13 Fakta Unik Jakarta yang Patut Kamu Ketahui


  • 13 Fakta Unik Jakarta yang Patut Kamu Ketahui
    Bertambahnya usia Jakarta yang ke-492 tahun, kian dihiasi berbagai fakta-fakta unik yang telah berjalan di kota ini. Apa sajakah faktanya? (Foto: Dok/Indonesia.go.id)


    Selamat ulang tahun kota Jakarta ke-492! Angka yang fantastis buat sebuah kota dengan sejarah yang panjang. Tak banyak yang tahu kalau nama Jakarta dulunya dikenal dengan banyak nama, seperti Batavia atau juga pernah Jayakarta. 

    Di kota ini meski pertumbuhan pusat perbelanjaannya masif, museum juga tak kalah banyaknya. Sudah pernah mengunjungi satu di antaranya? Di antara beberapa hal menarik tentang Jakarta, berikut di antaranya yang mungkin bisa menambah kecintaan kamu akan kota ini. 



    (Baca juga: Diskon Besar-besarn dalam Rangka HUT Jakarta)


    1. 13 Kali Berganti Nama

    Jakarta bukanlah nama awal dari pertama lahirnya kota ini. Berbagai julukan seperti Batavia, Sunda Kelapa, Sta Batavia, Jayakarta, pernah menjadi nama sebelum tercetuskannya Jakarta hingga sampai saat ini.


    2. Lambang Garuda

    Hendrik Hermanus Joel Ngatung atau Henk Ngantung merupakan Gubernur Jakarta ke-6 yang membuat lambang Jakarta.


    3. Venue Asian Games

    Jakarta pernah jadi tuan rumah untuk perhelatan salah satu ajang olahraga internasional pada 18 Agustus - 2 September 2018 dan 6-13 Oktober 2018 untuk Asian Para Games. Para atlet dari berbagai negara Asia pun datang mewakili untuk berlomba dalam acara ini.

    4. Museum Terbanyak


    (Museum. Foto: Dok/Indonesia.Travel)


    Jakarta terkenal dengan tempat wisata bersejarahnya, yakni museum. Lebih dari 70 museum bisa ditemui di Jakarta yang terletak di berbagai daerah seperti Timur, Barat, Selatan dan Pusat.


    5. Pasar Tradisional Terbesar

    Siapa yang tak kenal pasar Tanah Abang? Sudah berdiri sejak 1935, pasar grosir ini menjadi pasar terbesar di dunia yang berada di Jakarta.


    6. Pertama Kali Lambang Burung Garuda Terlihat

    Tahun 1950, lambang burung Garuda pertama kali diperlihatkan di salah satu hotel di Jakarta, yakni Des Indes.


    7. Maskot Tak Hanya Monas

    Monumen Nasional bukanlah satu-satunya maskot dari kota Jakarta. Ada juga burung Bandol dan salak Condet yang menjadi maskot dari ibu kota ini.


    8. Memiliki Pusat Perbelanjaan Terbanyak di Dunia.

    Selain museum, ternyata Jakarta juga mempunyai pusat perbelanjaan terbanyak di dunia. Data Colliers International mencatat sebanyak 80 pusat perbelanjaan ada di Jakarta pada 2018. 


    9. Memiliki Stadion Terbesar di Dunia

    Gelora Bung Karno yang terletak di Senayan dan berdiri sejak tahun 1984, menjadi salah satu stadion terbesar di dunia dengan urutan ke tujuh. Bahkan beberapa klub bola seperti Chelsea, Arsenal, Liverpool dan Juventus pun pernah bertanding di stadion ini.


    10. Delapan hutan

    Walaupun dipenuhi dengan mall dan berbagai pusat perbelanjaan, namun Jakarta menjadi salah satu kota yang memiliki 8 hutan yang tersebar di berbagai wilayah. Adalah hutan Mangrove di Pantai Indah Kapuk, hutan kota Universitas Indonesia, hutan kota Pesanggrahan Sangga Buana, hutan kota Srengseng dan lainnya bisa kamu kunjungi jika penat menghadapi kemacetan di ibu kota.


    11. Lokasi Syuting film Hollywood

    Film hollywood 'Black Hat' di tahun 2015 yang dibintangi oleh Chris Hemsworth pernah mengambil sisi kota Jakarta pada filmnya. Terdapat tiga tempat yang terlihat yaitu, Tanah Abang, Bandara dan juga Sunda Kelapa.


    12. Rangkaian Acara Seni

    Berbagai rangkaian acara seni dari mulai festival musik hingga pameran sering diselenggarakan di Jakarta, sebut saja di antaranya konser John Mayer, Ed Sheeran, Celine Dion, atau Festival Java Jazz, hingga We the Fest. 


    13. Memiliki Kembaran Dengan Kota Lain

    Selain Jakarta, ada juga kota di negara Asia yang berulang tahun pada tanggal 22 Juni. Tokyo, Hanoi, Jeddah, Shanghai, Islamabad, Pyongyang, Beijing, Seoul dan Bandar Seri Begawan juga bertambah usia di hari ini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below