5 Makanan yang Baiknya Dihindari Saat Sahur


  • 5 Makanan yang Baiknya Dihindari Saat Sahur
    Saat sahur, lambung tidak dapat menerima segala jenis makanan. Untuk itu, penting bagi kita untuk menghindari makanan dengan kandungan ini. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Ketika bulan Ramadan tiba, banyak kegiatan sehari-hari yang berubah, seperti jam tidur dan juga pola makan. Lambung yang biasanya, menerima makanan hingga tiga kali dalam sehari, kini hanya akan menerima makanan di pukul tiga hingga empat pagi. Kemudian, akan kembali terisi hingga pukul enam sore.

    Sahur menjadi waktu bagi para umat muslim untuk makan dan minum sebelum menjalani puasa. Namun, bukan berarti lambung dapat menerima makanan dan minuman dari berbagai macam rasa dan kandungan, yang tidak bisa kamu nikmati di siang hari.



    Hal ini tentunya dapat berbahaya bagi kesehatan lambung dan sistem pencernaan pada tubuh. Selain tidak boleh mengonsumsi makanan dengan porsi banyak, ada baiknya kamu menghindari jenis makanan ini saat sahur :

    (Baca Juga: Pola Makan Ideal Selama Bulan Ramadan) 


    1. Kafein

    (Kandungan kafein pada kopi harus dihindari saat sahur. Foto: Dok/Unsplash)


    Jika biasanya kopi dan minuman kafein lainnya menjadi teman di pagi hari, tapi tidak untuk di bulan ramadan. Sebabnya, kafein dapat meningkatkan asam lambung yang dapat memicu datangnya penyakit maag. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi saat sahur juga dapat menghambat kegiatan dan aktivitas saat berpuasa. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi membuat tubuh menjadi lemas dan tak berenergi. 


    2. Makanan yang berminyak atau gorengan

    (Makanan berminyak dan gorengan tidak baik dikonsumsi saat sahur. Foto: Dok/Pixabay)


    Gorengan menjadi salah satu asupan yang harus dihindari saat sahur. Walaupun tergolong cepat dan praktis, gorengan mengandung banyak lemak jenuh yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Bahkan, dengan mengonsumsinya saat sahur, juga membuatmu cepat haus.


    3. Makanan pedas

    (Makan makanan pedas saat sahur, dapat berbahaya bagi lambung. Foto: Dok/Pixabay)


    Makanan pedas dapat membuat lambung terasa panas, dan parahnya dapat terluka. Jika lambung merasa panas, tubuhmu akan mengalami sakit panas dalam. Dan untuk menyembuhkannya, kamu perlu mengonsumsi air putih yang banyak. Oleh sebab itu, makanan pedas ada baiknya dihindari saat sahur.


    4. Asupan dengan Rasa Manis

    (Rasa manis dapat membuat perut mudah terasa lapar. Foto: Dok/Pixabay)

    Rasa manis memang memiliki manfaat untuk meningkatkan moodmu saat berpuasa, tapi tidak baik jika dikonsumsi saat sahur. Makanan manis dapat membuat perut menjadi mudah lapar, bahkan tiga hingga empat jam setelah makanan tersebut masuk ke dalam perut.


    5. Makanan dengan Zat Garam Tinggi

    (Terlalu banyak mengonsumsi garam saat sahur, membuat tubuh menjadi cepat haus. Foto: Dok/Pixabay)


    Makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi atau asin, dapat membuat kadar sodium pada tubuh menjadi tidak seimbang sehingga tenggorokan akan cepat terasa haus. Saat sahur, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, sehingga sistem pencernaan pada tubuh tetap terjaga, meskipun tidak terdapat asupan dalam jangka waktu yang lama.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below