Hari Kartini: 10 Film dengan Pesan 'Women Empowerment'


  • Hari Kartini: 10 Film dengan Pesan 'Women Empowerment'
    Film sebagai medium visual juga menjadi gambaran akan hadirnya banyak tokoh perempuan yang kuat dan berpengaruh. (Foto: Dok/Kartini/LegacyPictures)


    Di antara dominasi karakter pria yang selalu tampak heroik, sejumlah film menempatkan tokoh perempuan sebagai lead dan karakter utamanya. Bahkan, ada yang dari kisah nyata. 

    Sebut saja, di antaranya kisah perempuan yang berjasa dalam misi luar angkasa atau NASA di film Hidden Figures, atau aksi berani Queen of Katwe dalam perjuangannya. Di Indonesia sendiri, film Kartini yang dibintangi Dian Sastrowardoyo juga memuat pesan akan perjuangannya untuk kesetaraan.  



    Mengisi perayaan hari Kartini yang jatuh pada 21 April ini, tak ada salahnya mengisi waktu dengan menonton beberapa film rekomendasi berikut yang bisa menjadi inspirasi. 

    (Baca juga: Kutipan-kutipan Paling Inspiratif dari RA Kartini) 

    1. Kartini

    Diperankan Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini, film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini mengangkat kisah hidup Kartini. Bagaimana ia melabrak tradisi, memperjuangkan hak dan menaruh perhatian besar pada pendidikan buat anak perempuan. Turut dibintangi Adinia Wirasti, Acha Septriasa, Christine Hakim, Ayushita, dan Djenar Maesa Ayu.  



    2. On the Basis of Sex 

    Cerita tentang Ruth Ginsburg, yang menjajal masuk sekolah hukum Harvard ketika didominasi para pria. Ia juga mengimbangi perannya sebagai seorang istri dan ibu yang membesarkan dua anaknya, di sela melanjutkan studi dan juga memperjuangkan kesetaraan gender. Dibintangi Felicity Jones sebagai Ruth dan Armie Hammer sebagai Marty Ginsburg. 



    3. Hidden Figures

    Diangkat dari kisah nyata tentang diskriminasi dan perjuangan yang dialami tiga perempuan Afrika-Amerika yang bekerja di NASA, yakni Katherine G Johnson, Dorothy Vaughan dan Mary Jackson. Diperankan Taraji P Henson, Octavia Spencer dan Janelle Monae film ini menyuguhkan film yang menampilkan karakter perempuan yang pemberani, dan tak mudah menyerah.  



    4. Queen of Katwe

    Cerita tentang Phiona, anak perempuan miskin di Uganda yang berjuang menggapai mimpi di antara keterbatasan yang ada di sekitarnya. Ia mengenal catur dan dengan kepercayaan diri dan keyakinannya menjadi juara di kompetisi tingkat internasional. Diproduksi Disney, film ini turut dibintangi Lupita Nyong'O dan David Oyelowo, serta disutrdarai Mira Nair. 



    5. Mona Lisa Smile

    Berlatar era 1950-an, film ini mengangkat kisah seorang guru berpikiran bebas dan terbuka yang memertanyakan aturan-aturan lama dan mengekang. Dibintangi Julia Roberts, Kirsten Dunst, Julia Stiles dan Maggie Gyllenhaal, film ini merayakan akan suara perempuan. 




    6. Legally Blonde

    Kisah Elle Woods yang dibalut komedi ini menarik berkat perjuangan Elle yang masuk sekolah hukum Harvard dan membuktikan kalau dirinya juga bisa seperti yang lainnya. Tak hanya untuk dirinya sendiri, tapi kemudian juga bermanfaat untuk membantu orang lain. Dibintangi Reese Witherspoon, film ini menjadi ikon dan dilanjutkan dengan sekuelnya. 



    7. Made in Dagenham

    Diangkat dari kisah nyata dengan latar Dagenhma, Inggris 1960-an, sejumlah perempuan memperjuangkan hak mereka untuk kesetaraan dan mendapat pendapatan yangs ama dnegan pria. Dibintangi Sally Hawkins sebagai Rita O-Grady, film ini memberi sunikan semnagata pada perempuan untuk berani dan tak mudah menyerah. 


    8. The Help

    Diangkat dari novel laris, The Help mengangkat persoalan diskriminasi terhadap perempuan kulit hitam dan bagaimana kisah mereka kemudian mengubah sudut pandang. Dibintangi Emma Stone, Viola Davis, Octavia Spencer, dan Bryce Dallas Howard film ini memberi suara pada yang selama ini bungkam. 




    9. Suffragette

    Diangkat dari kisah nyata, film ini menyuguhkan kisah inspiratif akan awal pergerakan feminis yang mempertaruhkan segalanya untuk kesetaraan. Dibintangi Carey Mulligan dan Meryl Streep yang menggugah emosi dan menarik untuk diikuti. 



    10. Iron Jawed Angels 

    Perjuangan hak pilih bagi perempuan di masa lampau menarik untuk disimak, dan film ini adalah salah satu di antaranya. Dibintangi Hillary Swank sebagai aktivis Alice Paul yang menginspirasi dan rela bertaruh apa saja untuk memperjuangkannya termasuk harus dipenjara.  




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below