Mengulik Khasiat Kulit Telur Ayam untuk Perawatan Kulit


  • Mengulik Khasiat Kulit Telur Ayam untuk Perawatan Kulit
    Kulit telur ayam untuk produk kecantikan. (Foto:Dok/Pexels)


    Baru-baru ini, tiga mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya mengenalkan inovasi buatannya berupa bedak tabur yang dibuat dari kulit atau cangkang telur ayam. Sekilas, bisa jadi kedengarannya membuat dahi berkerut. Namun, kulit telur ayam diketahui mengandung kalsium karbonat dan kolagen yang baik buat kulit.

    Mengutip situs resmi Perbanas, gagasan ini berawal dari Nur Maghfirotul Auliyah yang melihat banyaknya sampah cangkang telur berserakan dan menjadi limbah. Bersama dua temannya, M. Yusril Izza, dan Rica Kurnia Ramadani, ia memutuskan untuk mengolah cangkang telur itu jadi bedak tabur setelah terlebih dahulu menganalisa kandungan yang terdapat di dalamnya. Bedak tabur hasil olahannya itu ia beri nama 'Ray Beauty'.



    Meskipun belum beredar di pasaran, 'Ray Beauty' telah menarik perhatian, terutama kaum hawa untuk memilikinya. Apa dan bagaimana bisa kulit telur ayam menjadi produk perawatan kulit? Berikut beberapa alasan di baliknya. 

    (Baca Juga: Manfaat Telur Untuk Kecantikan)

    Kandungan Kulit atau Cangkang Telur


    (Khasiat di balik kulit telur.Foto:Dok/Pixabay)


    Di balik fungsinya untuk melindungi putih dan kuningnya, kulit telur juga mengandung kalsium karbonat, kolagen, mineral dan protein yang bisa mengatasi segala permasalahan kulit wajah. Kandungan ini juga ditemukan oleh Auliyah saat membawa cangkang telur ke dalam uji laboratorium dengan total 94,47 persen Kalsium karbonat dan 0,012 persen kolagen, yang cocok untuk diolah menjadi produk kecantikan. 

    Dalam proses pembuatannya, kulit atau cangkang telur itu direndam dalam air perasan jeruk nipis dengan tujuan menghilangkan bau amis. Sebelumnya cangkang telah dibersihkan dengan air dan direbus di dalam air yang mendidih. Cangkang itu kemudian dijemur langsung di bawah sinar matahari untuk kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender. Hasilnya kemudian dicampur dengan kunyit dan tepung beras yang telah dihaluskan untuk jadi pewarna bedak alami.

    (Baca Juga: 10 Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Mata Panda)

    (Beberapa tambahan bahan dasar untuk bedak ray beauty.Foto:Dok/Pexels)


    Buat Skincare

    Tak hanya bisa diolah dan digunakan untuk makeup dalam hal ini bedak, kulit telur ayam juga bisa buat perawatan atau mengatasi masalah kulit. 

    Di antaranya, seperti dikutip dari laporan Boldsky, kulit telur dapat digunakan untuk mengatasi masalah radang kulit. Caranya dengan menggunakan kulit telur ayam yang sudah dihaluskan dengan cuka apel. Diamkan campuran keduanya selama lima hari, lalu oleskan di bagian kulit yang mengalami radang. 

    Selain itu, bisa juga buat mengencangkan kulit yang kendur. Caranya dengan mencampurkan kulit telur ini dengan putih telur. Di samping mengencangkan, juga membuat kulit lebih cerah dan glowing. 

    Buat yang ingin menghilangkan noda hitam, kulit telur juga bisa jadi andalan. Caranya dengan mencampurkannya dengan madu yang baik sebagai skin exfoliator. Campuran keduanya mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit jadi cerah kembali. 

    Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below