Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Jakarta


  • Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Jakarta
    Dari mulai menu nusantara hingga fusion dan modifikasi yang menggugah selera, berikut 10 rekomendasi tempat berbuka di Jakarta. (Foto: Dok/Shangri-LaJakarta)


    Salah satu yang menarik dari bulan puasa adalah aneka hidangan kala berbukanya yang selalu beragam dan mengundang selera. Dari mulai hidangan khas nusantara hingga Timur Tengah. 

    Sejumlah hotel dan restoran juga berlomba menghadirkan aneka sajian yang patut disambangi. Bisa jadi hidangan ini hanya ada sekali setahun dan hanya di bulan Ramadan. 



    Seperti apa hidangan yang disajikan? Berikut beberapa rekomendasi tempat berbuka puasa yang bisa jadi pilihan. 

    (Baca juga: Pola Makan Ideal Selama Ramadan) 

    Shangri-La Hotel Jakarta 


    (Lontong rendang. Foto: Dok/Shangri-LaJakarta) 


    Menyambut bulan Ramadan 1440 H yang akan datang mulai 6 Mei-5 Juni 2019, Shangri-La Hotel, Jakarta mengusung program 'The Sacred Ramadan'. Menu-menu spesial dengan dominasi rasa 'manis' menjadi andalannya, di antaranya, sajian berbuka puasa dengan berbagai takjil favorit seperti Kolak Pisang, Biji Salak, Puding Kelapa, Es Loder, Kue Putu, Dadar Gulung dan lainnya. 

    Dengan presentasi yang menarik lengkap dengan batok kepala yang sudah dibersihkan, Puding Kelapa yang dihidangkan di Ramadan kali ini patut dicoba. Dengan rasa manisnya yang pas, hidangan satu ini diyakini bakal menjadi pembuka dan favorit bagi para pencinta makanan. Begitu juga dengan Es Lodernya. Di luar itu, ada juga Lontong Rendang, Nasi Goreng Hijau yang disajikan dengan Sup Buntut, Daging Sapi Muda Panggang, Mezze, Kambing Guling, Domba Ozi, Ayam atau Daging Sapi Shawarma. 


    The Tribrata 


    (The Tribrata. Foto: Dok/TheTribrata) 


    Untuk Ramadan kali ini, The Tribrata, fasilitas multifungsi yang berlokasi di Kawasan Dharmawangsa Jakarta Selatan menghadirkan QUBA Pop-up Restaurant. Tempat bersantap unik ini menggabungkan antara nuansa Maroko-Arabia yang menawan, dengan berbagai kuliner tradisional khas Indonesia. Sajian Ramadan yang dihadirkan di antaranya menu khas bulan puasa yang kaya cita rasa seperti Empal Gentong, Sop Buntut Station, Nasi Keraton, Sate Maranggi, Mie Aceh, Es Cendol Durian, Colenak Crepe, dan Aneka Bubur Traditional.



    The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta 


    (Sate ayam. Foto: Dok/RitzCarltonJakarta) 


    Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan mengusung program khusus berkolaborasi dengan Alun Alun Indonesia bertajuk 'Ramadan Street Bazaar'. Sesuai namanya, hotel yang berada di bilangan Mega Kuningan Jakarta itu menghadirkan pengalaman berbuka dengan konsep pasar malam dan sejumlah jajanan pasar khas bulan puasa, seperti aneka gorengan, siomay, bakso, martabak dan pempek. Berbagai pilihan buffet spread tersedia di kedua restoran hotel, yakni Asia Restaurant dan Lobo Restaurant yang terletak di lobi hotel. 


    Mandarin Oriental, Jakarta 


    (Bakso. Foto: Dok/MandarinOriental) 


    Tahun ini, restoran all-day-dining Cinnamon di Mandarin Oriental Jakarta menghadirkan beragam hidangan khas Indonesia dari timur ke barat, termasuk berbagai macam ta’jil dan makanan penutup khas Indonesia. Beberapa hidangan khas yang akan dihadirkan termasuk Rujak Juhi, masakan pembuka khas Betawi dengan sayur-sayuran dan cumi kering yang menyegarkan, Bakso Malang dari Jawa Timur, Iga Konro hidangan popular dari Makassar, dan Itik Lado Ijo kari bebek dengan cabai hijau khas Bukittinggi, Sumatera Barat. Selain dari hidangan-hidangan khas Indonesia, sajian prasmanan tersebut juga menawarkan seafood bar, live carving stations, serta area barbeque dimana para tamu dapat menikmati pilihan daging yang dipanggang sesuai selera masing-masing. 


    The Raffles Jakarta


    (Turkish Ramadan. Foto: Dok/RafflesJakarta) 


    Melanjutkan sukses tahun sebelumnya, Raffles Jakarta kembali mengusung di tahun ketiganya Turkish Ramadhan di Arts Cafe by Raffles hingga 4 Juni mendatang. Sesuai namanya, tahun ini Reaffles Jakarta kembali menghidangkan aneka makanan khas Turki yang disajikan oleh dua Chef dari Raffles Istanbul, Chef Umut Tabak dan Chef Bilal Keser. Menu-menu seperti Lamb Kebabs, atau salad Turki dan Baklava menjadi andalannya. 


    Pullman Jakarta Central Park 


    (Menu Ramadan. Foto; Dok/PullmanJakartaCentralPark)


    Merayakan Ramadan tahun ini, hotel Pullman Jakarta Central Park menghidangkan makanan khas Timur Tengah di di Collage All Day Dining, dan aneka hidangan khas Indonesia di pop up restoran Hilal. Untuk menu khas Timur Tengah bakal disajikan chef ternama dari Movenpick Anwar Al Madina, Chef Kamel Hassan, dengan aneka Ta'jil, Moroccan Tea dan kopi Turki. Sementara untuk menu Indonesia, beragam dari gado-gado hingga rujak dan sup. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below