14 Hal yang Bikin Bangga Saat Memakai BlackBerry




  • Siapa yang dulu tak pernah punya BlackBerry, ponsel sejuta umat yang pernah merajai pasar telepon genggam di Indonesia? Sampai-sampai, kamu rela pinjam uang orangtua hanya untuk membeli BlackBerry.

    Namun, kenangan manis yang kamu dapatkan saat menggunakan handset BlackBerry berikut layanan pesannya, BlackBerry Messenger, kini harus kamu lupakan. Karena BlackBerry Messenger mengumumkan akan menghentikan layanannya terhitung 31 Mei 2019. Sedih, tapi apa boleh buat karena BB sekaligus BBM tak lagi sanggup berkompetisi di pasar smartphone.



    Untuk mengenang ponsel dan layanan ini, yuk kita ingat hal-hal yang bikin kamu bangga memakai BBM.

    1. Bagi PIN BBM

    "Bagi PIN, dong!" Itulah hal pertama yang diminta oleh teman setelah lama nggak ketemu. Itu pertanyaan default, tanpa bertanya lebih dulu apakah lawan bicara memakai BlackBerry. Kalau sudah begini, orang yang tidak memakai BlackBerry pasti langsung merasa jadi outsider.


    2. PING!!!

    Kalau dalam komunikasi lisan, Ping itu seperti "pst...". Yaitu istilah untuk menarik perhatian orang yang akan diajak chat. Terkadang teman atau pacar yang di-Ping tidak juga membalas Ping, sehingga kamu pun nge-Ping berulang-ulang sampai teman kamu membaca pesan. Di era Whatsapp ulah seperti ini pasti dianggap mengganggu, tapi di era BBM terasa menyenangkan sekali.


    (Ping!!!, cara tercepat untuk menarik perhatian teman. Foto: Dok/Instagram/Ping)


    3. Update status

    Inilah pertama kalinya pengguna ponsel bisa menyuarakan isi hati lewat aplikasi chatting. Yang disampaikan random banget, dari isi hati betulan, quotes-quotes dari Mario Teguh, juga jokes receh. Paling penting, status dijadikan sarana untuk memberi kode buat teman atau gebetan.


    4. Gonta-ganti DP

    Nah, ini kebanggaan lain saat memakai BBM. Display picture bisa menjadi kesempatan untuk memamerkan foto diri. Setiap kali ada foto yang bagus, DP langsung diganti. Seringkali tujuannya untuk menarik perhatian gebetan. Kalau tidak berhasil, pindah ke update status.


    5. Bajak-membajak status

    Hati-hati, jangan sampai handset jatuh ke tangan teman. Bisa dipastikan status kamu diubah sesuka hati sehingga bikin malu karena membocorkan rahasia. Kalau sudah begitu, penyelamatnya adalah mengubah status jadi "Sorry dibajak temen".


    6. Kualitas jaringan

    Zaman pakai BBM, kualitas jaringan internet bisa dicek hanya dengan melihat informasi pada layar. Jaringan sudah terkoneksi dengan baik, keterangannya "Terhubung". Jika masih berusaha terkoneksi, "Menyambungkan". Paling apes jika informasi jaringannya “Tidak ada konektivitas”.


    7. Jumlah Contact

    Daftar Contact sejatinya menunjukkan jumlah teman. Semakin banyak jumlah Contact, semakin bangga. Demi status, akhirnya siapa saja masuk Contact, dari teman, keluarga, sampai pedagang aksesori ponsel, tukang servis BB, dan kontak lain yang "siapa tahu" akan dibutuhkan. 


    8. Test Contact

    Biasa disebut TC, ini cara yang biasa dilakukan ketika baru memasukkan PIN seseorang ke dalam Contact. Sering dapat kiriman TC dari seseorang yang kamu pikir ada perlu, ternyata cuma modus buat kenalan.


    9. BBM Groups

    Inilah pertama kalinya pengguna ponsel bisa membentuk grup chat. BBM group ini dikelompokkan sesuai lingkaran pertemanan, entah teman kantor, teman main, teman komunitas, teman kuliah, atau keluarga. Bangga banget kalau grupnya banyak, seolah menandakan lingkup pergaulan yang sangat luas.


    10. Emoticon

    Dulu kamu hanya bisa memakain emoticon saat chatting dengan Yahoo!Messenger. Setelah chatting di ponsel bisa pakai emot seperti di BBM, rasanya semua kalimat harus dilengkapi emot. Kadang, cukup dengan menerima emot “Hug” kamu sudah happy banget. 


    (Jadi ekspresif tanpa berkata-kata berkat emoticon. Foto: Dok/Instagram)


    11. Broadcast message

    Broadcast message atau BC biasa dikirim untuk menghemat waktu, satu pesan dikirim untuk semua orang di daftar Contact. Lama-kelamaan, BC sering “disalahgunakan”. Dari mempromosikan barang dagangan, menambah jumlah Contact, sampai mencari teman baru.


    12. Sent from my BlackBerry

    Ini fitur BBM yang paling berkelas pada zamannya. Siapa yang tidak bangga ketika mengunggah status ke Facebook atau mengirim push-email, lalu di bagian bawah pesan ada keterangan “Sent from my BlackBerry”? Rasanya harga diri juga langsung naik.


    13. Now playing

    Jika status BBM disambungkan dengan music player atau video player, lagu atau video yang sedang didengarkan langsung ikut ter-update di status. Misalnya, “Tania is listening to ‘Empire State of Mind’….” Namun bagi kaum pria, hal ini bisa memalukan jika mereka baru menonton video esek-esek lalu lupa menonaktifkan sambungan ke status BBM.


    14. Autotext

    Fitur autotext bisa membantu, tapi juga bisa mengganggu jika kata yang muncul jauh dari yang dibutuhkan. Namun pada era BBM di mana segala fitur baru diperkenalkan, yang ada hanya rasa bangga dan berkelas ketika menggunakannya.

    Hayo, siapa yang merasa pakai BlackBerry Messenger itu bikin bangga?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below