Mengenal Dev Patel, Aktor yang Makin Bersinar di 2019


  • Mengenal Dev Patel, Aktor yang Makin Bersinar di 2019
    Setelah membintangi film 'Lion' dan kini 'Hotel Mumbai', nama Dev Patel makin menanjak di dunia Showbiz. (Foto: Dok. https://photos.mandarinoriental.com)


    Siapa tak kenal Dev Patel. Sejak kemunculannya di film Slumdog Millionaire pada tahun 2008, nama dan kemampuan aktingnya semakin luar biasa. Kini ia membuktikan lagi kebolehannya di film terbaru 'Hotel Mumbai' yang sedang tayang di seluruh dunia.

    Siapakah dia sebenarnya?



    (Baca juga: Review Film: 'Hotel Mumbai') 


    Awal Kisah

    Lahir di Harrow, Inggris, pada 23 April 1990, orangtua Dev Patel merupakan keturunan India Gujarat beragama Hindu. Masa kecilnya pun dihabiskan di Harrow di mana ia terdaftar di Whitmore High School dan ikut kelas drama di sana. Drama pertamanya berjudul Twelfth Night. Di situ, ia berperan sebagai Sir Andrew Aguecheek dan langsung mendapat penghargaan sebagai Best Actor dari penampilannya tersebut. Ia pun lulus dengan nilai A dan mulai terlibat dalam TV Series 'Skins' pada tahun 2007.



    (Dev Patel kini. Foto: Dok/PMCVariety)


    Tak hanya pintar berakting, ia pun jago bela diri! Saat remaja, Dev Patel tercatat jadi bagian dari Rayners Lane Academy of Taekwondo dan pernah ikut World Championships di Dublin. Ia pun memenangkan medali perunggu saat masih dalam tingkatan sabuk merah. Nah, di tahun 2006, ia akhirnya sampai pada tingkatan sabuk hitam karena keseriusannya berlatih. Supercool! Pintar berain peran dan pintar martial art, siapa yang tak makin tergila-gila padanya?


    Karier 

    Saat ibunya melihat pengumuman open casting untuk drama remaja Skins, Dev Patel yang saat itu masih berusia 16 tahun pun langsung didaftarkan meski keesokan harinya ia harus mengikuti ujian sekolah. Bukan keputusan yang salah karena sejak casting petama, Dev Patel terus dipanggil sampai akhirnya mendapat peran sebagai Anwar Kharral, seorang remaja Inggris keturunan Pakistan beragama Islam yang naif dan sering jadi bulan-bulanan temannya.



    (Dalam film seri Skins bersama Mike Bailey, Nicholas Hoult, dan Mitch Hewer. Foto: Dok/KeyAsset


    Karena belum pernah terlibat secara profesional dalam produksi film, Dev Patel pun menyatakan bahwa ia tak tahu apa yang harus dilakukan di hari pertama pengambilan gambar. Siapa sangka perannya sebagai Anwar malah mengantarkannya ke jenjang karier yang lebih serius. Ia pun memenangkan Phillips Audience Award di tahun 2009 dari BAFTA Television Awards atas perannya di Skins Season 2.



    (Perannya sebagai Anwar dalam Skins season 1 dan 2. Foto: Dok/Vice) 


    Karena namanya makin terdengar, ia pun kemudian dapat peran untuk film Hollywood pertamanya, Slumdog Millionaire di tahun 2008. Film garapan Danny Boyle yang berkisah tentang anak miskin dari perkampungan kumuh yang berhasil memenangkan kuis 'Who Want's to Be a Millionaire' ini akhirnya makin membuat nama Dev Patel bersinar setalah kemunculannya sebagai Jamal Malik. Ia pun mendapat makin banyak penghargaan karena Slumdog Millionaires sendiri berhasil memboyong empat Golden Globes sebagai Best Drama Film dan delapan Academy Awards di mana termasuk di dalamnya sebagai Best Picture. 



    (Dalam film Slumdog Millionaire. Foto: Dok/intofilm) 


    Setelah itu di tahun 2016, film Lion yang juga dibintanginya pun mendapat 18 penghargaan termasuk Best Supporting Actor dari BAFTA 2017 yang dimenangkan olehnya.



    (Dev Patel dalam Lion. Foto: Dok/Twimg


    Kini, ia diajak untuk bermain di Hotel Mumbai yang berkisah tentang sebuah kejadian nyata di India di mana hotel tempatnya bekerja diserang oleh sekolompok teroris yang memporakporandakan kota Mumbai pada malam kejadian. Dev Patel pun kembali menuai pujian atas aktingnya.



    (Sebagai Arjun di Hotel Mumbai. Foto: Dok/MidDay) 

    Fakta Menarik

    Dari semua yang sudah kamu ketahui, berikut adalah fakta seru tentang Dev Patel yang layak kamu ketahui:

    1. Sebelum proses syuting dimulai, Dev Patel menangis saat membaca skrip film Lion.

    2. Ia pernah tampil bugil dalam drama seri Skins.

    3. Pada tahun 2017, Ellen DeGeneres pernah menyebutknya sebagai pria paling seksi yang ada di muka bumi.

    4. Ia tak peduli akan perkembangan gadget. Baginya, hidup lebih baik dengan sistem perlengkapan analog. Inilah yang membuatnya tak memiliki media sosial jenis apa pun karena telepon genggamnya pun bukan jenis smartphone.

    5. Tingginya 187 cm. WOW!

    6. Ia juga adalah seorang screenwriter.

    7. Setelah bermain dalam Slumdog Millionaire, Ia mengencani lawan mainnya Freida Pinto selama enam tahun. Kini, mereka sudah putus,

    8. Diketahui wanita yang dekat dengannya baru-baru ini bernama Tilda Cobham-Hervey.

    9. Ia pun kini menjadi wajah dari label fashion Ermenegildo Zegna bersama Javier Bardem. 


    (Dev Patel. Foto: Dok/Thefashionisto) 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below