7 Rangkaian Acara untuk Rayakan HUT DKI Jakarta


  • 7 Rangkaian Acara untuk Rayakan HUT DKI Jakarta
    Perayaan HUT Jakarta ke-492. (Foto:Dok/thebigdurian.wordpress)


    DKI Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-492 tahun ini. Sejumlah rangkaian perayaan pun tersebar di beberapa titik, dengan puncaknya di Jakarta Night Festival yang berlangsung di sepanjang jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia, pada hari Sabtu (22/6). 

    Selain itu, beberapa aktivitas lainnya pun juga berlangsung untuk memeriahkan perayaan. Di antaranya festival musik indie, pasar kreatif, mural terowongan hingga Jakarta Fair yang tahun ini lebih besar dan lebih ramai.



    Apa saja rangkaian perayaan yang bisa diikuti tahun ini? Simak tujuh di antaranya berikut ini:

    (Baca juga: HUT 492: 13 Fakta Unik Jakarta yang Patut Kamu Ketahui) 

    1. Wajah Baru di Jakarta Night Festival

    Untuk memperingati usia Jakarta ke-492, pemerintah mengadakan sebuah acara dengan tema "Wajah Baru Jakarta". Acara ini akan berlansung pada 22 Juni 2019, di sepanjang jalan M.H Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia, pada pukul 5 sore hingga selesai. Demi lancarnya rangkaian acara ini, jalan Sarinah hingga Dukuh Atas akan dialihkan dari mulai 21-22 Juni 2019: Jum'at, 21 Juni 2019 : pukul 14:00 s/d 20:00, dan Sabtu, 22 Juni 2019 : pukul 15:00 s/d 24:00. Malam puncaknya nanti akan turut diramaikan oleh beberapa artis seperti, Wali, Kotak, Siti Badriah dan Pasha. Rangkaian acara tradisional juga akan memeriahkan panggung hari ini.


    2. Mural Terowongan Kendal

    Aksi mural untuk ulang tahun Jakarta yang ke-492 ini akan dihadiri oleh berbagai mahasiswa dari jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) dan iMural. Kamu bisa menyaksikan mural yang dibuat langsung dari tanggal 17-21 Juni disepanjang Terowongan Kendal dari jam 9:00 - 18:00.


    3. 'Indie Festival' Dari Kepulauan Seribu

    Tak hanya di sekitaran kota Jakarta, tapi juga pulau di pulau Tidung yang berada di kepulauan seribu. Gelaran festival musik indie akan mengiringi hari ulang tahun Jakarta dari kepulauan seribu.


    4. Pasar Kreatif

    Selain festival musik, kamu bisa juga melihat barang-barang unik dari mulai pakaian hingga berbagai bentuk keramik yang kreatif di Lapangan Benteng, dari 22 - 23 Juni 2019 pukul 10.00-18.30.  Kamu juga bisa menyalurkan pakaian layak dan berbelanja di garage sale dari Sadari Sedari dan merupakan barang-barang yang pernah dikenakan oleh para selebriti. Hasil penjualannya akan didonasikan ke LKSA Nurul Ihsan dan Skola Lipu di Sulawesi Tengah.


    5. Parade di Jakarnaval

    Selain bisa menyaksikannya lewat panggung, kamu juga bisa melihat parade dari berbagai kesenian khas Jakarta, pada 30 Juni 2019 pukul 15.30-22.00 yang akan dihadiri oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Parade ini terbagi menjadi dua rute dari Kedutaan Besar Amerika Serikat hingga ke arah Monas dan rute kedua akan diramaikan dengan penampilan berbagai kendaraan hias yang di mulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, hingga kantor RRI.


    6. Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2019

    Photo Festival (JIPFest) 2019 menjadi salah satu rangkaian acara untuk memeriahkan ulang tahun ke-492 Jakarta. Acara ini akan diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki pada 25 Juni - 9 Juli 2019. Ini kali pertama JIPfest diadakan di Indonesia dan diramaikan oleh 50 peserta pecinta fotografi dari dalam maupun luar negeri. Ada juga berbagai workshop, Exhibition, Bazaar, Public Lectures dan masih hal menarik lainnya yang bisa kamu tinjau melalui website www.jipfest.com.


    7. Pekan Raya Jakarta 

    Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Meski dinamai "pekan", ajang yang digelar untuk memeringati HUT DKI Jakarta ini biasanya berlangsung selama satu bulan penuh. Tahun ini, PRJ digelar dari 22 Mei hingga 30 Juni 2019, dengan diikuti oleh hampir 2.700 perusahaan peserta dan meliputi 1.500 stan. Selain itu, juga terdapat dua panggung hiburan, dengan panggung utama menghadirkan musisi atau band ternama Indonesia. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below