Review Film: 'Yesterday'


  • Review Film: 'Yesterday'
    Film 'Yesterday' menjadi tribut untuk grup musik legendaris asal Inggris, The Beatles, yang melankolis dan menyentuh hati. (Foto: Dok/UniversalPictures)


    Film 'Yesterday' tak hanya menjadi tribut untuk grup musik The Beatles dengan lagu-lagu populernya, tapi juga merupakan sebuah cerita cinta. 

    Ditulis Richard Curtis (yang pernah bikin Love Actually), dan disutradarai Danny Boyle (Slumdog Millionare), film ini menggugah emosi sekaligus juga penuh drama yang membuat perasaan campur aduk, antara senang, sedih dan sekaligus kesal di saat bersamaan. 



    Himesh Patel dan Lily James memainkan peran utama sebagai pasangan dengan chemistry yang natural, dan menjadikan 'Yesterday' menjadi salah satu film komedi romantis yang sayang dilewatkan tahun ini. 

    (Baca juga: Review Film: Hotel Mumbai) 

    Film ini dibuka dengan penampilan Jack Malik (Patel), seorang musisi dan penulis lagu saat unjuk kebolehannya menyanyi. Tak jauh dari situ, Ellie (Lily James), teman dekat yang juga manajernya memerhatikan dari jauh. Dari satu pertunjukan ke pertunjukan berikutnya, Ellie selalu ada buat Jack. 


    (Film Yesterday. Foto: Dok/UniversalPictures) 


    Hingga satu kali insiden terjadi yang mengakibatkan Jack mengalami kecelakaan dan ketika terbangun ia mendapati dunia berbeda. Tak ada seorang pun yang mengenal The Beatles, kecuali dirinya. Antara panik dan tak percaya, ia menyusuri semua sumber. Dan ternyata memang tak ada yang tahu lagu-lagu The Beatles. 

    Jack lalu mencoba mengingat semua lagu yang dinyanyikan grup musik favoritnya itu. Menulis ulang dan menyanyikannya. Dari 'Yesterday' yang menyentuh hati hingga 'USSR' yang enerjik. Salah satu penampilannya di televisi berujung kejutan. Ed Sheeran (sebagai dirinya sendiri, penyanyi dan penulis lagu) mengundangnya untuk menjadi musisi pembuka di tur musiknya. 

    Agen Amerika ambisius, Debra pun kemudian jatuh hati padanya. Jack tinggal selangkah lagi untuk menjadi terkenal dan populer. Namun, semua itu membuatnya berjarak dengan Ellie. Kini Jack harus memutuskan apakah tetap mengejar impiannya jadi musisi terkenal, atau memilih untuk tinggal dan menyatakan cinta pada Ellie? 

    Cerita cinta 

    Dari awalnya sebuah tribute untuk The Beatles, Richard Curtis membuat kisah 'Yesterday' menjadi bukan hanya sekadar perayaan akan musik, tapi juga cinta. Seperti naskah-naskah film yang pernah ia tangani juga seperti Love Actually atau Four Weddings and a Funeral. 


    (Film Yesterday. Foto: Dok/UniversalPictures) 


    Kisah Jack dan Ellie mengalir dengan penokohan dan latar yang kuat. Dari saling mengagumi satu sama lain, hingga beranjak dewasa seiring berjalan waktu. Himesh Patel (dari serial EastEnders) tak hanya jago bermain musik, tapi juga meyakinkan sebagai Jack yang selalu galau dan kaku. Sementara, Lily James (yang sebelumnya main di Mamma Mia! Here We Go Again) kali ini juga tampil menggemaskan dan membuat hidup film ini. 

    Hadirnya Ed Sheeran memberi sentuhan tersendiri. Bagi yang mengikuti kisah hidup Ed, akan mendapati adanya kesamaan dari kisah film Yesterday sendiri, tentang perjalanan karier musik penyanyi dari daerah kecil di Inggris yang kemudian menuai sukses dan mendunia. 

    Kehadiran Debra sebagai agen ambisius juga menjadi kontras dengan Ellie yang sekaligus menjadi penanda bagaimana bisnis komersil di industri musik itu menjadi tantangan tersendiri bagi musisi.

    Dengan penokohan, alur cerita, dan musik (The Beatles + Ed Sheeran) yang tepat, film Yesterday menjadi satu paket yang menghibur sekaligus mengasikkan untuk ditonton. Dan tentu saja tak hanya bagi fans The Beatles, tapi siapa saja, terutama yang menyukai genre komedi romantis. Karena ada beberapa bagian cerita yang akan mengundang tawa dan senyum simpul di sepanjang film. Salah satunya di adegan kala Jack memainkan Let It Be, atau pemilihan judul lagu dari Hey, Jude ke Hey, Dude! 

    Film 'Yesterday' tayang di bioskop Indonesia mulai 28 Juni 2019. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below