Kebebasan Berekspresi di Koleksi Gucci Cruise 2020


  • Kebebasan Berekspresi di Koleksi Gucci Cruise 2020
    Show Gucci Cruise 2020 berlangsung di Roma Italia dalam suasana yang minim cahaya dan koleksi yang beragam. (Foto: Dok/Gucci)


    Direktur Kreatif Gucci, Alessandro Michele membuat kejutan menyenangkan lewat koleksi terbarunya untuk Gucci Cruise 2020. Dipamerkan di Museum Capitoline, Roma, peragaan ini mengusung pesan kuat akan kebebasan berekspresi sekaligus juga women empowerment. 

    Tak seperti peragaan pada umumnya, show Gucci Cruise 2020 hadir minim cahaya. Dalam kegelapan itu, busana tampil mencolok dengan sorot dari lampu senter yang ditembakkan dari bangku penonton. Satu persatu model membawakan busana yang dilihat sekilas akan berbeda satu dengan lainnya. Masing-masing stand out dengan keunikannya. 



    (Baca juga: Pesan Kesetaraan di Aksi 'Chime for Change' Gucci) 

    Dalam sebuah wawancaranya di media, Michele mengungkapkan peragaan kali ini memiliki makna penting karena mengambil inspirasi dari perjalanan hidupnya. Lokasi peragaan sendiri merupakan tempat di mana ia dulu kerap ke sana dan bertumbuh dari kecil. Di sini jugalah inspirasi busana untuk Cruise 2020 muncul. 



    (Gucci Cruise 2020. Foto: Dok/Gucci) 


    Dalam sebuah catatan yang ia tempatkan di tiap bangku penonton show, ia juga menyampaikan kutipan dari sejarawan Prancis Paul Veyne yang mengutip bahwa pagan kuno membuatnya bergairah, karena itulah dunia sebelumnya yang telah hilang dan dihilangkan. 

    Bisa jadi beranjak dari sini juga, Alessandro Michele kemudian menghadirkan kembali imajinasi yang dulunya ada dan kini hilang. Tampilan ala Yunani kuno dengan jubah merah panjang berhiaskan emas, dan atau gaun kuning dan pink berleher V yang sensual. Di luar itu, jua terdapat celana curdoray, dan busana dengan bagian bahu menonjol. Tak hanya menggali masa lampau, ia juga menghadirkan sisi modern dengan menghadirkan Mickey Mouse di salah satu motifnya. 

    Secara keseluruhan, selain memberi kebebasan berbusana dan ekspresi, ada muatan pesan kuat bahwa siapapun bisa jadi siapa saja. 


    (Gucci Cruise 2020. Foto: Dok/Gucci) 


    Pesan women liberation itu juga ia sematkan di salah satu item busana yang memberi penanda tanggal '22.5.78' akan momen penetapan perlindungan terhadap perempuan yang dikenal dengan statue 194. Sebagai penegas akan gagasannya itu, ia juga menempatkan tulisan dengan huruf besar 'My Body, My Choice' dii salah satu blazer. 

    Makin bold dengan pesannya, Michele menempatkan hiasan embroidery bermotif uterus di gaun krem panjang yang seolah mengingatkan pada publik bahwa perempuan harusnya juga dihormati sama seperti pria, punya kebebasan bersuara dan menyampaikan pendapat. 

    Peragaan busana Gucci Cruise 2020 turut dihadiri sejumlah selebriti ternama, di antaranya Elton John, Zoe Saldana, Salma hayek, A$AP Rocky, Kai EXO, Harry Styles dan lainnya.