anak Nasional. (Foto: Dok. Unsplash)


    Selamat Hari Anak Nasional Indonesia! 23 Juli menjadi waktu khusus untuk merayakan Hari Anak Nasional di Indonesia. Setelah 35 tahun menjadi momen penting, tak banyak yang tahu mengenai kisah yang melatar belakangi peringatan ini.

    Meskipun ini bukanlah satu-satunya momentum, Hari Anak Nasional memiliki nilai sejarah yang unik dan beragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para generasi penerus.



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 fakta unik mengenai peringatan Hari Anak Nasional:

    (Baca Juga: 7 Langkah Efektif untuk Jalin Kedekatan dengan Anak )


    1. Dicetuskan Oleh Presiden Ke-2 Soeharto


    Hari Anak Nasional pertama kali dicetuskan oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia yakni Soeharto pada tahun 1984. Sejak saat itu, hingga kini 23 Juli menjadi waktu khusus untuk memperingati Hari Anak Nasional.


    2. Memiliki Tujuan Untuk Refleksi Anak Indonesia


    Bukan hanya sekedar momen, Hari Anak Nasional diharapkan jadi waktu khusus bagi anak-anak Indonesia untuk merefleksi dan mengembangkan diri lewat beragam aktivitas yang telah diadakan.

    (Baca Juga: Mengulik Sejarah Peringatan Hari Anak Nasional)


    3. Lahirnya Program Perlindungan Anak


    Setelah diresmikan 23 Juli menjadi momen untuk memperingati Hari Anak Nasional pada tahun 1984, beragam program dan Undang-Undang perlindungan anak mulai bermunculan. Di antaranya adalah UNICEF, LPAI dan KPAI.


    4. Bukan Satu-Satunya Momen Perayaan Hari Anak


    Tak hanya tanggal 23 Juli, perayaan Hari Anak juga diperingati di berbagai negara dan dunia, yakni adalah 1 Juni sebagai peringatan Hari Anak Internasional dan 20 November sebagai peringatan Hari Anak Universal.

    (Baca Juga: Ide Oleh-Oleh Untuk Anak)


    5. ‘Forum Anak Nasional’


    Demi memeriahkan momentum ini, berbagai acara turut diselenggarakan. Salah satunya ialah Forum Anak Nasional. Dengan mengusung tema ‘Satu Dekade Forum Anak Nasional: Kita Beda, Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju’, puncak perayaan acara ini diselenggarakan di kota Makassar.


    6. Berbagai Diskon Pada Hari Anak Nasional


    Hari Anak Nasional 2019 kali ini semakin meriah dengan hadirnya berbagai potongan harga di tempat wisata, kafe, dan situs belanja online. Di antaranya adalah Little jungle yang memberikan promo buy 1 get 1 untuk tiket masuk. Kemudian minuman Iced Classic Chocolate dari Starbucks yang bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp50.000 untuk 2 cupnya, serta potongan harga dari Tokopedia untuk pembelian mainan anak-anak yang berlangsung sampai 31 Juli 2019.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below